Jalan jalan ke Amasya

jumat, 09 November 2018 14:23


(ist)

108jakarta.com - Jalan-jalan ke Turki seolah tak pernah habis mengenai bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh di negara itu.


Salah satu kota yang juga terkenal dengan sejarahnya ialah Amasya. Yakni sebuah provinsi di Turki yang terletak di sekitar Laut Hitam. Kota kecil ini memang belum terkenal seperti Istanbul atau Ankara. Tapi, Amasya juga punya destinasi wisata.


Amasya tersohor karena menjadi tanah kelahiran sang ahli geografi dan sejarah, Strabo. Lalu, bagaimana jika wisata ke provinsi ini?


Amasya merupakan wilayah yang pernah dipimpin putra pertama Suleiman I, Sehzade Mustafa. Di provinsi ini, sedikitnya ada 13 lokasi wisata yang bisa disambangi.


Amasya dikenal sebagai tanah kelahiran para raja dan ilmuwan. Salah satu yang terkenal ialab Strabo, ahli geografi asal Yunani. Bukti provinsi ini sebagai tanah kelahiran para raja dan ilmuwan terlihat di makam mereka yang terdapat di kawasan The Tombs of the Kings Pontus.


Makam para raja itu terletak di atas bukit, jenazahnya dimasukkan ke dalam batu yang pada akhirnya diukir di bagian depan. Dulunya, Amasya merupakan kota yang dihuni bangsa Helenestik dan menjadi ibukota Kerajaan Pontus.


Untuk bisa mencapai ke lokasi makam yang juga tempat wisata ini, pengunjung lebih dahulu menaiki bukit bebatuan.


Jika pengunjung terus menyusuri bagian atas, maka akan bertemu dengan sebuah benteng yang dibentuk Amasya Kalesi. Benteng ini tak lepas dari latar belakang Amasya yang juga sebagai wilayah militer, khususnya pada era kepemimpinan kekhalifahan Utsmaniyah.


Puas mengunjungi makam bersejarah, berwisata ke Amasya, wisatawan bisa mendatangi Hazeranlar Mansion. Yakni sebuah rumah yang dibangun sejak tahun 1865 oleh Gubernur Amasya ketika itu Ziya Pasha.


Rumah ini memiliki arsitektur khas gaya bangsa Ottoman, yang dilengkapi dengan empat beranda dan ruang bawah tanah.


Memiliki nilai sejarah yang tinggi, Hanzelar Mansion pun dijadikan salah satu museum oleh pemerintah setempat.


(ayb/int)


Berita Terkait
Gemuruhnya  Hubbart Glacier
Kemegahan Dundurn Castle
Wroclaw, Kota Kurcaci di Polandia
Inilah Tianmenshan, 'Pintu Surga' Raksasa Yang Sangat Indah
Keren, Spanyol Juga Punya 'Taman Mini'

Please login for commentKomentar
Salafudin
Wih... kaya lukisan, ini beneran ada diturki
sumaryani
waow pemandangannya memukau walau pun berada di tempat yang terpencil
novel
Walaupun amasya hanya kota kecil namun soal tempat wisata kaga kalah ama kota2 besar lainnya
justdoit
Pesona alamnya indah banget
SAVAGE
Turki memang keren banget dan eksotis ...