Shirakawa-go, Desa Tradisional Jepang Ala Samurai X

Sabtu, 06 Oktober 2018 9:32


(ist)

108jakarta.com - Terletak di lembah sungai Shogawa dan dibawah pegunungan Gifu yang terpencil, tinggallah sebuah desa tradisional yang sudah berusia lebih dari ratusan tahun, Desa Shirakawa-Go.


Desa yang dikenal dengan keunikan bentuk rumah tradisionalnya yang disebut Gassho-Zukuri, menjadi salah satu World Heritage Site UNESCO. Jepang memiliki banyak UNESCO Heritage site, tetapi Desa Shirakawa-Go merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Jepang.


Gassho-Zukuri, rumah tradisional yang khas di Shirakawa-Go, memiliki gaya arsitektur yang unik. Memiliki karakteristik atap jerami yang panjang curam kebawah, bagi masyarakat disana, bentuk atap itu menunjukkan bentuk tangan yang sedang berdoa dalam agama Buddha.


Namun sesungguhnya bentuk atap yang unik itu juga sangat berguna ketika turun salju tebal di musim dingin. Ketika terlihat atap yang rusak di salah satu rumah, maka masyarakat disana akan bergotong-royong untuk membangun kembali atap Gassho-Zukuri.


Pada musim digin, seluruh desa Shirakawa-Go akan dihiasi oleh cahaya dari lampu-lampu yang indah yang menambah keindahan dari desa ini bagi para wisatawan yang berkunjung.


Dan pada musim panas, sekalipun desa ini berada di lembang sungai dan di kaki gunung, udaranya sangat sejuk dibandingkan kota-kota besar Jepang lainnya. Menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Shirakawa-Go.


Hanya sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan desa Shirakawa-Go yang istimewa ini, menjadi sebuah kesempatan yang berharga bagi anda untuk mengunjungi Shirakawa-Go, alam pegunungan Jepang yang mempesona dengan kearifan budaya lokal yang sudah terjaga selama ratusan tahun.


(ayb/int)


Berita Terkait
Vuvuzela Khas Afrika
Di Melbourne Ada Museum Islam
Fez Maroko dengan Kerajinan Kulitnya
Melihat Peradaban Islam di Sanski Most
Sarajevo yang Penuh dengan Kisah Bersejarah

Please login for commentKomentar
Khoerul
Seperti lukisan yg nyata
novel
Desa yg bener2 ekslusif karna tercipta secara alami jadi udah pasti bikin penasaran orang2 untuk berkunjung ke desa itu
sumaryani
pasti banyak orang samurai yang tinggal di sana dan membangun desa itu jadi tempat wisata yang unik