Pesona Batu Karang di Antara Dinginnya Air Antartika

jumat, 12 Oktober 2018 14:05


(ist)

108jakarta.com - Australia punya deretan tempat wisata bersejarah, baik itu alam maupun buatan. Salah satunya yang terkenal ialah Twelve Apostles. Yakni, deretan batuan kapur yang berusia lebih dari ratusan tahun.


Setiap musim libur tiba, tempat wisata yang terletak di Victoria, ini tidak pernah sepi pengunjung. Selain melihat kokohnya Twelve Apostles, para wisatawan biasanya juga menikmati keindahan alam di sekitar Port Campbell.


Sebelum tiba ke lokasi, wisatawan juga bakal disuguhkan pemandangan indah dari perjalanan melewati Great Ocean Road. Penasaran, seperti apa berwisata menyaksikan batu kapur tua berusia ratusan tahun?


Jika melihat dari peta, lokasi Twelve Apostles terletak di atas Antartika. Tepatnya di Port Campbell National Park di Great Ocean Road, Victoria. Yang mana masih berseberangan dengan Pulau Tasmania. Berada di pesisir laut lepas, membuat ombak disekitarnya selalu bergulung cantik.


Usia dari Twelve Apostles hingga kini belum ditemukan pasti kapan tahun terbentuk. Namun para ahli memastikan bahwa batu kapur yang menyerupai karang ini sudah terbentuk ratusan tahun lalu. Sehingga menjadi salah satu peninggalan bersejarah.


Disebutkan pula, dahulu batu-batu kapur ini saling terhubung dengan daratan utama. Tetapi akhirnya saling terpisah karena terkikis ombak dan termakan usia.


Meski bernama Twelve Apostles, namun jumlah batu kapur itu hanya 8. Hal ini tak lepas dari erosi yang terus melanda batu-batu tersebut. Tahun 2005, satu batu yang menyerupai karang setinggi 50 meter  roboh karena diterjang ombak terus menerus. Diketahui, setiap tahun, pergerakan ombak mampu mengikis 2 cm isi batu.


Uniknya, berada di kawasan yang terlihat gersang, tapi air Laut di Port Camblle National Park begitu dingin. Karena, airnya langsung berasal dari Antartika. Deburan ombaknya pun berwarna putih. Semakin ciamik ketika menyapu pasir-pasir di sekitarnyaa.


Untuk bisa tiba di Twelve Apostles , wisatawan biasanya akan diajak menyusuri Great Ocean Road. Jalan berliku yang indah di atas bukit. Jika di Indonesia, maka gambarannya seperti Kelokan 44 di Sumatera Barat. Great Ocean Road merupakan jalan bersejarah peninggalan perang dunia ke II.


Selama perjalanan, wisatawan bakal disuguhi pemandangan laut dan bukit yang indah. Tentunya ditambah liukan jalan yang ikut memacu adrenalin.


Dengan keunikan itu, tak heran jika pada akhirnya Twelve Apostles menjadi destinasi wisata. Buat Anda yang ingin melihat langsung batu kapur tua yang besar dan merasakan dinginnya air Antartika, maka Twelve Apostles bisa jadi tempat liburan tahun ini.


(ayb/int)


Berita Terkait
Vuvuzela Khas Afrika
Di Melbourne Ada Museum Islam
Fez Maroko dengan Kerajinan Kulitnya
Melihat Peradaban Islam di Sanski Most
Sarajevo yang Penuh dengan Kisah Bersejarah

Please login for commentKomentar
sumaryani
sudah ratusan tahun tapi batu kapur di tepi pantai masih berdiri kokoh
justdoit
Mesti manjat dulu nih kalau mau le pantainya
Bahrul
Mantap banget batu kapur nya masih bertahan sampai sekarang
novel
Batu kapurnya terbentuk sejak ratusan tahun yg lalu udah pasti kekar banget itu batu karna kuat di terjang ombak
SAVAGE
Eksotik banget nih batu karang bikin pengen mengunjunginya
CaffeLatte
keren juga yah, usia batu kapur ini ribuan tahun tidak rusak pula