Melihat Peradaban Islam di Sanski Most

Selasa, 16 Oktober 2018 15:20


(ist)

108jakarta.com - Pada 1878 kota kecil (varošica) dari Sanski Most digambarkan sebagai kota  Muslim oleh sejarawan Kroasia Vjekoslav Klaić. Dari tahun 1929 hingga 1941, Sanski Most adalah bagian dari Vrbas Banovina dari Kerajaan Yugoslavia.


Selama Perang Dunia II itu adalah bagian dari Negara Bagian Independen Poros Kroasia. Pada awal Mei 1941 di beberapa desa tenggara Sanski Most seperti Kijevo, Tramošnja, Kozica, terjadi perang.


Konflik bersenjata pertama antara Ustaše dan gerilyawan Serbia terjadi. Acara ini dikenal sebagai pemberontakan Đurđevdan. Dewan Anti-fasis Negara untuk Pembebasan Nasional Bosnia dan Herzegovina (ZAVNOBiH) mengadakan pertemuan kedua dari 30 Juni hingga 2 Juli 1944 di kota; itu menyatakan kesetaraan Muslim (Bosnia), Serbia dan Kroasia.


Selama Perang Bosnia, kota ini dikuasai oleh Angkatan Darat Republika Srpska (Serbia Bosnia) dan tetap di bawah kendalinya hingga Oktober 1995 ketika Angkatan Darat Bosnia dan Herzegovina mengambil alih kekuasaan sesaat sebelum akhir perang.


Pada tahun 1996, Oštra Luka yang dihuni orang Serbia dipisahkan dari Sanski Most dan diserahkan kepada entitas Republika Srpska.


Saat ini berwisata mengelilingi kota Sanski Most yang merupakan pusat peradaban Islam di zaman Sultan Mehmet Al Fatih merupakan kegiatan yang menyenangkan. 


Mengunjungi Hamzibegova Mosque dibangun sekitar abad ke-16 dan merupakan masjid tertua di kota Sanski Most, setelah perang tahun 1991 sempat dibangun kembali dan kini terlihat sangat indah), lalu ke Mushola dan serta Monument Sultan Mehmet Al Fatih. 


Wisatawan juga bisa melihat keindahan dari Bliha Waterfall dan River Sana, kota Sanksi Most disebut kota sungai karena sungai Sana yang jernih dan indah mengaliri kota kecil itu. 


Menyaksikan tarian tradisional di salah satu resto sambil makan-makan  Untuk sholat di kota ini terhitung mudah, ada banyak masjid. (suh)

 


Berita Terkait
Gemuruhnya  Hubbart Glacier
Kemegahan Dundurn Castle
Wroclaw, Kota Kurcaci di Polandia
Inilah Tianmenshan, 'Pintu Surga' Raksasa Yang Sangat Indah
Keren, Spanyol Juga Punya 'Taman Mini'

Please login for commentKomentar
Jaebum
Inilah bukti kalau Islam dulu pernah masuk ke Eropa TImur
Marsim
parah sih emang tempatnya bagus bet
lily
asyik banget kalau bisa jalan-jalan ke sana
Dzulfikar
Ini sih wajib banget dateng kesini, bagus banget pemandangannya
mustafa
menikmati liburan yang menyenangkan dengan persiapan yang matang, jangan sampai ada kekurangan di perjalanan liburan anda
Juragan
asli keren banget.. kapan ya bisa jalan jalan sama keluarga di sana.. seru kali ya
rifki
wahhh keren banget nihhh, patut banget buat di coba
adit
mantap bgt nih buat liburan bareng keluarga
suiyong
tempatnya cukup bagus untuk berjalan-jalan kesana dan melihat pemandangan indah.
pakaihatidong
sungguh cukup menarik di ketahui perkembangan di yugoslavia.
12