Melihat Langsung 'Blood Falls' di Antartika

Senin, 15 Oktober 2018 19:01


(ist)

108jakarta.com - Bayangkan air terjun mengalir dari dalam lapisan es, berwarna merah pekat layaknya darah segar. Inilah Blood Falls, fenomena alam unik yang hanya ada di Antartika.


Blood Falls menjadi perhatian peneliti sejak berpuluh tahun lalu. Betapa tidak, air terjun ini tampak mengerikan karena warnanya merah pekat. Persis seperti darah, yang jadi awal mula dinamakan Blood Falls.


Lokasinya tepat di ujung gletser Taylor, McMurdo Dry Valleys. Alih-alih berukuran kecil, air terjun ini terdiri dari 5 tingkat!


Pada awalnya para peneliti berasumsi, warna merah tersebut berasal dari ganggang. Namun faktanya, warna tersebut berasal dari mineral yakni zat besi yang terperangkap dalam gletser jutaan tahun silam.


Benar saja, 2 juta tahun lalu tempat ini merupakan danau purba yang berair tawar. Kemudian, permukaan air laut meninggi dan menutupi Benua Antartika. Danau itu pun terperangkap di bawah air laut yang membeku.


Mikroorganisme di dalamnya kemudian hidup dengan cahaya matahari dan oksigen yang terbatas. Itulah mengapa danau purba tersebut penuh zat besi. Saat keluar dan terkena oksigen, warnanya pun berubah merah.


Sampai saat ini, Blood Falls masih menjadi daya tarik bagi para peneliti. Tak banyak wisatawan yang berkunjung, karena lokasinya cukup terpencil. Namun begitu melihat aslinya, Anda pasti terpana!


(ayb/int)


Berita Terkait
Vuvuzela Khas Afrika
Di Melbourne Ada Museum Islam
Fez Maroko dengan Kerajinan Kulitnya
Melihat Peradaban Islam di Sanski Most
Sarajevo yang Penuh dengan Kisah Bersejarah

Please login for commentKomentar
sumaryani
pemandangan yang jarang ada di dunia kecuali di antartika tempat yang sangat dingin sekali
justdoit
Fonomena alam yang sangat misterius
Bahrul
Fenomena alam yg langka
SAVAGE
Gak kebayang kalo ada disini pasti dingin banget
Khoerul
pasti mengasikan ni
CaffeLatte
sungguh suatu hal yang sangat menabjukan yah, bisa melihat hal seperti ini
novel
Serem nih air terjun yg warnanya kayak darah gitu tapi keliatan unik sih dan indah di pandang mata