Disebut Mirip Planet Mars, Ternyata Tempat Ini Ada di Bumi

jumat, 12 Oktober 2018 9:15


(ist)

108jakarta.com - Planet Mars punya daratan berwarna merah dan penuh bebatuan. Jangan salah, Anda juga bisa melihat pemandangan seperti itu di Taman Nasional Timanfaya, Spanyol. Suhu tanah di sana juga mencapai ratusan derajat Celcius!


Rasanya, ada banyak destinasi di dunia yang belum diketahui banyak traveler dan menyimpan keunikan tiada dua. Seperti Taman Nasional Timanfaya di Spanyol ini, lanskap dan kontur tanahnya disebut sebagai 'Planet Mars di Bumi'.


Taman Nasional Timanfaya berada di Pulau Lanzarote yang ada dalam kawasan Kepulauan Canaria dan di seberang negara Maroko, Afrika. Meski demikian, Kepulauan tersebut masih masuk dalam bagian Spanyol. Dengan luas 51 km persegi, taman nasional ini mampu bikin turis penasaran.


keunikan Taman Nasional Timanfaya adalah pada lanskapnya. Begitu masuk ke dalam taman nasionalnya, tanah di sana berwarna hitam dan merah dengan suasana yang gersang. Tidak ada pepohonan sama sekali, yang ada hanya bebatuan saja. Disebut-sebut mirip dengan planet Mars!


Mengapa bisa begitu? Hal tersebut terjadi karena letusan gunung berapi yang dahsyat pada tahun 1730 dan 1736 di Pulau Lanzarote. Saat itu, sekitar 100 gunung berapi meletus dan menghancurkan kawasan seluas 50 km persegi yang kini menjadi Taman Nasional Timanfaya. Setelah itu, rupanya curah hujan di sana sangat rendah.


Turis yang sudah pergi ke sana mengaku kalau pemandangan di Taman Nasional Timanfaya benar-benar mirip seperti planet Mars. Sepanjang mata memandang, tanah dan bebatuan terlihat hitam kemerahan. Belum lagi, suhu bawah tanah di dalam taman nasionalnya sangatlah panas.


Temperatur tanah di sana pun berkisar 400-600 derajat Celcius. Bahkan saat sedang panas-panasnya, temperatur tanahnya bisa mencapai suhu 1.000 derajat Celcius!


Tapi siapa sangka, temperatur tanah yang sangat panas malah jadi atraksi untuk turis. Sebuah restoran di dalam taman nasionalnya, El Diablo mennampilkan aksi memasak makanan dengan menggunakan panas dari tanahnya. Turis juga bisa pesta barbeque yang dengan cara menggali tanah lalu memanggang barbeque di atasnya.


Ada 20 gunung berapi di dalam Taman Nasional Timanfaya yang bisa dikunjungi. Kalau mau melihat pemandangan yang lebih mirip planet Mars, Anda bisa datang ke lereng-lereng gunung berapinya. Di beberapa titik, Anda juga akan melihat asap yang keluar dari tanah.


Biasanya turis menghabiskan waktu di Taman Nasional Timanfaya dengan trekking atau naik unta. Untuk menuju Pulau Lanzarote, Anda bisa naik pesawat dari Madrid menuju pusat kotanya di Arrecife. Dari situ, banyak rental mobil yang mengantar Anda ke taman nasionalnya karena itulah destinasi wisata populer di sana.


Tiket masuk ke Taman nasional Timanfaya sebesar 8 Euro atau sekitar Rp 127 ribu dan sudah termasuk pemandu. Buktikan sendiri, penampakan planet Mars di Bumi ini!


(ayb/int)


Berita Terkait
Vuvuzela Khas Afrika
Di Melbourne Ada Museum Islam
Fez Maroko dengan Kerajinan Kulitnya
Melihat Peradaban Islam di Sanski Most
Sarajevo yang Penuh dengan Kisah Bersejarah

Please login for commentKomentar
sumaryani
ngak perlu jauh jauh ke pelanet mars ternyata di bumi ada loh lokasi yang mirip banget dengan planet mars datang dan buktikan sendiri ke taman nasional timanfaya
justdoit
Kalau penasaran planet mars gmn dtng aja kesini
Bahrul
Tempat yg unik
SAVAGE
Busyet panas banget nih tempat...
CaffeLatte
seperti nya daerah ini harus segera di buat cagar agar bisa menjadi tempat wisata
novel
Karna tempatnya yg sepi dan tanahnya berwarna merah lalu di samakan kyak planet mars...? Ya agak mirip jg sih gw bilang walau gw blm tau jg suasana planet mars tuh kayak apa