Senja di Pantai Waikiki

Senin, 10 September 2018 21:02


(ist)

108jakarta.com - Waikiki adalah nama sebuah kawasan di Honolulu, Hawaii. Kawasan ini dikenal sebagai daerah wisata dan permukiman dengan pantai bernama Pantai Waikiki. 
Letaknya di sebelah selatan Pulau Oahu. Kawasan Waikiki terbentang antara Kanal Ala Wai di sebelah barat dan utara.  Nama Waikiki berarti air segar yang menyembur dalam bahasa Hawaii untuk mata air yang mengalir di wilayah tersebut, dan dulu pernah memisahkan Waikiki dengan kawasan pedalaman. 


Waikiki sejak lama dikenal sebagai tempat wisata. Waikiki sejak dulu sudah menjadi tempat peristirahatan anggota keluarga Kerajaan Hawaii. 


Saat ini permukiman dan pantai Waikiki telah menjadi pusat industri pariwisata di Hawaii. Di kawasan Waikiki terdapat hotel dan resor mewah, seperti Hilton Hawaiian Village, Halekulani hotel, Hyatt Regency Waikiki, dan Sheraton Waikiki. 


Pantai Waikiki adalah pantai yang ramai dengan wisatawan. Dari pantai bisa dilihat pemandangan gunung berapi Diamond Head yang sudah tidak aktif. Pantai Waikiki sebenarnya tidak terlalu lebar, dan setengahnya merupakan kawasan untuk berselancar. 
Hingga agak jauh ke laut lepas, airnya agak dangkal. Di dasar laut terdapat banyak karang, sehingga orang harus berhati-hati sewaktu menginjakkan kaki. Ombak Waikiki cukup besar, terutama pada saat musim angin bertiup kencang. 


Berselancar di Waikiki terkenal dengan gulungan ombak yang ideal untuk berselancar long boarding, tandem, dan juga bagi peselancar pemula. 


Sejak lama Pantai Waikiki mengalami masalah erosi, sehingga dibangun pemecah ombak dan program perluasan pantai. Pada tahun 1920-an dan 1930-an, pasir di Pantai Waikiki ditambah dengan pasir yang diangkut dengan kapal dan tongkang dari Pantai Manhattan, California.


Impor pasir dihentikan pada tahun 1970-an dan para pejabat setempat mencari cara untuk mempertahankan pasir yang masih tersisa daripada serangan air pasang. (suh)


Berita Terkait
Gemuruhnya  Hubbart Glacier
Kemegahan Dundurn Castle
Wroclaw, Kota Kurcaci di Polandia
Inilah Tianmenshan, 'Pintu Surga' Raksasa Yang Sangat Indah
Keren, Spanyol Juga Punya 'Taman Mini'

Please login for commentKomentar
dheshe
memang neh tempat ini asik dikunjungi apalagi bareng pasangan
rifki
wahhhh keren banget, recomnded banget buat di coba
ata
Subhanallah salah satu ciptaan Mu ya Allah....Amazin
Dzulfikar
ini sih wajib banget di kunjungin kalau berwisata ke sini
Fajar
kayanya asik juga neh kemari kalau pas senja hari
Mama
tempat wisata yang sudah sangat terkenal
ticia
ngak mau pindah rasa nya liat keindahan matahari nya
mustafa
warisan dari dunia yang indah dan menawan
adit
indah bgt pemandanganya , juara emang ini tempatnya dah
Juragan
ioni yang bikin indah sangat eklsotis
12