Senja di Pantai Waikiki

Senin, 10 September 2018 21:02


(ist)

108jakarta.com - Waikiki adalah nama sebuah kawasan di Honolulu, Hawaii. Kawasan ini dikenal sebagai daerah wisata dan permukiman dengan pantai bernama Pantai Waikiki. 
Letaknya di sebelah selatan Pulau Oahu. Kawasan Waikiki terbentang antara Kanal Ala Wai di sebelah barat dan utara.  Nama Waikiki berarti air segar yang menyembur dalam bahasa Hawaii untuk mata air yang mengalir di wilayah tersebut, dan dulu pernah memisahkan Waikiki dengan kawasan pedalaman. 


Waikiki sejak lama dikenal sebagai tempat wisata. Waikiki sejak dulu sudah menjadi tempat peristirahatan anggota keluarga Kerajaan Hawaii. 


Saat ini permukiman dan pantai Waikiki telah menjadi pusat industri pariwisata di Hawaii. Di kawasan Waikiki terdapat hotel dan resor mewah, seperti Hilton Hawaiian Village, Halekulani hotel, Hyatt Regency Waikiki, dan Sheraton Waikiki. 


Pantai Waikiki adalah pantai yang ramai dengan wisatawan. Dari pantai bisa dilihat pemandangan gunung berapi Diamond Head yang sudah tidak aktif. Pantai Waikiki sebenarnya tidak terlalu lebar, dan setengahnya merupakan kawasan untuk berselancar. 
Hingga agak jauh ke laut lepas, airnya agak dangkal. Di dasar laut terdapat banyak karang, sehingga orang harus berhati-hati sewaktu menginjakkan kaki. Ombak Waikiki cukup besar, terutama pada saat musim angin bertiup kencang. 


Berselancar di Waikiki terkenal dengan gulungan ombak yang ideal untuk berselancar long boarding, tandem, dan juga bagi peselancar pemula. 


Sejak lama Pantai Waikiki mengalami masalah erosi, sehingga dibangun pemecah ombak dan program perluasan pantai. Pada tahun 1920-an dan 1930-an, pasir di Pantai Waikiki ditambah dengan pasir yang diangkut dengan kapal dan tongkang dari Pantai Manhattan, California.


Impor pasir dihentikan pada tahun 1970-an dan para pejabat setempat mencari cara untuk mempertahankan pasir yang masih tersisa daripada serangan air pasang. (suh)


Berita Terkait
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver
Sudut-Sudut Eksotik Bratislava
Menghayati Lukisan di The Sorolla Museum

Please login for commentKomentar
Renny
suka banget dipantai kalo udah jam segitu ga terlalu panas -r-
CaffeLatte
udah gak usah ditanya deh, kalau hawaii bisa dibilang banyak biangnya pantai pantaii indah
ice
indah banget deh pantai nya, jadi pengen kesana juga nih
SAVAGE
Hawaii memang bikin kita pengen menjelajahi setiap sudut pantainya.
novel
Semua pantai2 di hawai pasti eksotik banget terutama pantai ini yg membawa ketenangan bagi pengunjungnya
sumaryani
pemandangan di kala matahari terbenam semakinindah di exsotis di pantai hawai
tanto
wah bagus kali ya matahari senjannya berwarna cerah