Air Terjun Angel yang Megah

Senin, 10 September 2018 20:47


(ist)

108jakarta.com - Angel Falls yang berarti "air terjun dari tempat terdalam", atau Parakupá Vená, yang berarti "kejatuhan dari titik tertinggi" adalah air terjun di Venezuela. 


Ini adalah air terjun dengan ketinggian 979 meter. Air terjun jatuh di tepi gunung Auyan-tepui di Taman Nasional Canaima (bahasa Spanyol: Parque Nacional Canaima), sebuah situs Warisan Dunia UNESCO di wilayah Gran Sabana di Negara Bagian Bolívar. 


Air terjun itu berada di sepanjang cabang Rio Kerepacupai Meru yang mengalir ke Sungai Churun, anak sungai Carrao, yang merupakan anak sungai Sungai Orinoco.


Sir Walter Raleigh dalam ekspedisi untuk menemukan kota dongeng El Dorado menggambarkan apa yang mungkin adalah tepuy (puncak gunung meja), dan dia dikatakan telah menjadi orang Eropa pertama yang melihat Angel Falls, meskipun klaim ini dianggap terlalu mengada-ada.


Beberapa sejarawan menyatakan bahwa orang Eropa pertama yang mengunjungi air terjun adalah Fernando de Berrío, penjelajah dan gubernur Spanyol dari abad 16 dan 17.


Sumber lain menyatakan bahwa orang Barat pertama yang melihat air terjun adalah penjelajah Spanyol, Fèlix Cardona pada tahun 1927.


Menurut laporan penjelajah Venezuela, Ernesto Sánchez La Cruz, ia melihat air terjun pada tahun 1912, tetapi ia tidak mempublikasikan penemuannya. Cruz mungkin melihat Air Terjun Montoya di wilayah Sierra Pacaraima, yang tingginya lebih dari 500 meter. 


Mereka tidak dikenal di dunia luar sampai penerbang Amerika Jimmie Angel, mengikuti petunjuk yang diberikan oleh penjelajah Fèlix Cardona yang telah melihat air terjun enam tahun sebelumnya, terbang di atasnya pada 16 November 1933. (suh) 


Berita Terkait
Memahami The Lowry Manchester
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver
Sudut-Sudut Eksotik Bratislava

Please login for commentKomentar
Renny
serem banget air terjunnya, ngeri lihat dari atas kebawah. -r-
CaffeLatte
gimana rasanya kalau bisa terjun dari atas sana
ice
aduuh air terjunnya indah banget deh, jadi pengen kesana juga
novel
Curam bgt tuh air terjun karna tingginya sampai 900 meter lebih jadi kaga mungkin ad yg berani lompat kecuali bunuh diri
tanto
wih air terjunnya indah bner pasti wisatawan tertarik tuh untuk kesanah
sumaryani
air terjunnya begitu memukau sekali semua orang pasti kagum melihat nya