Terapi Stres di Wisata Alam Celebes Canyon Barru

Rabu, 15 Agustus 2018 17:12


(ist)

108jakarta.com - Tebing bebatuan yang cadas dipadukan dengan aliran sungai yang jernih adalah daya tarik Celebes Canyon yang berada di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Meskipun akses menuju tempat wisata yang sedang hits ini tak mudah, tak menyurutkan wisatawan yang kebanyakan anak muda untuk menikmati liburannya di Celebes Canyon. Penduduk sekitar lebih mengenalnya dengan Benteng Murung, sudah siap menjelajah ke Celebes Canyon?


Celebes Canyon adalah satu dari kecantikan alam Sulawesi Selatan berupa air terjun dengan bebatuan eksotis di sekelilingnya yang menjadi surga bagi para pemburu tempat-tempat indah. Lokasi ini masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun, seiring dengan beredarnya foto-foto kece pengunjung, tempat ini pun mulai dibanjiri wisatawan. Celebes Canyon bukanlah tebing bebatuan pertama Indonesia yang disebut canyon karena mirip dengan yang ada di Amerika. Sebut saja, Tambang Arosbaya Madura atau Brown Canyon yang ada di Semarang.


Lokasi indah ini belum sepenuhnya dibuka menjadi tempat wisata. Sehingga jelas tak ada fasilitas yang memadai seperti toilet, kantin, bahkan tempat sampah. Karenanya, bagi kamu yang punya rencana berkunjung, siapkan cemilan dan minuman sendiri. Dan jangan lupa, bawa pulang kembali bawaanmu yang manjadi sampah. Sebagai traveler yang baik, sudah tugas dan kewajiban kita menjaga kebersihan dan kelestarian wisata yang dikunjungi. Tak hanya bisa bermain air di siang hari, di sini juga bisa camping dan mendirikan tenda. Kebayang kan menikmati langit malam yang berbintang ditemani dengan suara gemericik air yang menenangkan?


Celebes Canyon berada di Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kab. Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke daerah ini tidaklah susah. Dari Makassar langsung saja menuju ke arah Kabupaten Barru melewati Maros. Setelah itu perjalanan dilanjutkan lagi menuju ke Kabupaten Barru melalui Jalan Pangkajene hingga ke Kecamatan Tanete Riaja, Desa Libureng. Nanti akan ada petunjuk jalan yang akan mengarahkan hingga ke lokasi. Letak tepatnya berada di Sungai Ule yang masih alami. Maka pantas saja air yang mengalir di canyon ini berawarna biru dan hijau segar.


Menikmati keindahan alam memang tak ada puasnya. Keeksotisan Celebes Canyon memang sangat menakjubkan, tapi tak ada salahnya untu mengeksplor wisata sekitar lainnya yang tak kalah cantik. Berjarak sekiat 20 menitan berkendara dari Canyon ke arah daerah Lompo Riaja, kamu bisa mengagumi Air Terjun Waesai. Tak hanya itu, jika masih punya banyak waktu tak ada salahnya mengarahkan kendaraan ke arah Sumpang Binangae dan menunggu sunset di Pantai Ujung Batu.


Wah, mumpung lagi musim kemarau dan panas-panasnya, boleh banget nih ngadem sambil basah-basahan di Celebes Canyon. Bagaimana, setuju kan?


(ayb/int)


Berita Terkait
Melangkah di Sudut Kota Tirana
Bertemu Para Wanita Kuat dari Nepal
Kafe Serba Terbalik Jadi Daya Tarik Wisatawan di Jerman
Traveling ke London Wajib Berkunjung ke Kastil Windsor
Menengok Kota 'Janda' di India

Please login for commentKomentar
ice
seru sih, tp agak ngerinya kalo misalny berenang ada bebatuan gt, licin aj rasanya
CaffeLatte
ini sih namanya terapi yang sangat pas banget apalagi buat orang orang yang level streesnya udah akut
Renny
Kalo kesini mesti hati hati ngeri licin, jatuh lumayan banyak batu2an. -r-
Anjar
enak bangetnih tempat untuk bersantai dan bermain air bersama keluarga
Arief
wah ternyata indonesia masih banyak ya wisata alam yang bagus2 bgt, memang kita sebagai masyarakat indonesia perlu menjelajah indonesia dulu jangan taunya ke luar negri aja sih haha
alya
boleh juga nih, tempat seperti ini dijadikan rekomendasi buat liburan kalau sedang banyak pikiran
novel
Pas ini tempat buat ngilangin stres karna bebatuannya yg indah belum lg air nya yg jernih
justdoit
Keren nih bntuk bebatuannya
SAVAGE
Keren abis kalo kaya gini harus tetap terjaga ke indahannya agar tetap lestari.