Wisata ke situs Terracotta Army, Pasukan Penjaga Makam Kaisar China

Sabtu, 07 Juli 2018 9:42


(ist)

108jakarta.com - Wisatawan datang ke Xian, China, untuk melihat bukti peradaban luhur bangsa Tiongkok. Inilah makam kaisar dengan ribuan patung Terracotta yang legendaris.


Xian, adalah kota kuno yang penuh keindahan dan kenangan dunia tua. Udara sangat dingin menusuk, jika wisatawan datang pada bulan Januari. Saat itu musim dingin sedang berkuasa di China.


Xian atau yang dulunya dikenal dengan sebutan Chang'an adalah salah satu dari kota tertua di China. Xian pernah menjadi ibukota dari 10 dinasti yang bertahta di Negari Tirai Bambu tersebut.


Sejarah besar telah mengukir kota ini dan masih berdiri tegak sampai dengan era modern masa sekarang. Wisatawan bisa melihat musoleum atau kompleks makam yang dipenuhi oleh ratusan patung prajurit yang terbuat dari tanah liat dengan ukuran sebesar manusia.


Patung ini disebut Tentara Terracotta. Pemandangannya begitu spektakuler. Wisatawan bisa membayangkan film "The Myth" yang dimainkan oleh Jackie Chan dan Kim Hee Sun.


Pemandu wisata bercerita, kalau patung prajurit-prajurit ini adalah milik Kaisar pertama China, Qin Shih Huang yang memiliki karakter yang tidak biasa. Ia terkenal sangat cerdas namun juga kejam, sangat berani namun juga takut mati.


Obsesinya untuk menjadi manusia super yang bisa hidup abadi. Seumur hidupnya dia mencari obat yang bisa mengusir kematian.


Karena ketakutannya itu , maka dia membangun kerajaan bawah tanah lengkap dengan ribuan prajurit untuk menemaninya di alam baka. Konon kerajaan bawah tanah yang penuh dengan harta benda ini baru selesai dibangun setahun setelah kematian Kaisar.


Menurut sang pemandu wisata, kaisar wafat karena penyakit yang tidak disembuhkan. Putra mahkota penerusnya bahkan lebih keji, dia mengubur hidup-hidup semua selir-selir ayahnya ke dalam kerajaan bawah tanah itu.


Cerita ini membuat kita berpikir bahwa menjadi istri kaisar adalah sebuah karma yang berakhir buruk. Berdasarkan catatan sejarah, kerajaan bawah tanah atau yang lebih dikenal dengan sebutan mausoleum Kaisar Qin ini berisikan ribuan tentara Terakota.


Namun, belum semua patung berhasil digali. Sebagian masih terkubur di bawah sana. Setelah lebih dari 2.000 tahun berlalu, prajurit Terakota milik Kaisar Qin Shih Huang masih setia menjaga tuannya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Incheon, Sebuah Destinasi Wisata Indah di Negeri K-Pop
Santai di Piccadilly Gardens
Albert Square Manchester
Mendayung di Danau Hollingworth yang Dingin
Di Poseidon Resort Fiji, Kamu Bisa Menikmati Sensasi Tidur di Dasar Laut 

Please login for commentKomentar
mustafa
wah hebat ada ratusan yang menjaga makam kaisar china
Juragan
sangat bagus dan sangat indah sekali
Arief
tempat wisata yang sudah terkenal kemanapun bahkan di film2 juga sudah dimasuki tentang sejarah ini.. keren ya
sumaryani
selain untuk pariwisata tempat ini juga banyak sejarah nya di masa yang lampau
Alfin
ini emang terkenal banget sih sering masuk film juga dan nilai2 sejarah dan kebudayaan yang sangat tinggi.
ticia
tempat yang benar memang ada dibuat seperti ini, kesetiaan pasukannya kepada rajanya
justdoit
Katanya juga kuburan karsar qin shi huang ada sebuah kutukan yg bisa menewaskan satu keluarga
novel
Patung terracota sebagai simbol bahwa sangat tunduknya prajurit2 pada sang kaisar
SAVAGE
Banyak banget prajurit nya yang jagain mungkin karena kaisarnya baik