Meteora, Komplek Biara Di Atas Menara Batu

Sabtu, 14 Juli 2018 13:42


(ist)

108jakarta.com - Mitos dewa-dewi Yunani selalu bikin penasaran. Tak hanya mitosnya yang menarik, banyak tempat yang memukau. Yang ini namanya Meteora, biara ortodoksnya Yunani.


Tak jauh dari Kota Kalambaka, terdapat sebuah bentang alam yang bikin merem-melek saking cantiknya, namanya Meteora yang memiliki arti "tersuspensi di udara". Bentuk alamnya berbukit dan menjulang tingi.


Tak hanya bukit, yang menjadikan Meteora spesial. Bukit-bukit ini menjadi tuan rumah bagi biara-biara ortodoks Yunani.


Alkisah selama abad ke-14, bhikkhu agung Athanasios Koinovitis membawa sekelompok pengikut setia dari Gunung Athos ke Meteora. Mereka mencari sekelompok pertapa-pertapa yang telah mengembangkan benteng religius di wilayah tersebut.


Dia terpesona oleh keterampilan mendaki panjat tebing yang membuat mereka tinggal di gua dan celah di atas permukaan tanah. Sang bikkhu melihat sebuah kesempatan untuk menciptakan sebuah biara di mana kawanannya bisa bermeditasi dan berimai damai.


Mempekerjakan para pertapa sebagai pendaki pendakian, para pengunjung baru menaklukkan pegunungan di sekitarnya dan bersiap untuk menciptakan tempat suci mereka sendiri. Saat itu, dari tahun 1356 sampai 1372, Biara Great Meteoron yang pertama lahir.


Bertahun-tahun kemudian ketika orang-orang Turki datang ke utara Yunani. Saat itu banyak biarawan lolos dari penganiayaan dengan mendaki gunung ke tempat yang aman.


Dari waktu ke waktu 24 biara dibangun, dengan pilar curam dan berikan perlindungan dari para pejuang yang berada di bawah bukit. Saat ini, 6 dari biara-biara ini tetap ada, dipisahkan antara biarawan laki-laki dan biarawati perempuan. Pengunjung akan disambut dengan keramahan-tamahan khas orang Yunani.


Sebuah jaringan tali, puli, keranjang dan tangga digunakan untuk mengangkat jamaah dan persediaan ke dalam kuil. Pada saat terancam, keranjang atau tali tak akan turun ke bawah. Sehingga tidak ada satu pun yang bisa mengakses tempat ini.


Bukan hanya tempat ibadah, Meteora juga menawarkan keindahan alam untuk dijelajahi. Sebut saja hiking. Meteora jadi tempat panjat tebing terbaik bago pemula maupun profesional. Ada juga Gua Theopetra, sebuah situs arkeologi yang menyimpan bukti penghunian manusia selama lebih dari 130.000 tahun.


Saat musim panas, arum jeram dan sepeda gunung bisa jadi aktivotas yang menyenangkan. Sedangkan saat musim dingin, snowboarding atau ski jadi primadona.


Kota Kalambaka juga memberikan pemandangan kota yang tidak biasa. Yaitu hamparan pemukiman dengan latar tebing seperti Kerajaan Eyrie dalam serial HBO "Game of Thrones". Jatuh hati? Sudah pasti.


(ayb/int)


Berita Terkait
Gijpe Pantai yang Tersembunyi
Ksamil Keindahan Pantainya Kian Memuakau
Incheon, Sebuah Destinasi Wisata Indah di Negeri K-Pop
Santai di Piccadilly Gardens
Albert Square Manchester

Please login for commentKomentar
Juragan
wuihhh bagus sekali.. enak buat nginap di sana`
Haries
bagus juga ini, ngebangunnya gimana ya
sumaryani
kalau mau ke biara itu harus panjat tebing dulu dong
justdoit
Bagunan yg berdiri di atas batuan yang memiliki pemandangan alam yg indah
SAVAGE
Sungguh luar biasa indah nya alam yang (kau) ciptakan