Keajaiban Alam yang Memesona di Taroko National Park

Senin, 23 Juli 2018 19:00


(ist)

108jakarta.com - Hualien merupakan salah satu provinsi di Taiwan yang juga menyajikan atraksi wisata kelas dunia. Menjadi provinsi dengan wilayah terluas di Taiwan, Hualien memiliki struktur wilayah bergunung-gunung dan terletak di pesisir timur Taiwan. Hualien pun menjadi tempat yang begitu eksotis dan mengundang decak kagum siapa saja yang sempat berkunjung ke tempat ini.


Jika Anda memiliki jiwa petualangan yang cukup besar, Anda patut membuat perencanaan liburan yang matang karena Anda harus berpikir untuk menjelajahi salah satu taman nasional terkenal di Hualien, yaitu Taroko National Park. Anda akan disuguhi fenomena alam yang memukau dan juga menantang, hingga mungkin waktu satu hari kunjungan Anda ke tempat ini akan terasa sangat kurang.


Karena topografi alamnya yang bergunung-gunung dan bertebing-tebing dengan lembah yang curam, Taroko National Park memiliki keistimewaan dan keajaiban alam yang spektakuler. Di taman nasional ini, Anda berkesempatan untuk mejelajah alamnya yang masih alami dengan sensasi pemandangan yang begitu bervariasi. Hal ini bisa dilihat dengan adanya spot-spot unik yang wajib dikunjungi, diantaranya yang paling terkenal adalah Taroko Gorge dan Liwu River yang begitu mengagumkan.


Di taman nasional ini terdapat tujuh jalur yang akan membawa Anda menemukan spot-spot pemandangan menakjubkan. Sebut saja Shakadang Trail, Changcun Trail, Tunnel of Nine Turns Trail, Lushui-Heliu Trail, Baiyang Waterfall, Huitouwan-Lianhua Pond, dan Chongde Trail. Jalur-jalur ini juga menyediakan sejumlah rute pendakian. Anda mungkin akan takjub dengan pemandangan air terjun, beragam flora dan fauna termasuk beraneka ragam spesies burung dan kupu-kupu yang cantik, bahkan kuil-kuil dengan arsitektur khasnya. Untuk menikmati semua perjalanan ini, Anda tidak memerlukan izin masuk khusus.


Di area taman nasional ini, Anda masih bisa menemui segelintir masyarakat dari suku bangsa Taroko (Truku) yang masih berdiam dan mempertahankan adat dan tradisi mereka.Warisan kebudayaan di area ini menjadi situs yang juga menarik untuk dikunjungi. Peninggalan kebudayaan di area ini dikategorikan menjadi tiga, yaitu situs prasejarah, kebudayaan suku asli Taroko, dan sistem transportasi di masa lalu dan era modern ini.


Di titik 0 km dari Taroko National Park, Anda bisa mengunjungi National Park Visitor Center. Lokasinya berada di sisi kiri sungai, di titik awal menuju lembah. Di sini juga terdapat sebuah museum kecil di mana Anda bisa mencari informasi lebih dalam mengenai taman nasional tersebut (juga terdapat dalam Bahasa Inggris), terdapat pula buku-buku, serta sebuah kafetaria. Jika Anda berjalan kaki, dari sini Anda cukup berjalan selama 15 menit dan memulai perjalanan menuju jalur Shakadang Trail.


Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda bisa memilih beberapa alternatif moda transportasi. Jika Anda berangkat dari Taipei, Anda bisa menggunakan kereta tujuan Hualien. Anda bisa memilih kereta Tai Lu Ge atau Zi Qiang (kereta express) dengan harga tiket per orang sebesar 441 NTD, waktu tempuh sekitar 2,5 – 3 jam perjalanan. Atau alternatif kereta yang lebih murah, Ji Kuang dengan harga 340 NTD per orang dengan waktu tempuh sekitar 3,5 – 4,5 jam. Stasiun Hualien berjarak 26 km dengan Taroko National Park. Dari stasiun ini, Anda bisa menyewa mobil atau skuter, atau menumpang bus Hualen untuk sampai ke taman nasional tersebut. Anda juga dapat menggunakan jasa taxi yang banyak tersedia di kota ini.


Untuk alternatif jalur lain yaitu Taipei – Xincheng dengan kereta Tai Lu ge atau Zi Qiang dengan harga tiket 405 NTD per orang, atau kereta Ju Kuang dengan harga 312 NTD per orang. Stasiun Xincheng hanya berjarak 5 km dari taman nasional. Dari stasiun ini, Anda bisa menumpang bus Hualien yang akan membawa Anda sampai ke tempat tujuan.


(ayb/int)


Berita Terkait
Melangkah di Sudut Kota Tirana
Bertemu Para Wanita Kuat dari Nepal
Kafe Serba Terbalik Jadi Daya Tarik Wisatawan di Jerman
Traveling ke London Wajib Berkunjung ke Kastil Windsor
Menengok Kota 'Janda' di India

Please login for commentKomentar
Jaebum
Kayaknya tidak cukup satu hari untuk menjelajahi kawasan nasional Taroko yang terkenal ini
emma
bener2 unik, mulai dari bentuk bebatuan dan aliran sungainya
ki
bagus nih banget tempat masih terjaga alamnya .
MITRA
kren banget, enak nih kalo keling - keliling
lily
betul sekali ini termasuk keajaiban alam yang sangat indah
kiki
keren banget nih tempat anjayyyyy
Dzulfikar
pasti seru banget nih , wajib di coba sih ini recomend banget
ata
subhanallah indah sekali tempat ini benar2 surga dunia
Fajar
banyak tempat wisata yang menarik di taiwan salah satunya taroko national park ini
alya
sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata pasti banyak pengunjungnya
12