Inilah Penyebab Mengapa Biaya Travelingmu Sering Membengkak

Selasa, 03 Juli 2018 9:58


(ist)

108Jakarta.com - Alangkah senangnya jika saat pulang liburan masih punya uang. Tapi tanpa disadari, ada yang bikin pengeluaran kamu membengkak.


Malas jalan, atau tak mau mencoba makanan lokal adalah beberapa hal kecil yang bikin pengeluaran liburan kamu membengkak tanpa disadari.


1. Malas gunakan kendaraan umum

Sudah jelas, menggunakan kendaraan umum jauh lebih murah dibanding menyewa kendaraan pribadi atau naik taksi. Jika kamu terlalu malas mencari rute kendaraan umum, pasti memilih naik taksi.


Makin sering naik taksi, makin banyak pengeluaran yang dihabiskan. Daripada terus malas-malasan, kenapa tidak menantang diri sendiri untuk naik kendaraan umum ke mana-mana.


Apalagi di luar negeri, kebanyakan kendaraan umum sudah sangat mudah dicapai. Tinggal pilih mau naik subway atau bus. Murah dan mudah!


2. Selalu menginap di hotel

Mungkin kamu malas berinteraksi dengan tamu lain. Mungkin kamu tak mau diganggu saat sedang tidur. Begitu banyak alasan kenapa lebih memilih hotel dibanding homestay atau hostel.


Namun dengan memilih hotel, sudah pasti pengeluaran kamu jadi jauh membengkak. Satu hari di hotel bisa dihabiskan dua atau tiga hari di hostel. Jauh kan perbedaannya!


Jika tak suka berbagi privasi, kamu masih bisa mencari hostel yang tertutup. Tidak semua tempat tidur terbuka seperti di asrama. Ada juga yang seperti bilik, tertutup dan nyaman.


Asal pintar memilih, hostel pun bisa terasa nyaman seperti hotel kok!


3. Selalu makan di restoran

Terlalu takut menjajal makanan di pasar atau tepi jalan karena dianggap tidak bersih dan sehat. Kemudian, kamu pun lebih memilih makan di restoran.


Lalu tiba-tiba uang yang dihabiskan sudah terlalu banyak. Padahal liburan masih panjang. Berhentilah kuatir berlebih.


Mulailah menjadi pribadi yang lebih terbuka. Menjajal makanan di pasar setempat atau di kedai sederhana tepi jalan tak selamanya buruk kok. Harga yang lebih bersahabat, juga rasa yang mungkin lebih enak dibanding di restoran. Tak percaya? Coba saja sendiri!


4. Gila belanja

Hampir setiap keluar dari penginapan, kamu akan membeli sesuatu. Ada yang untuk oleh-oleh, ada yang untuk dipakai sendiri. Tanpa sadar, tiba-tiba isi koper sudah membludak.


Ini salah satu cara paling mudah untuk menghabiskan uang. Daripada kebobolan kantong, ada baiknya untuk berpikir dua kali saat ingin membeli barang.


Selain itu, jangan langsung membeli barang yang dilihat di depan mata. Cari perbandingan lain, siapa tahu ada yang lebih murah.


5. Terlalu sering ambil uang di ATM

Yang satu ini antara sadar atau tak sadar. Mengambil uang di ATM bukanlah masalah asal di ATM yang sesuai dengan bank kamu. Nah, beda halnya lagi jika kamu mengambil ATM di bank lain.


Sudah tentu ada potongan yang harus dibayar. Jika di dalam negeri, potongannya tak lebih dari Rp 10 ribu. Tapi jika di luar negeri, potongannnya bisa sampai Rp 200 ribu sekali ambil uang.


Ambil uang jika sangat terpaksa boleh saja. Namun usahakan untuk mengambilnya dalam jumlah banyak sekaligus. Sehingga kamu hanya mengambil sekali saja, tidak perlu berkali-kali.


(CSR.id)

Berita Terkait
Menginap di Rumah Peternakan Brisbane
Menelusuri Indahnya di Balik Tangga Paling Terkenal Brasil
Berkeliling di Stasiun Modern nan Megah di Jepang
Utrecht, Si Kecil nan Cantik di Amsterdam
Busselton Jetty, Dermaga Kayu yang Panjang Banget

Please login for commentKomentar
Jaebum
Inti dari tips diatas adalah kita harus pintar pintar mengirit dan harus mau susah selama traveling
suiyong
harus diperhitung sebelum berangkat traveling jangan sampai terjadi lagi,cari tempat ginap yang murah sesuai dengan kontong.
Iyan
hmmm baru tau nihhh coba dehh dihindarin biar biaya traveling kita ga terlalu membengkak dan yang tidak perlu membeli yang tidak terlalu dibutuhkan.
Arief
yang namanya traveler sudah pasti akan membengkak terlepas dari biaya dari point diatas yaitu pernak pernik segala macam yang akan bertambah, oleh oleh untuk keluarga dirumah, belum lagi biaya2 yang lainnya yang tidak ada didalam perencanaan sebelumnya
justdoit
Yang pasti pas travel ga mungkin tdur di jln dan bawa makanan dari rumah
novel
Namanya jg berlibur pasti ada aj biaya yg terduganya...biarpun kita ud batasi tetap aj keliatan borosnya