Inilah Kangbashi, Kota Hantu Terbesar di China

Rabu, 11 Juli 2018 14:45


(ist)

108jakarta.com - China memiliki kota megah bernama Kangbashi yang dibangun di daerah Ordos. Namun walau lengkap dan modern, kota ini begitu sepi bak kota hantu..


Pada tahun 2003 silam, Pemerintah dan pengembang China melakukan pembangunan besar-besaran di Kangbashi yang berada di bagian Utara. Maksud dari pembangunannya adalah untuk menciptakan hunian modern baru untuk ditinggali masyarakat China.


Namun ternyata harapan Pemerintah China tidak berjalan sesuai harapan. Secara kapasitas, Kangbashi dapat menampung hingga jutaan orang. Tapi kenyataannya, baru ada 100.000 penduduk China yang pindah ke Kangbashi. Jumlahnya jauh dari yang diharapkan.


Padahal, Kangbashi sudah layak disebut disebut sebagai kota siap huni. Sejumlah gedung pencakar langit sudah berdiri tegak. Jalanan pun sudah ada dan sangat mulus. Fasilitas olahraga seperti stadion pun ada. Hanya orangnya sedikit dan nyaris tidak ada.


Fakta lainnya, biaya hidup di Kangbashi disebut cukup mahal dan membuat orang enggan pindah. Atas hal tersebut, tidak sedikit pihak yang menyebut Kangbashi sebagai bentuk kegagalan pembangunan hingga kota hantu terbesar di dunia. 


Di satu sisi, pembangunan yang begitu cepat juga mengorbankan kualitas. Desain dari sejumlah bangunan di Kangbashi cukup bagus, tapi kurang dalam implementasinya.


Hal itu pun dapat dibuktikan dari eksterior dan interior sejumlah bangunan yang tampak mulai retak hingga rusak. Mungkin hanya tinggal masalah waktu sebelum Kangbashi runtuh dimakan oleh waktu.


(ayb/int)


Berita Terkait
Diantara Kemegahan Istana Schloss Benrath
Indahnya Menyelam di Laut Merah
Meniti Sisa Bangunan Kota Tua Kaiserswerth
Deltapark Neeltje Jans
Yuk Ikut Tur Hantu di Beijing?

Please login for commentKomentar
Juragan
wah ada kota hantu ya di china.. yg jalan selalu lompat2
mustafa
ada kota hantu yang jadi pusat perhatian warga
Iyan
dengan biaya kehidupan yang amat sangat mahal tentu saja masyarakat jarang ada yang mau untuk tinggal disana.
sumaryani
mungkin saja biaya untuk tinggal di sana itu sangat besar jadi para warga jarang mau untuk pindah ke sana
justdoit
Ternyata di negara yg memiliki paling bnyak penduduknya ada juga tempat yang ga di huni
SAVAGE
Ini mah namanya bukan serem tapi eksotis