Beberapa Hal yang Perlu di Perhatikan saat Menikmati Onsen di Jepang

jumat, 06 Juli 2018 10:48


(ist)

108jakarta.com - Kalau kamu berencana untuk mengunjungi onsen (pemandian air panas) dalam liburan kamu ke Jepang, ada baiknya baca ini dulu. Karena menikmati pemandian air panas di Jepang ada tata caranya tersendiri dan tidak boleh sembarangan.


1. Lepaskan Sepatu
Ketika memasuki tempat kamu akan menikmati onsen, biasanya ada tempat untuk mengganti sepatu dengan sandal yang tersedia. Jangan lupa untuk selalu melepaskan sepatu dan mengganti dengan sandal yang disediakan ya. Ini adalah sebuah tata krama yang wajib dilakukan, agar kotoran dari luar yang menempel di alas kaki kamu tidak masuk ke area pemandian.


2. Lepaskan Seluruh Pakaian
Biasanya onsen memang hanya boleh digunakan telanjang (ada beberapa pengecualian). Jadi, setelah memasuki ruang ganti, minna-san perlu menanggalkan semua pakaian dan menaruhnya di keranjang atau locker yang disediakan. Yang boleh minna-san bawa memasuki pemandian hanya handuk kecil.


3. Mandi Dahulu Sebelum Berendam
Sebelum berendam di hangatnya air onsen, kamu harus membersihkan tubuh terlebih dahulu. Duduk di bangku kecil dan gunakan shower maupun baki yang tersedia untuk mandi, dan bilas agar tidak ada sabun yang tersisa sebelum berendam. Jangan berendam bila masih ada sisa sabun di tubuh, ya.


Berbeda tempat pemandiannya, mungkin ada perbedaan peraturan juga. Bila kamu mahir berbahasa Jepang, bisa membaca tulisan peraturan yang biasa ditempel sebelum masuk pemandian. Bila tidak, kamu bisa melihat orang Jepang asli yang berada di sana juga, dan meniru apa yang orang lain lakukan. 


Selamat menikmati pemandian onsen!


(ayb/int)


Berita Terkait
Menginap di Rumah Peternakan Brisbane
Menelusuri Indahnya di Balik Tangga Paling Terkenal Brasil
Berkeliling di Stasiun Modern nan Megah di Jepang
Utrecht, Si Kecil nan Cantik di Amsterdam
Busselton Jetty, Dermaga Kayu yang Panjang Banget

Please login for commentKomentar
sumaryani
warga jepang selalu menjaga kebersihan bahkan di tempat pemandian air panas
Iyan
bgtu tenagnya tempat itu, memberikan suasanan tenang dan nyaman untuk siapapun yang datang ke sana.
SAVAGE
Mungkin alasannya supaya tidak tercemar sama kotoran yang ada di badan kali yah!!
ticia
sungguh di jaga dengan bersih dan tidak main main kalau mau onsen di jepang
ice
smoga ada uang buat nyobain onsen lgs di jepang deh, manarik bgt baru baca artikelnya doang
justdoit
Kebiasaan org indoberendam masih pakai pakaian
novel
Kaga ad peraturan khusus emang ud kayak mandi dan berenang aj tp bedanya kalo yg ini harus telanjang ya
Samuel
banyak hal di Jepang yang patut dipelajari, terutama onsen ini yang harus diabadikan langsung dengan berfoto