Asyiknya Belajar Membatik di Okinawa

Senin, 09 Juli 2018 11:17


(ist)

108jakarta.com - Datanglah ke Okinawa jika Anda ingin menyelami budaya dan tradisi Jepang yang berbeda. Di prefektur paling selatan Jepang ini Anda akan menemukan beragam kejutan, termasuk salah satunya adalah kesenian bin-gata, karya seni tekstil tradisioanl yang mirip batik.


ya.. seni bin-gata ini merupakan kesenian asli Okinawa. Secara etimologi Bin berarti warna sedangkan Gata artinya motif.


Salah satu studio pembuatan seni Bin-gata ada di Okinawa World yang berlokasi di Kota Naha. Di dalam studio Bin-gata di Kingdom Village, Okinawa World, tiap orang bisa merasakan sensasi membuat dan mewarnai sendiri motif Bin-gata.


Studio Bin-gata sendiri dibuka bersamaan dengan jam buka Okinawa World, yaitu tiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 17 sore. 


Di studio ini juga Anda bisa menemukan beragam pernak-pernik yang berhubungan langsung dengan seni Bin-gata, mulai dari kimono Bin-gata, kaus bergambar seni Bin-gata, hingga kartu pos dan goodie bag. Harga yang ditawarkan pun bervariatif, mulai dari 100 Yen hingga 10.000 Yen.


Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk bisa menghasilkan satu gambar Bin-gata. Langkah pertama adalah dengan membuat motif menggunakan lilin dan dicetak ke berbagai media kain, termasuk salah satunya kain kanvas.


Di studio Bin-gata, wisatawan tidak perlu susah-susah membuat motif, pasalnya pihak pengelola studio telah menyiapkan kanvas yang sudah dicetak motif. 


Wisatawan hanya tinggal mewarnai sesuai dengan imajinasi keindahan di kepala masing-masing. Namun yang perlu diperhatikan, untuk mendapatkan hasil Bin-gata yang bagus, gradasi warna perlu diperhatikan.   


Setelah motif diberi warna, langkah selanjutnya adalah penjemuran. Setelah kering, kain yang sudah diberi warna dicuci menggunakan air hangat hingga bekas lilin menghilang. Setelah itu barulah Anda bisa menikmati keindahan gradasi warna yang telah Anda ciptakan sendiri. 


Bagi Anda yang ingin mencoba, segera kunjungi Okinawa World mulai pukul 09.00-17.00 saat melancong ke Okinawa, Jepang. 


Untuk tiket masuk Okinawa World lengkap dengan area Kingdom Village dan beberapa wahana lainnya sebesar 1.240 yen untuk dewasa dan 620 yen untuk anak-anak. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Menginap di Rumah Peternakan Brisbane
Menelusuri Indahnya di Balik Tangga Paling Terkenal Brasil
Berkeliling di Stasiun Modern nan Megah di Jepang
Utrecht, Si Kecil nan Cantik di Amsterdam
Busselton Jetty, Dermaga Kayu yang Panjang Banget

Please login for commentKomentar
Iyan
selain di indonesia ternyata ada negara yang mempunyai seni melukisa batik tapi tetap walaupun tidak kalah indahnya batik indonesia tetap di akui oleh dunia klo seninya memang paling indah.
Juragan
wah ada batik juga di jepang.. mau kesana untuk lihat lihat cara pembuatannya
Arief
wahh beli batik boleh juga nih buat tambahan koleksi
SAVAGE
Ternyata di jepang juga ada membatik juga yah kirain cuma di indonesia
justdoit
Keren batik nya
novel
Cara membantik dan corak nya kaga berbeda jauh dengan batik2 model tanah air ya...cm di sana lebih modern lagi