Yuk.. Rencanakan Liburan Lebaran dari Sekarang!

Kamis, 14 Juni 2018 10:10


(ist)

108Jakarta.com - Libur Lebaran 2018 lebih panjang dari sebelumnya. Sebab pemerintah memberikan cuti bersama dengan waktu lebih panjang. Tentunya, momen ini dimanfaatkan pecinta traveling untuk berjalan-jalan. Selain mudik ke kampung halaman, momen lebaran juga sering kali dimanfaatkan liburan ke luar negeri.


Salah satu destinasi utama bahkan favorite ke luar negeri seperti Singapura, Australia, Hong Kong, Thailand, dan Malaysia. Tapi, ada berbagai macam persiapan yang wajib dilakukan sebelum terbang ke negara lain. Apalagi bagi pelancong yang baru pertama kali liburan lebaran di luar negeri tentu masih membutuhkan panduan.


Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke luar negeri. Didukung pemberian cuti bersama yang diberikan pemerintah Indonesia serta libur sekolah bagi pelajar, maka libur Hari Raya Lebaran menjadi momen yang tepat untuk merayakan liburan


Jangan sampai ketika sudah di sana, justru kebingungan dan tersesat. Untuk memudahkan perjalanan perdana saat di luar negeri. Jadi ya dipersiapkan sebelum berangkat menuju destinasi wisata yang diinginkan, khususnya bila tujuannya berada di luar negeri.


1. Pilih tempat hiburan 
Banyak membaca informasi atau riset ke negara tujuan sebelum mendatangi destinasi wisata yang diinginkan. Sehingga bisa mengetahui apa saja spot-spot wisatanya. Apalagi tak semua orang di negara lain bisa berbahasa Inggris. Maka kita harus banyak tahu budaya lokal setempat. Ketika sudah memilih tempat liburan, buatlah daftar kegiatan apa yang ingin dilakukan.


2. Pilih durasi perjalanan
Semakin lama perjalanan maka akan semakin sedikit waktu yang tersisa di tempat liburan. Perjalanan singkat akan selalu memiliki harga lebih mahal. Karena itu saat sudah di negara lain, carilah tempat-tempat menarik, jelajahi berbagai sudut, agar perjalanan menjadi menyenangkan. Jangan hanya terpaku pada satu tempat wisata atau kuliner yang itu-itu saja karena tak berani mengeksplorasi.


3. Pilih paket perjalanan terjangkau
Cobalah mencari tahu biaya pasti dari beberapa paket perjalanan dan layanan utama ditempat tujuan. Setelah semuanya sesuai anggaran, pelancong bisa memprosesnya lebih lanjut. Jadi tetap kontrol dan kendalikan uang saat traveling. Jangan terlalu khilaf membelanjakan semua uang. Hitung semua biaya akomodasi dan tiket perjalanan.


4. Rencanakan akomodasi
Jika anda adalah tipe orang yang suka bersosialisasi, hostel adalah pilihan terbaik karena anda akan bertemu banyak wisatawan asing dan berbagi pengalaman denganmereka. Jika ingin merasakan budaya lokal, maka anda bisa memilih homestay.


5. Periksa visa dan paspor
Jika anda pergi ke negara yang memerlukan visa, periksalah lebih awal dan rencanakansesuai jadwal. Periksa juga paspor anda berlaku setidaknya enam bulan saat memasuki negara itu.


6. Obat-obatan
Banyak negara mengharuskan anda memiliki vaksin tertentu. Tetapi jika anda berpergian di Eropa, Amerika Utara, dan Australia, mungkin anda tidak memerlukan vaksin apapun.


7. Bicara dengan Penduduk Setempat
Berkenalan dengan penduduk setempat wajib dilakukan. Sebab dari mereka-lah kita banyak tahu seputar barang-barang khas, masakan tradisional, dan daerah wisata yang menarik. Jangan terlalu mandiri ketika di destinasi wisata. Talk to local itu penting. Karena mereka akan membantu kita dalam banyak hal.


8. Manfaatkan Teknologi
Kemajuan teknologi saat ini membuat traveller tak perlu takut lagi tersesat. Karena ada aplikasi dan Google Map yang bisa membantu kita kapanpun di manapun. Kita tak perlu lagi tourist guide, cukup smartphone dan Google Map menjadi panduan utama.


(CSR.id)

Berita Terkait
Town Hall Manchester Tetap Tampil Megah
Midelt Maroko Kota Pertanian dan Pertambangan
Melihat Kebesaran The Fraum√ľnster Church
Predigerkirche Sebuah Gereja di Kota Tua Zurich
Skoura Oase Subur Diantara Kegersangan Maroko

Please login for commentKomentar
Fajar
harus dari jauh jauh hari nih planingnya
Juragan
ayuuu pada mau kemana kita nih
Ris
kalau saya sih lebih suka memanfaatkan libur lebaran kumpul bareng keluarga
tikno
rencaniin doang mah ngga pasti.. yg pasti2 ajah lah
Jaebum
Yang pasti sih dari sekarang menabung untuk liburan karena ini yang paling penting
Haries
Harus di planing dong
ata
pengennya liburan yg sangat panjang dan jauh tapi gak bisa
Mama
Liburan lebaran enggak berasa belum kemana - mana apalagi wisata
Alfin
tips2 nya bagus banget buat kita yang mau liburan ketika lebaran. Jangan lupa yg paling penting selalu waspada dengan sekitar juga
rifki
wah berguna banget tips nya buat yang suka liburan nihhh
12