Warsawa, Benteng Batu Bata Merah yang Sudah Berusia 5 Abad

Senin, 25 Juni 2018 15:12


(ist)

108jakarta.com - Di Polandia terdapat benteng batu bata yang sangat cantik. Benteng ini telah berdiri sejak sekitar 500 tahun yang lalu.


Awalnya benteng ini dibangun untuk pertahanan kota. Namun, sekarang, benteng yang dibuat dari tumpukan batu bata tak berpoles ini telah menjadi objek wisata yang memukau.


Benteng tersebut terlihat mencolok di antara bangunan tua berbentuk kubikal gaya Rusia. Tentu saja, bangunan ini tidak lepas dari pandangan mata. Ini karena bentuk benteng melingkar gaya abad pertengahan. Klasik!


Rupanya benteng ini punya kisah menarik. Barbican ini merupakan bagian dari Zakroczymska Gate. Ada 2 gerbang lainnya, Gunpower Gate dan Gate Tower. Jika dilihat posisi ketiganya menjadi benteng kota di masa lampau.


Barbican dibangun oleh Giovanni Batista Vebetian di tahun 1548. Ketika diserang oleh Swedia pada 30 Juni 1858. Benteng ini menjadi pertahanan utama. Namun sayang, benteng ini sebagian hancur dan baru dibangun kembali pada abad 19.


Lebih parah lagi di masa perang Dunia II, Benteng Barbican ini nyaris hancur seluruhnya. Kemudian benteng ini dibangun kembali dengan merujuk pada bangunan abad ke- 17 agar tak kehilangan makna historisnya.


Batu batanya berasal dari Nysa dan Wrocław yang diambil dari bangunan bergaya Gothic yang rusak. Tak ada jejak lumut dan kotoran. Batu bata yang langsung disusun dengan tangan ini, terlihat sangat rapi di dinding benteng. Semuanya mulus seperti disusun dengan mesin.


Berjalan-jalan di kawasan ini, traveler bisa merasakan suasana abad pertengahan di Warsawa. Zakroczymska Gate juga jadi ikon sejarah Warsawa lho! Bila berkunjung jangan lupa berkeliling dan selfie di benteng batu bata cantik ini ya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Kota Koper Slovenia Dipenuhi Bangunan Tua
Menyusuri Kota Mostar Bosnia
Melihat Pinus Raksasa di Utah
Makkah Royal Clock Tower, Menara Jam Terbesar di Dunia
Spruce Meadows

Please login for commentKomentar
kiki
bahkan masih berdiri tegak walaupun sudah termakan usia
MITRA
benteng ini yak. kren banget
dheshe
bahkan lima abad pun masih tetap kokoh sekali
emma
bangunan 5 abad, tapi masih berdiri kokoh
ata
walau sdh 5 abad tp masih terlihat kokoh
adit
tua bgt yaa umurnya ini tempat
alya
bangunan yang bersejarah sekali harus terus dijaga agar tidak rusak
kopi
ini baru tempat bersejarah yang keren
suiyong
ini baru bersejarah benteng yang terbuat dari batu merah berumur 5 abad.
Tikno
Waow keren banget ni pasti kokoh banget ni
123