Tips Wisata Lebaran Hemat dan Ekonomis

Selasa, 19 Juni 2018 13:47


(ist)

108Jakarta.com - Mudik sudah menjadi hal yang tidak ingin dilewatkan ketika datangnya hari raya Idul Fitri bagi sebagian besar warga Indonesia. Tradisi ini selalu mewarnai perayaan Lebaran tiap tahunnya di mana para perantau berkesempatan untuk pulang ke kampung halaman untuk dapat berkumpul bersama keluarga besar.


Memang sebagian besar orang memanfaatkan momen Lebaran untuk mudik, namun ada juga yang tidak bisa meramaikan tradisi tersebut karena kekurangan dana atau beberapa hal tertentu. Terlebih, bagi yang sudah berkeluarga di tanah rantau, anak-anak Anda cenderung sedih karena tidak bisa mudik bertemu kakek dan nenek di kampung.


Walaupun tidak mudih lebaran, Anda bisa gantikan dengan rekreasi yang praktis dan ekonomis bersama keluaraga dan saudara. bagi Anda dan juga keluarga. Berikut beberapa rekreasi hemat pengganti mudik lebaran yang bisa dilakukan, dijamin liburan tetap mendapatkan keseruan.


1. Tur Ringan

Rutinitas yang dikerjakan setiap hari mungkin membuat Anda jarang bepergian bersama seluruh anggota keluarga. Oleh sebab itu, momen libur lebaran sangat cocok dimanfaatkan untuk melakukan tur-tur ringan bersama keluarga. Pasti banyak tempat yang sudah masuk ke dalam list rekreasi, tetapi belum sempat dikunjungi karena terbentur kesibukan.


Misalnya, di Jakarta saja banyak tempat yang bisa didatangi seperti Dunia Fantasi (DUFAN), Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional atau Monas, Kebun Binatang Ragunan, berbagai macam Museum, Kota Tua, hingga Pantai Ancol. Biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut pun tergolong murah, tidak membuat keuangan pasca lebaran terganggu.


2. Naik Bus Tingkat Jakarta City Tour

Bagi Anda yang tidak mudik dan menetap di Jakarta, maka cobalah mengisi liburan dengan naik bus tingkat Jakarta City Tour. Bus tingkat ini pertama kali dioperasikan pada Februari 2014 untuk rute tempat-tempat wisata di Jakarta. Mobil yang dikenal dengan nama "Mpok Siti" ini siap mengantar Anda ke tempat wisata seperti, Monas, Museum Gajah, Museum Bank  Indonesia dan lain sebagainya. 


Untuk menikmati bus tingkat ini tidak diperlukan biaya alias gratis. Anda dapat menjumpainya di halte-halte bus di Balai Kota, Bundaran Hotel Indonesia, Pasar Baru, Pecenongan, Masjid Istiqlal, Museum Nasional, Monumen Nasional (Monas), dan Sarinah.


3. Menikmati Sepinya Ibukota

Satu-satunya waktu di mana Jakarta tidak mengalami kemacetan adalah di saat hari raya Lebaran. Hal ini disebabkan oleh orang yang berdomisili di jakarta umumnya merupakan pendatang. Menjelang datangnya hari lebaran, banyak dari mereka yang meninggalkan ibukota untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing.


Tentunya momen langka seperti ini jangan dilewatkan, karena hal ini bisa dijadikan alternatif rekreasi untuk mengisi libur lebaran. Anda bisa leluasa untuk pergi menyusuri tempat-tempat menarik di Jakarta tanpa harus dihalangi macet. Mobilitaspun jadi semakin efektif dengan waktu tempuh yang semakin singkat, membuat ingin sekadar jalan-jalan mengelilingi kota.


Begitu juga dengan angkutan umum. Anda dapat menikmatinya dengan nyaman. Di hari-hari biasa yang membuat Anda berdesak-desakan, kali ini Anda bisa menaiki angkutan umum layaknya milik Anda sendiri.


(CSR.id)

Berita Terkait
Diantara Kemegahan Istana Schloss Benrath
Indahnya Menyelam di Laut Merah
Meniti Sisa Bangunan Kota Tua Kaiserswerth
Deltapark Neeltje Jans
Yuk Ikut Tur Hantu di Beijing?

Please login for commentKomentar
Iyan
nice, tahnks min unutk tips yang akan sangat berguna ini klo dipraktekin pasti liburan kita yang sederhana dan tidak memerlukan banyak budget akan terlaksana dengan baik.
Fajar
hemat hemat makanya uang di tabung biar bisa lebaran
adit
boleh nih di coba nih
lily
lebaran paling enak dirumah dan berkumpul bersama keluarga
pakaihatidong
lebaran itu akan lebih baik kumpul sama kleuarga,bukannya wisata..hehee
Ris
saran yang cukub baik untuk dicontoh
suiyong
memang sudah jadi tradisi mudik saat lebaran tiba,tapi tidak semua orang mudik juga ada sebagian juga tidak ikut mudik.
Akhsinhandsome
tips yang sangat bagus sekali buat yang suka liburan ketempat wisata supaya tidak mengeluarkan biaya yang sangat banyak
Jaebum
Cari tempat wisata yang tidak mengeluarkan biaya banyak seperti kebun binatang yang murah meriah
tikno
selain hemat juga menyehatkan
12