Nggak Cuma di Indonesia, 5 Makanan Khas Luar Negeri Ini Selalu Jadi Hidangan Saat Lebaran

Kamis, 14 Juni 2018 11:28


(ist)

108Jakarta.com - Nggak kerasa ya kalau Idul Fitri sebentar lagi tiba. Nah, saat-saat seperti ini biasanya sih kamu akan menyibukkan diri untuk membeli atau membuat kue-kue khas Lebaran seperti kastengel, nastar, atau sagu keju.


Camilan di atas memang wajib hukumnya ada di meja keluarga Indonesia saat momen spesial ini tiba. Ternyata, menyiapkan panganan khas Idul Fitri nggak cuma jadi tradisi masyarakat tanah air lho. Beberapa negara seperti Mesir, Maroko, Yordania, Myanmar, atau Irak juga punya kebiasaan unik ini.


Dirangkum dari berbagai sumber oleh 108jakarta, Kamis (14/06/2018) ini dia daftar kue lebaran di luar negeri yang rasanya nggak kalah enak dengan kue kering khas Indonesia.


1. Mesir

Seperti ada yang kurang bila kamu merayakan lebaran di Mesir tanpa menghadirkan kue kahk di meja. Kue berbentuk lingkaran ini punya rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Isian kurma atau walnut di dalamnya pun membuat camilan ini terasa semakin nikmat. Sama seperti di Indonesia, bila Idul Fitri menjelang biasanya para keluarga akan bergotong untuk membuatnya.  Biasanya, kue ini akan disajikan dengan menaburkan gula halus di atasnya agar rasa kahk akan semakin legit.


2. Irak

Kue lebaran di luar negeri selanjutnya adalah kleicha yang berasal dari Irak. Jika Idul Fitri tiba, hampir semua rumah di negara ini memiliki aroma khas dari kue tersebut. Kleicha dari yang memiliki tekstur renyah sekaligus lembut ini punya aroma rempah dan mawar yang kuat. Cita rasa manis yang ada di panganan ini tercipta dari buah kurma yang jadi isiannya.


3. Maroko

Berbeda dengan yang lain, kue lebaran di luar negeri yang satu ini rasanya cenderung gurih dan pedas. Kue yang bernama spicy fekkas ini berasal dari Maroko lho. Pangan tersebut dibuat dari tepung terigu, daging, rempah-rempah, daun peterseli, sayuran, dan keju.


4. Myanmar

Nah, kalau kue lebaran di luar negeri sebelumnya sebagian besar berasal dari wilayah Timur Tengah, yang satu ini masih berada di Asia Tenggara. Panganan khas Idul Fitri di Myanmar adalah Sa Nwin Ma Kin. Makanan ini adalah sejenis pudding yang berbahan semolina atau butiran gandum. Biasanya, Sa Nwin Ma Kin disajikan bersama Danbuk Htamin semacam nasi biryani dengan irisan mangga, daun mint dan cabe hijau.


5. Iran

Kue tradisional asal Iran yang biasa disajikan saat lebaran atau hari-hari besar lainnya adalah Qurabiya. Kue yang terbuat dari tepung almond, gula, putih telur, vanila, mentega, dan pistachio ini biasanya disajikan bersamaan dengan teh hangat. Kalau dilihat sekilas, wujud kue ini mirip dengan cookies khas Amerika ya!


(CSR.id)

Berita Terkait
Town Hall Manchester Tetap Tampil Megah
Midelt Maroko Kota Pertanian dan Pertambangan
Melihat Kebesaran The Fraumünster Church
Predigerkirche Sebuah Gereja di Kota Tua Zurich
Skoura Oase Subur Diantara Kegersangan Maroko

Please login for commentKomentar
Fajar
kue lebaran dimana mana sampe gak makan nasi gua
Juragan
pasti akan menjadi makanan khas buat kita semua
Ris
pastinya setiap negara memiliki makanan makanan yang khas
tikno
nastar memang sudah menduniai sampe keluar negri
Jaebum
Hampir semua negara islam punya makanan khas selama lebaran
Haries
Ternyata sama aja ya
ata
banyak macam kue yg ada di dunia ini saat lebaran tiba
sumaryani
di setiap negara punya makanan kas dan wajib ada di setiap lebaran
Mama
Masing - masing negara punya hidangan khas nya masing -masing dan tentu saja kue kue nya juga berbeda
Imam
Wadawwww....boleh dicoba dong sekali kali...enak enggak...
12