Mudik Jangan Jadi Alasan Buat Bolos Puasa

Rabu, 13 Juni 2018 11:28


(ist)

108Jakarta.com - Selain bagi orang sakit, ibu hamil dan menyusui, nyatanya kewajiban puasa juga diringankan bagi orang yang sedang melakukan perjalanan jauh saat puasa.


Kalaupun Anda memang berniat untuk tetap menjalankan ibadah puasa selama mudik atau melakukan perjalanan jauh, ada baiknya Anda membuat beberapa persiapan terlebih dahulu. Pasalnya berpuasa sambil bepergian jauh itu cukup menghabiskan energi. Lalu, apa yang harus dipersiapkan?


Berikut ini beberapa tips jika ingin melakukan perjalan jauh saat puasa. Misalnya jika Anda ingin mudik ke kampung halaman atau sekadar berlibur ke luar kota menggunakan mobil pribadi.


1. Rencanakan perjalanan

Sebisa mungkin hindari bepergian jauh tanpa perencanaan yang matang. Pastikan Anda sudah mengetahui dengan jelas lokasi mana saja yang akan Anda tuju, berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mencapainya, dan akses jalan yang akan lewati. Dengan begini Anda bisa meminimalisasi risiko terburuk yang bisa terjadi saat perjalanan.


2. Jaga stamina

Hal lain yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya Anda mulai mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Ingat, Anda sendiri yang mengetahui kondisi tubuh Anda.


Jadi jika ingin melakukan perjalanan jauh saat puasa, perhatikan kondisi tubuh Anda agar stamina tetap terjaga selama perjalanan. Saat sahur dan berbuka, konsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C dan zinc untuk memperkuat daya tahan tubuh supaya tak mudah lelah dan jatuh sakit. Jangan pula menyetir saat mengantuk.


3. Penuhi asupan nutrisi dan cairan

Sebelum keberangkatan, pastikan jika Anda sudah memenuhi asupan nutrisi dari makanan sehat yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka. Jangan lupa juga untuk mencukupi cairan, hal ini bertujuan untuk menjaga agar cairan dalam tubuh tetap terjaga. Selain air putih, jika memang memungkinkan Anda bisa mengonsumsi vitamin untuk membantu menjaga stamina Anda saat perjalanan jauh. Selain itu vitamin juga akan membuat tubuh Anda tetap segar selama perjalanan.


4. Lakukan perjalanan malam

Jika ingin tidak terlalu lelah dan tetap segar selama perjalanan, ada baiknya Anda mencoba untuk memulai perjalanan pada malam hari. Selain tidak terpapar sinar matahari yang bisa membuat cepat kekurangan cairan, di perjalanan malam tenaga yang Anda miliki masih banyak karena baru saja berbuka puasa.


Keuntungan lain jika melakukan perjalanan malam adalah saat haus atau lapar di perjalanan, Anda bisa dengan mudahnya minum dan makan. Dengan begitu, kadar gula darah Anda akan kembali normal sehingga Anda bisa lebih fokus di perjalanan. Hal ini tentu tidak bisa Anda lakukan jika melakukan perjalanan siang, kan?


(CSR.id)

Berita Terkait
Menikmati Dinginnya Salju
Fletcher Wildlife Garden Kanada
Pantai Indoor Buatan Jepang
Wajib Tahu: Begini Cara Menikmati Ramen untuk Turis Saat ke Jepang
Pantai Soge yang Memukau

Please login for commentKomentar
Fajar
yaa semua itu adalah cobaan dari Allah
Juragan
itu dia, mudik itu hanya sunnah.. puasa yang wajib
Ris
kalau udah niat dari hati pasti kuat kuat ajah
Jaebum
Niat puasa itu berasal dari hati masing masing seberapa kuat kita mau menjalaninya walaupun sedang mudik
Mama
Lagian mudik aja pakai bolos puasa ,nanti jadi beban hutang juga akhirnya ,selama kuat mah jalanin aja. cobaan memang akan datang dan berbeda setiap harinya jadi mudik bukan halangan dong harusnya
Alfin
haahha ini mah penyakit sih yah tapi yang penting niat dan kalo emang harus buka ya jangan lupa diganti.
rifki
berguna banget tips nya bhuat yang lagi mudik tapi gamau batal puasanya
Anjar
nah itu tuh, yang penting mah niat aja kalau lagi puasa.
Imam
Puasa yah tetap puasa... Mudik yah tetap mudik.. Tapi bukan berarti mudik untuk beralasan untuk bolos puasa.
Samuel
harus tetap puasa full sebulan sampai menuju kemenangan, karena disitulah iman seseorang teruji
12