Melihat Langsung Isi Rumah Bangsa Romawi Zaman Dulu

Rabu, 13 Juni 2018 11:08


(ist)

108jakarta.com - Romawi dikenal sebagai bangsa yang maju di masa silam. Rumah bangsa Romawi cukup canggih pada zamannya. Turis bisa lihat bekasnya saat traveling ke Malta.


Salah satu yang terkenal dari bangsa Romawi, selain strategi perangnya, adalah arsitektur. Tidak sedikit arsitektur Romawi berumur ribuan tahun masih berdiri sampai sekarang.


Bangsa Romawi melebarkan batas wilayahnya dengan menjajah wilayah lain. Salah satu pulau yang sempat dijajah Romawi dan bangsa Arab adalah negara yang sekarang disebut Malta.


Banyak arsitektur Romawi kuno yang bercampur dengan gaya Timur Tengah bisa ditemui di negara kepulauan ini. Namun ada satu arsitektur asli Romawi yang sekarang dilindungi sebagai warisan budaya dan dijadikan museum.


Arsitektur tersebut adalah Domus Romana yang terletak di kota antara perbatasan Kota Mdina dan Rabat. Ini merupakan rumah milik aristokrat Romawi yang dibangun pada abad kesatu.


Sebagian besar rumah ini sudah menjadi puing-puing, tapi ada beberapa bagian depan yang bisa diselamatkan dan dibantu melalui pemugaran oleh pemerintah setempat.


Beberapa tembok, lantai, dan tiang di bangunan ini masih Asli. Sisanya merupakan hasil pemugaran tanpa merusak nuansa asli rumah tersebut.


Beberapa teknologi yang sudah dimiliki bangsa Romawi di rumah ini adalah saluran air dan selokan. Rumah ini punya tempat penyimpanan air dalam jumlah besar yang bisa mengalirkan air ke berbagai ruangan.


Pada masanya dulu, orang harus membawa air dalam gentong untuk kebutuhan di satu ruangan. Sementara di rumah ini sudah diatur untuk mengalir sendiri, lengkap dengan saluran pembuangan airnya.


Selain itu, karya seni di lantainya juga tidak bisa dianggap remeh. Lukisan atau pola lantainya juga dibuat seperti timbul atau mirip seolah-olah 3 dimensi.


Pernak-pernik kebutuhan sehari-hari juga dipamerkan di museum ini, seperti tempat penyimpanan anggur, kotak perhiasan, alat makan, dan lain-lain. Teknologi ini sudah sangat maju pada masanya dulu.


Rumah ini tersembunyi di dalam tanah sampai ada penggalian oleh tim arkeologi pada 1881. Awalnya, para arkeolog ini menemukan sumur dengan mozaik khas Romawi, ternyata sumur tersebut bagian dari saluran air di rumah kuno.


Pencarian pun dilanjutkan dan para arkeolog menemukan lebih banyak benda kuno, seperti patung dan artefak. Situs bersejarah ini pun dijadikan museum dan dibuka untuk umum sejak 1882.


(ayb/int)


Berita Terkait
Fernando De Noronha
Peternakan Ostrich di Namibia
Mengulik 'Rumah The Flintstones' nan Unik
Asyiknya Menyusuri Tebing Geibikei Dengan Perahu
Botanical Garden Curibita

Please login for commentKomentar
sumaryani
peradaban orang romawi memang sudah maju dan canggih terlihat dari gaya bangunan dan tata ruang nya
Mama
rumah Romawi yang terkubur lama akhirnya bisa disaksikan sekarang dengan lengkap dan apik , wah luar biasa sekali
Alfin
masih bagus dan terawat dengan baik. Luar biasa yah bisa se awet itu.
rifki
wahhhh keren banget, jadi pengen liat secara langsung Isi Rumah Bangsa Romawi Zaman Dulu
Samuel
ternyata model pilar di eksterior nya banyak dicontoh oleh arsitek diseluruh dunia
Bayu
Wau keren bangunannya bisa dilist saat traveling ke Malta. Selain menjelajah ibu kota Valleta traveler bisa melihat bangunan romawi. Pengen lihat bangunannya seperti apa
SAVAGE
Kenapa sh kalo bangunan jaman dulu itu bisa awet banget yah ratusan tahun juga masih kuat banget.
justdoit
Struktur bagunan yg sangat bersejarah, kira kira zaman dlu tinggal di rumah kyak gtu enk ga ya?