Liburan ke Luar Negeri Tanpa Khawatir Roaming

Kamis, 28 Juni 2018 13:18


(ist)

108Jakarta.com - Smartphone menjadi benda penting yang tak boleh dilupakan saat traveling. Nah, ada 6 tips agar tidak pusing urusan roaming ponsel bila liburan ke luar negeri.


Tips ini layak diperhatikan agar traveler tidak merugi dengan urusan roaming kala bepergian ke luar negeri.


1. Matikan paket data

Pertama, pastikan traveler mematikan paket data yang digunakan sebelum berangkat. Seringkali traveler lupa dengan urusan satu ini karena keasyikan browsing atau bersosmed ria. Namun sudah banyak kasus yang menimpa traveler gara-gara lupa mematikan paket data.


Tagihan internet dijamin akan membengkak, atau pulsa tiba-tiba ludes padahal baru diisi. Hal ini bisa dihindari asal traveler disiplin dan jangan sampai lupa mematikan paket data di smartphone Anda.


2. Non aktifkan sim card

Cara jitu kedua yang bisa traveler coba adalah menonaktifkan sim card Anda. Kalau terlanjur lupa mematikan roaming, sim card memang seharusnya di nonaktifkan saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi.


Menonaktifkan sim card merupakan cara terbaik agar kasus roaming beda negara di ponsel Anda tidak terjadi. Sambil mencari cara agar tetap bisa online dan eksis saat liburan ke luar negeri.


3. Jika tetap online, bijak memilih paket data

Jika ingin tetap online, tanya saja ke operator selular yang sedang Anda pakai, bagaimana mekanisme paket datanya dan berapa harganya. Dengan mengetahui informasi ini, kasus roaming beda negara pasti bisa dihindari.


Beberapa operator seluler di Indonesia menyediakan layanan paket data ataupun telepon di luar negeri. Cari tahu infonya, agar tidak terkejut karena pasti harganya berbeda dengan harga biasa.


4. Pilih operator yang sama di negara tujuan

Trik selanjutnya, gunakanlah operator seluler dengan brand internasional yang juga ada di Indonesia dan ada juga di negara lain. Dengan memakai operator sejenis, otomatis kita tidak perlu repot berganti kartu sim.


Misalnya, brand operator seluler yang ada di Indonesia, dan ada juga di London. Selain itu, masih ada brand operator seluler lainnya yang bisa jadi pilihan, entah karena kerja sama jaringan dan sebagainya.


5. Beli kartu sim lokal

Cara selanjutnya yang paling praktis tentu saja membeli kartu sim lokal yang berlaku di negara tersebut. Cara ini diakui yang paling mudah, tetapi tentu saja harus sesuai dengan kemampuan smartphone yang digunakan, apakah mendukung jaringan 4G atau tidak.


Setelah membeli sim card lokal, traveler pun bisa online. Harganya bersaing pula, jadi bisa sedikit berhemat. Namun perhatikan pula masa berlaku sim card tersebut, sesuaikan dengan masa berkunjung Anda ke suatu negara, agar tidak merugi.


6. Cari WiFi gratis

Terakhir, tentu saja carilah spot WiFi gratis dimanapun dan kapanpun Anda bisa temukan. Biasanya di negara maju, Jepang atau Australia misalnya, punya banyak spot WiFi yang melimpah.


Biasanya jika sudah tersedia spot WiFi gratis, traveler akan dimanjakan karena pasti aksesnya akan jauh lebih cepat dengan yang ada di Indonesia. Selamat mencoba 6 tips ini!


(CSR.id)

Berita Terkait
Laguna Narta, Zvernec
Memahami The Lowry Manchester
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver

Please login for commentKomentar
Jaebum
Kalau tidak mau pusing ganti kartu nya saja
MITRA
udah di negeri luar wifi gratis banyak,, KATANYA
kiki
klo gak mau roaming ganti mke kartu negaranya aj
emma
yaah yang namanya ke luar negeri udah pasti kena roaming
Anjar
tuh uda ada caranya untuk bisa jalan jalan kelaur negeri tanpa ada roaming lagi
dheshe
yah ini harus sih memang harus engga cuma di luar negeri aja
ata
yg penting duit di tas gak abis2
kopi
benar benar tips yang sangat bermanfaat sekali
suiyong
kalau luar negeri memang roaming biasanya akan ada bonus tarif telepon.
adit
iyaa karena disana banyak wifinya
123