Jangan Asal Saat Makan Sushi, Ini Caranya Yang Benar

Sabtu, 16 Juni 2018 13:01


(ist)

108jakarta.com - Aturan dalam menyantap suatu makanan, seringnya tidak terlalu banyak dipedulikan. Tahunya langsung makan saja dan menikmatinya sampai habis. Padahal, ada beberapa aturan dalam menyantap suatu makanan yang sudah menjadi bagian dari makanan itu sendiri. Seperti misalnya ketika kamu menyantap Sushi. Siapa sangka jika ternyata ada tata cara makan sushi di negeri asalnya, lho!


Sushi menjadi satu di antara banyaknya makanan khas Jepang yang unik ya. Meski di Indonesia sudah banyak terdapat restoran Jepang yang menyediakan menu Sushi yang bermacam-macam, masih banyak yang belum begitu mengerti tentang bagaimana tata cara makan Sushi yang benar sesuai aturan dari negeri asalnya.


Dalam bahasan yang lebih spesifik tentang makanan, makanan bukan sekadar sesuatu yang bisa dimakan dan membuat perut kenyang. Makanan adalah seni yang memerlukan kreativitas dalam mengolah bahan mentah hingga menjadi sesuatu yang bisa dimakan, juga menarik dari segi penyajian. Begitupun dengan Sushi. Makanan khas suatu negara, pastinya menjadi bagian dari budaya sebuah negara itu sendiri. Karena itu, menyantap Sushi atau menyantap makanan khas negara lain sesungguhnya memiliki aturan.


Pertama, ketika memilih untuk menyantap Sushi di Sushi Bar, biasanya kamu akan langsung duduk berhadapan dengan Itamae atau chef pembuat Sushi. Jangan basa-basi dengan bertanya tentang kesegaran Sushi yang akan disajikan, karena hal tersebut tidak sopan ya.


Kedua, jika kesulitan menggunakan sumpit, kamu bisa menyantap Sushi menggunakan tangan, seperti yang dilakukan orang Jepang kebanyakan. Jika ingin menggunakan sumpit, dan kebetulan menyantapnya bersama teman, hindari mengadukan sumpit ketika saling berbagi makanan. Karena hal tersebut biasa dilakukan pada upacara pemakaman, sehingga dianggap sial.


Ketiga, gunakan Shoyu secukupnya. Bersama Sushi, kamu akan mendapat beberapa bumbu atau sajian pelengkap yang akan membuat Sushi semakin lezat. Kesalahan yang sering terjadi pada orang-orang di luar Jepang ketika menyantap Sushi adalah mencelupkan hampir seluruh bagian Sushi ke dalam mangkuk Shoyu. Padahal cukup cocolkan sedikit Sushi pada Shoyu, terutama pada sisi bagian ikan jika kamu menyantap Shusi jenis Nigiri. Jangan juga mencampurkan Shoyu dengan Wasabi, karena hal itu dapat membuat rasa saus menjadi tidak karuan.


Keempat, santap Sushi dalam satu kali suapan. Sushi memang dibuat untuk ukuran satu kali suapan. Jangan menggigitnya, karena nasi dan ikan akan menjadi berantakan.


Terakhir, sebelum meninggalkan Sushi Bar, jangan lupa ucapkan terima kasih pada Itamae, juga jangan lupa untuk menyisakan satu potongan Sushi di piring. Karena jika piring dalam keadaan bersih sama sekali, hal tersebut seolah-olah Itamae tidak menyajikan Sushi dalam jumlah yang cukup untuk para pelanggannya.


Nah, bagaimana? Sekarang kamu sudah lebih tahu cara menyantap Sushi dengan benar, kan? Selamat mencoba ya dan enjoy saja ketika menikmatinya!


(ayb/int)


Berita Terkait
Diantara Kemegahan Istana Schloss Benrath
Indahnya Menyelam di Laut Merah
Meniti Sisa Bangunan Kota Tua Kaiserswerth
Deltapark Neeltje Jans
Yuk Ikut Tur Hantu di Beijing?

Please login for commentKomentar
lily
rempong amat yh
karto
ternyata untuk menikmatinya juga ada triknya
tanto
berarti makan makanan itu juga ada caranya tersendiri
Fajar
oalah jadi seperti ituu harus tau sedikit lah setidaknya
lily
makan aja ada caranya yah
Ris
emang bedanya apa sih
tikno
emang harus ada caranya ya soal makan kirain tinggl di makan
Jaebum
Ternyata kalau makan sushi ada cara cara nya tidak bisa sembarangan saja
Arief
mau gimanapun cara makannya yang penting kenyang dan sopan ditempat umum
Haries
Kurang suka dengan sushi
123