Inilah Alasan Kenapa Kamu Tetap Harus Liburan Walau Tak Punya Uang

Rabu, 13 Juni 2018 13:25


(ist)

108Jakarta.com - Asal ada kemauan, pasti ada jalan. Jadi, jangan langsung menyerah dan tidak jadi liburan karena tak punya uang. Bisa kok!

Jangan jadikan uang sebagai patokan kebahagiaan liburan kamu. Karena kadang keindahan ada di tempat yang terduga.


1. Karena ada penginapan 'gratis'

Tak bisa dipungkiri, biaya penginapan cukup mencekik kantong, apalagi jika tak punya banyak dana. Asal bisa menyiasatinya, kamu bisa tetap liburan tanpa harus keluar banyak uang.


Salah satunya adalah memilih destinasi di mana ada teman atau keluarga yang tinggal di sana. Apalagi jika rumah mereka ada di tengah kota.


Kamu bisa mengajukan permohonan untuk menginap di rumah mereka selama liburan. Jangan asal menginap, tapi beri timbal balik seperti membawa oleh-oleh, membantu membereskan rumah dan memasak.


Selain bisa liburan, cara yang satu ini bisa membuat kamu membantu menjaga silaturahmi. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui!


2. Bahkan, transportasi juga bisa 'gratis'

Jangan patah arang jika bingung ingin menuju sebuah destinasi sedangkan uang terbatas. Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang ramah. Cobalah cara menumpang.


Menumpang atau hitchhiking, adalah salah satu metode yang sudah banyak dilakukan oleh traveler. Seringnya, mereka berdiri di tepi jalan untuk menunggu mobil atau kendaraan lain yang bisa ditumpangi. Banyak lho teman-teman pendaki gunung yang suka menumpang mobil angkutan sayur ke titik pendakian.


Setelah menemukan orang yang bersedia ditumpangi, tanyalah mereka akan mengarah ke mana. Eits, ada hal yang harus diperhatikan! Pastikan untuk menjaga keamanan selama menumpang.


Sebelum masuk ke dalam mobil atau kendaraan yang bersedia ditumpangi, perhatikan dahulu apakah cukup terpercaya atau tidak. Juga, pastikan untuk mengirim informasi mengenai orang dan kendaraan yang ditumpangi ke keluarga atau teman terdekat.


3. Malah bisa jadi sumber uang

Siapa bilang traveling hanya bisa menghabiskan uang? Karena pada kenyataannya, banyak traveler yang bisa menghasilkan uang dengan berjalan-jalan.


Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan traveling. Mulai dari travel blogger, sampai reviewer. Misal ingin memfokuskan diri di travel blogger, jadilah yang berguna.


Cantumkan informasi destinasi, cara ke sana, biaya yang dihabiskan, dan lainnya. Informasi penting seperti ini banyak dilirik lho!


Reviewer juga tak kalah seru. Misal datang ke penginapan, atau ke restoran tertentu, posting saja mengenai kesan pesan selama berada di sana. Jika menarik dan banyak orang suka dengan gaya review kamu, bisa jadi diendorse oleh penginapan atau tempat makan tertentu.


4. Setidaknya bisa lebih bahagia

Pilih mana, tidak bahagia dan tidak punya uang atau bahagia dan tidak punya uang? Jika memilih bahagia, cobalah traveling.


Kenapa? Karena dengan berjalan-jalan, kamu bisa bertemu banyak orang baru. Mendapat pengalaman yang belum tentu dirasakan jika hanya berdiam diri di rumah saja.


Semakin lama berjalan, semakin sadar bahwa hidup tidak sepenuhnya tentang uang saja. Banyak yang lebih berharga. Coba saja traveling dan temukan makna hidup lebih dalam dengan berjalan.


(CSR.id)

Berita Terkait
Menikmati Dinginnya Salju
Fletcher Wildlife Garden Kanada
Pantai Indoor Buatan Jepang
Wajib Tahu: Begini Cara Menikmati Ramen untuk Turis Saat ke Jepang
Pantai Soge yang Memukau

Please login for commentKomentar
Fajar
seengganya keliling pake motor dan modal bensin aja udah enak
mustafa
jika ada tempat untuk menginap di tempat kita kenal seperti teman atau saudara bisa menghemat pengeluaran kita
Juragan
jkalo ga ada uang dan sekarang ga ada waktu mau gimana lgi
Ris
memang liburan itu sangat dibutuhkan oleh kita
Jaebum
Walau serba "gratis" tetap saja tidak bisa maksimum liburannya kalau tidak ada uang
sumaryani
dari pada bingung mending ginap di rumah penduduk seperti homstay jadi lebih irit biaya
Mama
Bener tuh , kayaknya memang kita perlu traveling supaya awet muda dan bahagia
Alfin
hahaha harus belajar caranya backpacker atau setidaknya liburan ditempat yang dekat dari lokasi tempat tinggal. Bahagia itu sederhana.
rifki
setiap orang pasti butuh liburan untuk me refreshing tubuh dan pikiran
Anjar
seh ini keren banget karena ini perlu dikunjungi karena gratis tanpa biaya nya.
12