Uniknya Gurun Pasir ini, Ketika Diinjak Akan 'Bersiul'

Rabu, 16 Mei 2018 10:15


(ist)

108jakarta.com - China punya gurun pasir yang ajaib. Gurun ini bisa mengeluarkan suara seperti "bernyanyi" ketika traveler berjalan di atasnya. Benarkah?


Xiangshawan, begitulah nama gurun pasir ini di mata warga lokal. Gurun pasir ini juga terkenal dengan sebutan "Whistling Dune Bay" alias gurun pasir yang bisa "bersiul"


Lokasi gurun pasir ini ada di Dalad Banner, Inner Mongolia, China. Tepatnya di bagian timur Gurun Pasir Kubuqi. Gurun pasir ini diberi nama demikian karena menurut warga lokal gurun ini bisa "bersuara" saat traveler berjalan di atasnya.


Gurun ini akan mengeluarkan suara jika kamu menginjakkan kaki di atasnya. Jika tidak, maka gurun pasir ini akan diam. Mengapa bisa demikian?


Fenomena alam ini merupakan gesekan antar butiran pasir ditambah dengan tiupan angin yang akhirnya bisa menghasilkan bunyi. Tapi itu juga belum terbukti kebenarannya secara ilmiah.


Terlepas dari fenomena alam unik itu, Xiangshawan kini menjelma sebagai destinasi wisata yang sangat terkenal di mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Gurun pasir ini bahkan mendapat sertifikasi sebagai destinasi wisata Grade-AAAAA dari Badan Pariwisata Nasional China.


Di gurun pasir ini juga dibangun resort wisata terpadu, dimana traveler bisa mencoba aneka wahana permainan yang seru. Dari mulai naik unta, jeep, atv, flying fox, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya tentu saja dilakukan di atas gurun pasir.


Apakah kamu berniat mengunjungi uniknya gurun pasir Xiangshawan? Janganlupa ajak keluarga supaya liburan kamu makin berkesan.


(ayb/int)


Berita Terkait
Jalan-Jalan Sore Di sepanjang The Corniche Doha
Keajaiban Alam yang Memesona di Taroko National Park
Fenomena Masjid Spiral di  Kassem Darwish Fakhroo Islamic Centre 
Jalan-Jalan ke Taman Rekreasi Xinshe Castle
Aula Taipei Main Station, Tempat Nongkrong TKI di Taiwan

Please login for commentKomentar
adit
masa sih, penasaran banget jdnya
ticia
Suatu fenomena alam yang sulit untuk di mengerti oleh nalar, tapi itulah keindahan dunia ini
kopi
wah kalau diinjak rame rame jadi berisik dong
Akhsinhandsome
ternyata digurun pasir bisa bersiul juga sama dengan manusia bisa bersiul juga
pakaihatidong
aneh sih ,tetapi jauh disana lokasinya china,ada tidak ya di indonesia.hehehe.
sumaryani
baru dengar gurun pasir bisa bersiul aneh sekaligus unik
justdoit
Bukan hanya manusia aja yang bisa bersiul, gurun pun bisa, haha
Bayu
Wau unik juga tuh bisa dicoba pas traveling ke Tiongkok. Berada di gurun Xiangshawan yg luas. Sungguh gurun yg unik peneg coba siapa tau pasirnya bisa siul yg keras
SAVAGE
Mungkin ini pasir kesakitan kali yah kalo di injak bersiul.
Mama
Unik banget kalau anak - anak pasti suka banget nih kesini , ajaib sekali soalnya
12