Terpaku dengan Keriuhan Pasar Keju di Edam Belanda

jumat, 04 Mei 2018 16:32


(ist)

108jakarta.com - Pada Abad Pertengahan, pasar keju di Edam merupakan pusat kegiatan masyarakat, dimana para petani membawa keju hasil buatan mereka untuk ditimbang, dijual dan kemudian diekspor ke seluruh dunia.


 Pada tahun 1520, Edam mendapatkan wewenang untuk menyelenggarakan pasar keju ini, dan lima puluh tahun kemudian, wewenang  gedung timbang  diberikan untuk selamanya. 


Namun pada tahun 1922, ketika keju mulai diproduksi di pabrik-pabrik, pasar keju ini ditutup. Saat ini, Edam telah mengembalikan pasar keju ini seperti keadaannya semula, dan disini diselenggarakan peragaan perdagangan keju di masa lalu, pada setiap hari Rabu.


Para petani membawa kejunya dengan menggunakan kereta kuda atau perahu, seperti pada Zaman Renaissance. 


Setiba di sana, keju diturunkan oleh tim khusus pengangkut keju, dan kemudian para pedagang mengambil sampel keju untuk menguji kualitas keju dan kemudian menentukan harga keju tersebut. 


Jika harga telah disetujui, para pengangkut keju akan mengangkut keju dengan menggunakan tandu, untuk ditimbang di gedung timbang. 


Pasar keju ini diselenggarakan setiap tahunnya (bulan Juli dan Agustus) mulai pukul 10.30 pagi sampai pukul 12.30 siang, dan pasar malam pada setiap hari Sabtu mulai pukul 8.30 sampai 10.30, yang juga menampilkan sebuah pasar lelang besar.


Edam berjarak hanya setengah jam dari Amsterdam, dan Anda bisa menuju Edam dengan menumpang bis. Seperti banyak kota lain di Belanda, cara terbaik berkeliling kota ini adalah dengan menggunakan sepeda. (suh)


Berita Terkait
Melangkah di Sudut Kota Tirana
Bertemu Para Wanita Kuat dari Nepal
Kafe Serba Terbalik Jadi Daya Tarik Wisatawan di Jerman
Traveling ke London Wajib Berkunjung ke Kastil Windsor
Menengok Kota 'Janda' di India

Please login for commentKomentar
dheshe
belanda memang negara penghasil keju yang sangat besar
Anjar
kalau kesini jangan lupa untuk membeli keju yang banyak agar kita bisa membelikan oleh oleh kepada orang orang rumah.
mustafa
pasar keju di belanda sangat terkenal, dan menjadi pusat bagi para pelancong
lily
kayaknya di kota belanda banyak terdapat keju enak banget
StelKendo
Di negara negara lain kalau ada pasar pasti ramai karena menjual bahan bahan makanan ataupun kerajinan, tapi beda dengan belanda yang justrul pasar keju menjadi daya tarik tersendiri.
Alfin
Bagi penggemar keju seperti saya ini, pasti ingin sekali berkunjung ke tujuan wisata yang seperti ini biar dapat merasakan keju yang langsung dibeli dari petaninya.
Ris
kalau masalah keju mah udah pasti negara belanda
tikno
pasti lebih enak ni kejunya
Mama
Memang kalau eropa selalu ada produsen keju , Kalau di Belanda ini katanya kejunya keras dan lebih padat
sumaryani
pasar yang sangat menarik yang jual aneka macam keju yang jelas rasanya enak
12