Menyusuri Gereja Unik di Italia

Kamis, 17 Mei 2018 10:03


(ist)

108jakarta.com - Biasanya gereja di Eropa dikenal megah, namun lain halnya dengan Cattedrale Vegetale di Bergamo, Italia. Gereja tersebut tidak terbuat dari marmer, melainkan dari batang pohon hidup yang terus tumbuh. Seperti apa?


Cattedrale Vegetale di Italia mungkin bisa disebut sebagai salah satu gereja yang paling membumi dan unik. Gereja tersebut memang terbuat dari batang pohon hidup yang ditata sedemikian rupa.


Gereja unik tersebut merupakan karya dari seniman kenamaan Italia yang bernama Giuliano Mauri. Kecintaannya pada bahan organik seperti batang pohon, menginspirasinya untuk menciptakan gereja tersebut.


Dalam prosesnya, Giuliano memilih kaki Gunung Arera sebagai lokasi berdirinya gereja. Fondasinya pun terdiri dari 42 pilar yang terbuat dari 600 batang pohon kastanye dan 1.800 batang pohon hazel yang membentuk lekukan gereja.


Tidak hanya itu, di setiap pilarnya pun ditanami pohon untuk semakin memperkuat fondasi gereja. Dalam rentang waktu tahunan, diperkirakan pohon itu akan tumbuh dan menjadi tembok dan atap gereja.


Giuliano yang memulai pembangunannya pada tahun 2001, menyelesaikan rangka dasarnya pada tahun 2010 sebagai bagian dari program 'Tahun Internasional Lingkungan PBB.' Untuk sekarang, gereja itu memang masih belum tumbuh secara sempurna.


Selain Cattedrale Vegetale, Giuliano juga telah membuat struktur serupa di Valsugana, Italia, pada tahun 2002. Namun walau belum selesai tumbuh, Cattedrale Vegetale dapat menjadi salah satu tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi di Italia.


(ayb/int)


Berita Terkait
Cari Makanan Halal di Bangkok, Ternyata Tidak Susah
Museum Arkeologi Kuwait
Pantai Sharm el-Sheikh Sinai Selatan
Wisata Medis ke Korea Selatan
Alexandria Timur Tengah yang Moderen

Please login for commentKomentar
Akhsinhandsome
unik sekali bangunan gerejanya karena bangunannya berasal dari batang pohon yang tumbuh sendiri
Haries
Yang unik unik itu selalu di cari kok
pakaihatidong
unik dan lain dari yang lain sungguh memberikan kesederhanaan yang ada saat beribadah.
alya
bisa dicoba nih untuk berkunjung kesana pasti seru sekali untuk menambah pengetahuan
lily
lama sekali ya semoga bisa segera diselesaikan
bengbeng
Agak aneh juga sih dengernya di mana mana yang namanya gereja itu bentuknya rumah ibadah lah ini malah kaya di kebon
Marsim
Sangat unik dan mecermikan bahwa pembuatnya sangat mencintai alam bebas....
Bayu
Wau unik juga ya ada gereja yg terbuat dari pohon. Wah bisa dicoba pas traveling ke Italia. Penegen kesana lihat langsung gerejanya
justdoit
Itu beneran gereja?
sumaryani
bagunan gereja yang membumi karena terbuat dari batang batang pohon
12