Menikmati Hidangan ala Kaisar Tiongkok di Beijing

Selasa, 15 Mei 2018 10:16


(ist)

108jakarta.com - Meski sudah tidak ada lagi kaisar Tiongkok, namun tradisi terkait kekaisaran masih melekat hingga sekarang. Salah satunya adalah hidangan makan malam ala Kaisar Tiongkok yang bisa turis cicipi di Bai Jia Da Yuan, Beijing.


Tiongkok tak punya kaisar lagi. Kaisar terakhirnya, Puyi sudah digulingkan pada 1912 saat Revolusi Xinhai. Kendati demikian, bukan berarti budaya khas kekaisaran Tiongkok hilang begitu saja.


Tidak hanya bangunan seperti Forbidden City (Kota Terlarang) dan Emperor's Summer Palace (Istana Musim Panas Kaisar) saja yang dilestarikan. Tapi juga hidangan ala kalangan ningrat yang masih bertahan sampai sekarang.


Salah satu restoran terkenal di Beijing menghidangkan masakan ala kekaisaran. Nama restorannya Bai Jia Da Yuan alias Rumah Keluarga Bai. Restoran ini sebelumnya milik salah satu orang penting di pemerintahan Kaisar Dinasti Qing.


Tak lama setelah Tiongkok menjadi republik, rumah keluarga ini akhirnya diubah menjadi restoran yang menyajikan menu-menu khas kalangan ningrat.


Interior dalam restoran ini dipertahankan seperti pada zaman Dinasti Qing. Para tamu restoran akan dijemput oleh para pelayan wanita atau pria yang berpakaian Tiongkok kuno dari pintu masuk sampai ke meja makan.


Pada malam hari, para pelayan ini akan membawa lentera sebagai penerangan karena untuk sampai dari pintu depan sampai ruang makan cukup jauh. Kita harus melewati taman yang cukup luas.


Saking terkenalnya restoran ini, untuk bisa reservasi saja harus dari jauh-jauh hari. Bahkan jika sedang musim liburan, Anda bisa menunggu sampai dua minggu untuk dapat tempat.


Makanan di sini dihidangkan secara berurutan, mulai dari pembuka, makanan utama, hingga penutup. Banyak menu yang tersedia, mulai dari bebek peking sampai sop ikan.


Ada juga aneka manisan tempo dulu yang dihidangkan dalam satu piring besar yang bisa dinikmati sebelum atau sesudah makan.


Restoran ini terletak di Jalan Suzhou, Distrik Haidian, Beijing. Banyak cara mencapai restoran ini, memakai bus 386, 725, atau 944 yang menuju Haidian South Road. Kalau memakai subway ambil Jalur 10 dan turun di Stasiun Suzhou.


(ayb/int)


Berita Terkait
Cari Makanan Halal di Bangkok, Ternyata Tidak Susah
Museum Arkeologi Kuwait
Pantai Sharm el-Sheikh Sinai Selatan
Wisata Medis ke Korea Selatan
Alexandria Timur Tengah yang Moderen

Please login for commentKomentar
pakaihatidong
waduh..ini sih suatu pengalaman yang cukup terkesan dengan hidangan para kaisar dapat di nikmati secara umum.
justdoit
Boleh nih buat yang mw jadi kaisar. Hehe
Bayu
Wah bisa dicoba saat traveling ke Tiongkok. Selain melihat tembok raksasa traveler bisa mencoba menikmati hidangan ala kaisar. Sungguh tardisi yg perlu dijaga
Alfin
enak dong bisa mencicipi masakan kerajaan