Empat Taktik Jitu Hadapi Teman yang Selalu Minta Oleh-Oleh, Manjur Nggak?

Kamis, 17 Mei 2018 11:47


(ist)

108Jakarta.com - Jika teman atau keluarga tahu rencana kita liburan, tak jarang mereka minta oleh-oleh. Anda pasti merasa tak enak jika menolak bukan? Nah, berikut ini ada beberapa tipsnya untuk kamu.


Membawa oleh-oleh dalam jumlah banyak seringkali menyusahkan. Namun Anda tak harus menolak jika memang tidak enak.


1. "Yang kecil saja ya."

Misal teman Anda minta kain ulos dari Medan, atau tenun dari Flores. Pastinya satu kain akan menghabiskan banyak tempat bukan? Jalan keluarnya, coba tanya, apakah dia keberatan Anda membelikan kain yang kecil saja?


Hal itu juga berlaku untuk barang-barang lainnya. Barang yang dia inginkan, dengan ukuran kecil adalah jalan keluar yang baik untuk kedua belah pihak.


2. Sesuaikan oleh-oleh dengan tempat yang kita kunjungi

Misal Anda akan traveling ke Yogyakarta. Seorang teman meminta oleh-oleh berupa baju batik. Namun Anda tak akan pergi ke Pasar Beringharjo atau sentra batik, melainkan ke Kota Gede yang merupakan pusat pembuatan perak.


Jelaskanlah kepada teman kalau Anda tak akan mendatangi sentra batik. Sebagai opsi, teman Anda bisa menitipkan bros atau aksesori perak. Tinggal sempatkan mencari jenis dan bentuk yang dia inginkan.


3. "Duh, cuma bawa carrier tanpa bagasi."

Nah, ini dia permasalahan para backpacker. Pasti tak sedikit teman yang menitipkan oleh-oleh, padahal uang Anda juga pas-pasan. Bagaimana cara menyiasatinya?


"Duh, cuma bawa carrier tanpa bagasi," kalimat ini secara halus menunjukkan bahwa Anda tidak bisa membawa barang selain milik sendiri. Opsi lain:


"Boleh, tapi uangku pas-pasan. Mau titip?"


Kalimat tersebut berarti Anda bisa memasukkan oleh-oleh namun minta uang penggantinya langsung dari teman Anda.


4. Pakai jasa pengiriman barang

Nah, ini opsi terakhir jika Anda mengiyakan permintaan semua teman kemudian barang bawaan pun melimpah. Pakailah jasa pengiriman barang. Beberapa pusat oleh-oleh, menyediakan langsung konter jasa pengiriman barang.


Jika berada di luar negeri, jangan lupa cari informasi terlebih dulu jasa pengiriman mana yang bisa dipercaya. Anda juga bisa bertanya kepada orang lokal, misal petugas hotel atau restoran.


(CSR.id)

Berita Terkait
Melangkah di Sudut Kota Tirana
Bertemu Para Wanita Kuat dari Nepal
Kafe Serba Terbalik Jadi Daya Tarik Wisatawan di Jerman
Traveling ke London Wajib Berkunjung ke Kastil Windsor
Menengok Kota 'Janda' di India

Please login for commentKomentar
ticia
Sebuah trik yang bisa akan memberikan dampak menyinggung kepada teman anda, tapi kalau tidak begini, gimana mau mikir
adit
boleh juga nih tipsnya haha
Akhsinhandsome
bagus juga tuh trik diatas,harus dicoba nih siapa tau berhasil
Haries
kaya gini mah tinggal siasat kita bagaimana
pakaihatidong
wajar lah untuk teman yang minta oleh",tetapi untuk untuk nominalnya itu di sesuaikan dengan bagdet yang ada.
CaffeLatte
sebenernya wajar aja sih kalau namanya temen minta oleh oleh
alya
benar tuh rata rata teman pasti minta oleh oleh terus saat kita berpergian
suiyong
sudah gak aneh nama nya juga teman pasti mintain beliin oleh-oleh atau makanan yang lain.
lily
trik yang sangat bagus semoga bisa berhasil
bengbeng
Kalau gw sih punya cara tersendiri kalau memang engga bisa membelikan oleh2 dengan alasan tertentu,paling gw plesetin aja tapi kalau kita bisa membelikan tidak ada salahnya jg
12