Baby Island, Pulau yang Hanya Muncul 2 Jam Sehari

Kamis, 17 Mei 2018 14:03


(ist)

108jakarta.com - Sudah pernah dengar Baby Island? Pulau pasang surut ini jadi daya tarik baru di Pulau Banyak, Aceh. Pulau ini hanya muncul 2 jam sehari dan penuh burung camar.


Melancong ke Aceh Singkil, ada satu destinasi yang harus traveler kunjungi yaitu Baby Island. Pulau kecil ini hanya muncul siang hari dan menjadi tempat berkumpul ribuan burung camar.


Pulau berukuran 4x5 meter ini terletak di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil Singkil. Letak kabupaten ini memang tergolong jauh dari Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh. Traveler yang ingin ke Kabupaten Aceh Singkil dari Banda Aceh butuh waktu sekitar 13 jam dengan menggunakan jalur darat.


Dari ibu kota Aceh Singkil ke Pulau Banyak, traveler harus menyeberang dengan feri dan waktu berlayar sekitar 2 jam. Sementara jika berangkat dari Medan Sumatera Utara, jarak tempuh sekitar 8 jam hingga ke ibukota Aceh Singkil. Traveler yang berangkat dari Medan juga dapat memilih terbang dengan pesawat ke kabupaten ini.


Tiba di Pulau Banyak, kamu akan disambut dengan ragam lokasi wisata. Pemandangan di pulau ini juga tak kalah indah dengan destinasi di tempat lain yang sudah duluan tersohor.


Salah satu lokasi wisata yang menarik perhatian baru-baru ini yaitu Baby Island, pulau yang muncul hanya sekitar 2 jam dalam sehari. Pulau ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan ferry atau boat dari Kecamatan Pulau Banyak.


Keberadaan Baby Island tergolong unik. Sebelum tsunami memporak-porandakan Aceh 26 Desember 2004 silam, pulau ini ditumbuhi pohon kelapa. Namun setelah bencana dahsyat itu terjadi, pulau ini hilang tenggelam akibat penurunan daratan.


Keberadaan Baby Island kembali diketahui pada 2014 silam. Kemunculan pulau mungil ini hanya dapat dilihat kala air laut surut. Bentuk yang nampak ke permukaan yaitu pasir putih halus khas kepulauan banyak.


Begitu pulau ini kelihatan pada siang hari, ribuan burung camar yang berada di tengah laut mendekat dan singgah ke sana. Keberadaan burung-burung yang bermain di sana menjadi salah satu pemandangan yang siap memanjakan mata. Traveler pun dapat menjepret pemandangan ini sesuka hati.


Tak hanya itu, traveler yang berkunjung ke sana juga dapat melakukan snorkeling di pinggir Baby Island. Selain itu, pelancong juga dapat melihat detik-detik pulau kembali tenggelam saat air pasang. Tak jauh dari si pulau bayi, juga terdapat sejumlah pulau lain seperti Pulau Palambak, Pulau Rangik dan Pulau Panjang.


(ayb/int)


Berita Terkait
Cari Makanan Halal di Bangkok, Ternyata Tidak Susah
Museum Arkeologi Kuwait
Pantai Sharm el-Sheikh Sinai Selatan
Wisata Medis ke Korea Selatan
Alexandria Timur Tengah yang Moderen

Please login for commentKomentar
Akhsinhandsome
unik sekali tempatnya cuma hanya 2 jam sehari munculnya pulaunya,kira" keindahannya seperti apa pulau itu
Haries
ada ya begitu, saya pikir itu hanya di cerita film doang
pakaihatidong
ini sih merupakan laut penuh sensasi yang banyak ingin din ketahui oleh banyak orang.
CaffeLatte
alhamdulilah kemarin onsite ke daerah aceh sudah liat pulau ini dalam 2 hari. cukup unik sih
alya
pulau yang tidak bisa di kunjungi para wisatawan karna pulau ini hanya muncul sebentar
suiyong
berarti burung camar nya gak lama-lama dipantai cuma 2 jam sudah terbang lagi.
lily
sangat unik sekali pulau yang akan muncul jika air laut surut dan hanya selama 2 jam saja luar biasa
Tikno
Sayang sekali ya tempatnya bagus tapi sayang ter batas waktunya
Imam
Yang mau kesini jangan lupa mesti difoto dulu...
bengbeng
Keren juga yah jadi kalau mau melihat pulau ini hanya dalam waktu tertentu saja setelah itu akan hilang lagi
12