Wat Rong Khun, Kuil Kontemporer yang Unik di Thailand

Rabu, 11 April 2018 9:50


(ist)

108jakarta.com - Wisata di Thailand tidak hanya melulu berpusat di Kota Bangkok yang sibuk. Kali ini, 108jakarta akan mengajak Anda menyusuri sisi lain Negeri Gajah Putih yang menyuguhkan ritme kehidupan yang santai khas pedesaan. Chiang Rai akan membuat Anda seolah bergeming di tengah derasnya arus waktu.


Wisatawan yang tengah berada di Chiang Rai saat menikmati liburan di Thailand hampir pasti tidak akan melewatkan kesempatan berkunjung ke Kuil Putih yang menjadi objek wisata andalan di Chiang Rai.


Salah satu pemandangan yang indah di sana adalah kuil berwarna putih yang  sangat cantik. Itulah Wat Rong Khun yang sering juga disebut Kuil Putih atau White Temple. Kuil ini sudah menjadi ikon wisata Thailand utara dan menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi.


Wat Rong Khun berlokasi sekitar 13 kilometer di sebelah selatan kota Chiang Rai, Thailand utara. Letaknya cukup strategis, berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Chiang Rai dengan Chiang Mai. Banyak agen perjalanan yang menawarkan kunjungan ke sana, tetapi turis juga bisa mengunjunginya secara mandiri menggunakan kendaraan umum dari Chiang Rai atau Chiang Mai.


Wat Rong Khun berbeda dengan kuil-kuil yang biasa ditemukan di Thailand. Jika menyukai hal-hal yang berbau budaya dan sejarah, kuil ini wajib dikunjungi. Kuil Putih adalah kuil Buddha yang kontemporer. Ia  dirancang pelukis kelahiran Chiang Rai, Chalermchai Kositpipat. Sebagai bukti rasa cintanya kepada Sang Buddha, Chalermchai tak hanya bertanggung jawab dalam hal desain dan bangunan Kuil Putih, tapi juga menyumbangkan sebagian besar dana untuk pembangunan proyek ini.


Wat Rong Khun memiliki keindahan yang bikin takjub. Kuil berwarna putih dengan latar belakang langit biru membuat bangunan itu seakan mengambang laksana awan. Sungguh indah dan sejuk dipandang.


Yang menakjubkan dari kuil ini adalah konstruksinya, dibangun dalam warna serba putih dan disempurnakan dengan detail mozaik kaca yang memantulkan cahaya matahari sehingga memberi efek kilauan berlian.  


Bangunan kuil yang dicat serba putih sudah menunjukkan kalau ini bukan kuil biasa. Kuil-kuil di Thailand umumnya berwarna emas yang melambangkan kemurnian dan kemakmuran. Tapi Kositpipat menabrak pakem ini, bahkan dengan berani dia menggunakan warna putih yang dalam kultur Asia dianggap simbol duka cita.


Kuil ini dengan berani menggunakan warna putih yang dalam kultur Asia dianggap simbol duka cita.  


Menurut pandangan Kositpipat, warna emas hanya cocok untuk orang yang takluk dengan godaan setan. Sebaliknya, warna putih disebutnya melambangkan kedamaian dan kemurnian Buddha. Kositpipat juga menggunakan kepingan-kepingan kaca sebagai dekorasi bangunan. Ornamen ini membuat Wat Rong Khon bersinar saat diterpa matahari, seperti kebijaksanaan Buddha yang menyinari semesta.


Keganjilan Wat Rong Khun juga terlihat dari patung-patung aneh yang menghiasi bangunan utama. Misalnya di bagian depan kuil, bisa ditemukan ratusan patung tangan menjulur yang beberapa diantaranya digambarkan memegang tengkorak dan periuk sedekah. Konon, patung-patung tangan ini melambangkan orang-orang yang berusaha lari dari neraka.


Di bagian depan kuil, bisa ditemukan ratusan patung tangan menjulur. 


Untuk menuju bangunan utama (Ubosot), pengunjung diharuskan meniti sebuah jembatan. Uniknya, ada ratusan tangan yang seolah-olah ingin menggapai Anda saat melewatinya. Untuk menghindari tangan-tangan itu, Anda disarankan untuk sedikit berlari. Pengalaman tersebut menggambarkan kebahagiaan yang akan didapatkan manusia setelah melepas keinginan duniawi, seperti nafsu dan ketamakan.


(ayb/int)


Berita Terkait
Melihat Legenda Sepakbola di Johan Cruijff Arena
Wajah Baru Suzuki Ertiga!
Targetkan 8000 Unit Hingga Akhir Tahun, Glory 580 Siap Jadi Rebutan
All Nippon Airways (ANA) dan HSBC Indonesia Hadirkan “HSBC – ANA Travel Fair
Motor Keluarga Presiden Ada di IIMS 2018?

Please login for commentKomentar
Ris
banguna yang sangat indah, didukug dengan ukiran yang sangat indah
Dangdut
situs poker domino online SITE: DANGDUTQQ.ORG terbuka untuk umum minimal deposit 10ribu saja.PROMO BONUS ROLLINGAN 0.3% % BONUS REFERAL 20%.BURUAN JOIN SEKARANG JUGA!! BANDARQ, SAKONG ONLINE SETIAP HARI Dibagikan!!! DANGDUTQQ merupakan Situs Resmi, bukan Agent Keistimewaan dan perbedaannya: 1. Server dilindungi Detector Anti Bot 2. Keamanan Data Akun, DEPO , WD dan Kredit Kemenangan Anda 3. Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!! 4. Bekerja sama dengan 5 Bank Lokal dan semua bank Daerah. 5. Minimal DEPOSIT hanya Rp. 10.000,- 7. Bonus Di bagikan Setiap Hari Selasa Dan Juma'at !! 8. Bonus TURNOVER hingga 0.3% Bersih Tanpa Syarat 9. Bonus REFFERAL 20% Seumur Hidup Server Anti Bot Dan Hacker terdapat 7 Permainan Dalam 1 UserID POKER - Bandar POKER - DOMINO 99 - Adu Q - Bandar Q - CAPSA SUSUN - SAKONG Dan Daftar Bisa Kunjungi: https://goo(.)gl/Amtoud Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi customer kami 24 Jam : - Livechat - BBM : D8CAE752 - Wechat : dangdutqq - Line : dangdutqq - Whatsapp : +85569967665 - Instagram : Dangdutratu - Twitter : @dangdutqiuqiu - Facebook : @dangdutqiuqiu
suiyong
bagus sekali pemandangan khun kuil yang terdapat kota thailand.
Iyan
thailand memang sangat kental dengan destinasi wisata keagamaan banyak kuil-kuil mewah nan unik yang ada disana dan salah satunya adalah kuil yang ditampilkan pada gambar diatas dan kalian yang sedang berkunjung ke sana wajib untuk melihat tentang keindahan dan keunikan kuil ini.
ice
smoga tahun ini bisa ke singapore n thailand deh, liburan sekalian honeymoon
sumaryani
disain kuil ini sangat menarik pasti di bangun dengan ketulusan hati si pembuatnya
CaffeLatte
butuh berapa lama yah, bisa membangun kuil sebagus dan semenarik ini
Bayu
Wau keren tuh kuil Wat Rong Khun berwarna perak. Boleh nih di singgahi ketika traveling ke Thailand.
Mama
Kuilnya seperti perak warnanya kalau di gambar ini , apa aslinya benar seperti itu ?