Traveling Sambil Belajar Menghargai Perbedaan di Penang

Senin, 16 April 2018 18:23


(ist)

108jakarta.com - Perbedaan seharusnya tidak menjadi jurang pemisah, melainkan persatuan. Traveling ke Penang, traveler bisa belajar banyak tentang toleransi.


Sebagai negara dengan mayoritas umat muslim, Malaysia mungkin bisa dibilang lebih menghargai perbedaan ketimbang Indonesia. Buktinya dapat dilihat di Kota Penang yang cukup majemuk.


Penang bisa menjadi salah satu percontohan di mana kemajemukan bisa saling menghargai satu sama lain. Buktinya, masyarakat lintas agama dan budaya di sana bisa berbaur satu sama lain.


Sejarahnya, Penang yang berlokasi Selat Malaka merupakan titik pertemuan kapal dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sekaligus menjadi tempat pertukaran agama dan budaya antara Timur dan Barat sejak ribuan tahun silam.


Selain dihuni oleh masyarakat melayu yang beragama Islam, Penang juga menjadi rumah bagi imigran Tionghoa hingga India. Percampuran budaya dan agama pun terjadi. Dari yang tadinya hanya Islam, lalu bertambah Buddha dari imigran China dan Hindu dari imigran India. Lalu ada juga ada agama Kristen yang dibawa oleh penjajah Inggris dulu.


Di tengah perbedaan itu, setiap masyarakat dari berbagai ras dan agama itu diperbolehkan untuk melakukan kegiatan keagamaan hingga ritual budaya di ruang publik. Bahkan traveler juga bisa mendapati berbagai rumah ibadah dari agama berbeda di satu blok yang berdekatan. Tidak ada masalah.


Toleransi itu pun tidak terlepas dari peran serta Kapten Francis Light dari Inggris yang memimpin Malaka kala itu. Pada abad ke-18, Francis menyatakan kalau setiap suku memiliki hak serta kebebasan untuk menjalankan agamanya. Sekilas mengingatkan kita akan sosok Soekarno yang juga menjunjung tinggi persatuan di atas kemajemukan.


Bahkan di tahun 2008 lalu, UNESCO menyebut kalau ibukota George Town di Penang menjadi bukti nyata dari peninggalan multikultur dan tradisi Asia dan pengaruh Eropa.


Menariknya, traveler bisa melihat bukti toleransi itu di Jalanan Harmoni atau 'Street of Harmony' di George Town. Di mana masjid, gereja, kuil Hindu dan kelenteng dibangun beriringan satu sama lain.


Tentunya relevan, jika menyebut Penang masih menerapkan petuah lama 'Golden Rule'. Perlakukan kepada orang lain seperti kamu ingin diperlakukan.


(ayb/int)


Berita Terkait
Siapa Sangka, di Jepang Ada Kuliner Ekstrem Yaitu Sake Ular
Tempat Wisata Ini Menyajikan Pemandangan Aliran Lava di Laut, Berani Coba?
Wasserkirche Si Gereja Air
Kemegahan Atraksi di Tokyo DisneySea
Mengenal Wisata Sejarah Vihara Buddhagaya, Bak Mengunjungi Negeri China

Please login for commentKomentar
ata
travelling pikiran jadi legowo dan otak jadi fresh
emma
diindonesia mah juga banyak sih kaya gini
Mas
nah, itu bagus, menghargai perbedaan. di negara kita udah mulai kekikis tuh
kiki
kata siapa malaysia lebih toleran dari indonesia, yang ada malaysia suka mengklaim budaya indonesia semau jidatnya
kopi
benar benar harmonis sekali sesuai dengan nama jalannya
Ris
suasana yang belum tentu di temukan di negara lain
sumaryani
mau liburan ke penang kamu akan banyak tahu dan belajar perbedaan yang menyatukan mereka
Yasmin
Mau Dapat Uang Hanya Dengan Modal Kecil Langsung Saja coba bermain di DANGDUTQQ BANDARQ, SAKONG ONLINE SETIAP HARI Dibagikan!!! DANGDUTQQ merupakan Situs Resmi, bukan Agent Keistimewaan dan perbedaannya: 1. Server dilindungi Detector Anti Bot 2. Keamanan Data Akun, DEPO , WD dan Kredit Kemenangan Anda 3. Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!! 4. Bekerja sama dengan 5 Bank Lokal dan semua bank Daerah. 5. Minimal DEPOSIT hanya Rp. 10.000,- 7. Bonus Di bagikan Setiap Hari Selasa Dan Juma'at !! 8. Bonus TURNOVER hingga 0.3% Bersih Tanpa Syarat 9. Bonus REFFERAL 20% Seumur Hidup Server Anti Bot Dan Hacker terdapat 7 Permainan Dalam 1 UserID - Poker - Domino Qiu Qiu - Sakong - Capsa Susun - Bandar Poker - BandarQ - Adu QQ Untuk pendaftaran bisa melalui link berikut : https://goo.gl/V5emHz Jackpot Dangdut https://goo.gl/7FVuTx Untuk info Lebih Lengkap, Silahkan hubungi Customer Service kami melalu Live Chat : BBM : D8CAE752 WA : +85569967665 TELP : +85569967665 LINE: dangdutqq WECHAT : Dangdutqq SKYPE : CristianiLara INSTAGRAM : @dangdutdominoqqofficial TWITTER : @DANGDUTDOMINOQQ FB FansPage : @dangdutqiuqiu
justdoit
Andai saja di indonesia smua seperti di kota penang
Haries
Nah hal seperti ini yang perlu banget
12