Percaya Nggak, Keliling Eropa Dengan Naik Bus Ternyata Lebih Irit Budget

Kamis, 26 April 2018 9:42


(ist)

108Jakarta.com - Keliling Eropa dengan budget irit tampaknya menjadi impian traveler. Agar budget bisa lebih irit, traveler bisa memotong pengeluaran transportasi dengan naik bus. Rasanya tak kalah nyaman dengan moda transportasi lain lho.


Sudah pasti kita semua sudah bisa membayangkan bagaimana baik dan bagusnya sistem transportasi di Eropa. Banyak pilihan dan terintegrasi dengan baik. Sebagai mahasiswa, penerima beasiswa pula, tentu saja urusan traveling harus dicermati seirit mungkin.


Begitu pula dengan urusan transportasi. Walaupun berpergian dengan naik bus memang lebih lama, tapi nyatanya jauh lebih irit dan juga nyaman.


Tinggal di Jerman memang menawarkan banyak pilihan bus antar kota dan antar negara dengan harga yang cukup murah. Dan karena jalan raya di sini juga bagus, maka tidak heran waktu tempuh naik bus tidak jauh berbeda dengan menggunakan kereta.


Untuk rute perjalanannya antara lain: Berlin-Warsawa ditempuh selama 8 jam, Warsawa-Vilnius 9 jam, Vilnius-Riga 4 jam dan Riga-Berlin 18 jam. Tapi jangan bayangkan kondisi perjalanan seperti menggunakan bus rute pantura atau pantai selatan, di sini sangat berbeda.


Pertama, kondisi bus sangat baik, bersih dan fasilitasnya cukup lengkap seperti WiFi dan stop kontak. Bahkan di beberapa rute terdapat sarana hiburan berupa layar sentuh berisi musik, film dan game. Untuk rute terjauh, ada juga layanan penjualan makanan dan minuman di dalam bus. 


Kedua, kondisi jalan sangat baik dan mulus. Tentu saja ini sudah jadi hal yang wajar di Eropa.


Ketiga, harganya tergolong murah. Walaupun beberapa maskapai pesawat di Eropa banyak menawarkan paket promo, jika dihitung-hitung kadang total biaya yang dikeluarkan lebih mahal dengan menggunakan pesawat.


Beberapa provider bus sering pula mengadakan promo-promo tiket, biasanya promo untuk first customer, bahkan ada yang menawarkan harga tiket hanya 3 Euro (Rp 48 ribu). Benar-benar cocok untuk budget traveler. Cara booking pun simple, hanya dengan online booking, bayar dengan kartu kredit dan tiket akan langsung dikirim ke email.


Keempat, aman dan nyaman. Dengan kondisi bus yang prima dan fasilitas yang baik, perjalanan berjam-jam rasanya masih bisa dinikmati. Nyaman pula karena biasanya pemberhentian terakhir di negara tujuan terletak dekat dengan pusat kota.


Sehingga berjalan kaki saja cukup untuk bisa mencapai hostel atau pusat kota untuk langsung jalan-jalan. Keamanan juga terasa karena di Eropa tidak ada namanya istilah kebut-kebutan atau kejar setoran.


Selama perjalanan menggunakan bus, kecepatan bus rasanya tidak pernah lebih dari 100km/jam, malah bisa kurang dari itu. Supir bus sangat hati-hati dan menaati peraturan lalu lintas. Beberapa kali juga bus akan berhenti agar penumpang dan sang supir bisa beristirahat 10-15 menit.


Untuk rute Riga-Berlin sendiri, ada 3 supir sehingga mereka bisa bergantian melakukan tugas. Jadi, kombinasi ini semua yang menjadikan perjalanan menggunakan bus lebih aman dan nyaman, tidak kalah dengan kereta. 


Terlepas dari semua alasan itu, pilihan orang untuk melakukan traveling dan menikmati perjalanan tentu berbeda. Bagi sebagian orang, waktu adalah hal yang utama, tapi yang lain memilih uang.


(CSR.id)

Berita Terkait
Melangkah di Sudut Kota Tirana
Bertemu Para Wanita Kuat dari Nepal
Kafe Serba Terbalik Jadi Daya Tarik Wisatawan di Jerman
Traveling ke London Wajib Berkunjung ke Kastil Windsor
Menengok Kota 'Janda' di India

Please login for commentKomentar
ata
seru emnag kalau naik bis tapi tetap waspada sama copet
Fajar
ya pasti beda sih kalo di bandingin disini
tikno
pastimnya sangat mengasikan kalo naik bus rame2 keliling eropa
kiki
sepertinya bus eCOLInes ini akan banyak peminatnya terutama lakilaki
emma
dimana2 yang namanya keliling jalan2, emang lebih irit naik bus
kopi
naik bus memang cocok untuk traveller
MITRA
tapi di eropa macet gak? kalau kayak di indonesia sangat tidak efisien
Mama
Iya lah disini juga gitu kalau naik angkot bisa lebih murah , jalan kaki dikit juga bisa sehat
adit
dijakarta juga ada kok kaya gini
bengbeng
Ya percayalah secara angkutan bus kan emang murah dengan jarak tempuh yang lumayan jauh
12