Jangan Perlihatkan Boarding Pass Anda ke Media Sosial

Senin, 16 April 2018 19:14


(ist)

108jakarta.com - Tidak sedikit traveler yang hobi memposting foto tiket pesawat ke sosmed. Demi keamanan kamu, ada beberapa alasan kenapa sebaiknya tidak melakukannya.


Ada banyak resiko keamanan yang bisa dialami traveler gara-gara memposting foto tiketnya di sosmed. Berikut adalah beberapa alasannya:


1. Bisa disalahgunakan

Sebuah foto yang sudah diposting di sosmed, otomatis akan dapat dilihat oleh seluruh pengguna internet di dunia. Bayangkan jika salah satu dari sekian orang yang melihat foto kamu punya niat jahat. Bukan tidak mungkin.


Sebuah tiket yang mencatat nama lengkap atau jadwal dan kode penerbangan kamu bisa saja disalahgunakan oleh orang lain. Seseorang bisa saja mencari tahu ke mana kamu akan pergi, atau bahkan mengubah itinerary dengan mengaku sebagai kamu. Bahaya kan!


2. Ada data diri

Dalam sebuah tiket, sudah pasti data diri Anda akan tercantum dengan jelas di dalamnya. Dengan mengetahui nama lengkap saja misalnya, seseorang dapat mengaku sebagai kamu dan memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan.


Misalnya saja memakai nama kamu untuk membuat sebuah akun palsu yang nantinya bisa dipakai untuk menipu, atau mungkin saja mengakali liburan kamu dengan data diri yang ada di tiket. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi.


3. Memberitahukan keberadaan diri

Memposting tiket perjalanan kamu ke sosmed sama saja dengan memberitahukan seluruh dunia perihal tujuan kamu. Bisa saja mantan, fans, hingga bos kamu di kantor tahu akan keberadaanmu. Bisa lain cerita urusannya!


Dengan mengetahui keberadaan kamu, siap-siap saja dimintai oleh-oleh dan berbagai hal lainnya. Intinya liburan kamu malah jadi tidak nyaman apabila banyak orang yang tahu kamu ke mana. Lain halnya kalau kamu ingin semua orang tahu ke mana tujuan liburanmu.


4. Mengundang kejahatan

Dengan mengetahui kamu pergi liburan melalui postingan tiket di sosmed, bisa jadi ada orang yang memanfaatkannya untuk kejahatan. Saat pergi liburan, mungkin saja rumah kamu kosong dan mengundang orang yang tidak diinginkan. Misalnya saja pencuri.


Intinya ada banyak selah yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain apabila kamu memposting foto tiket di sosmed. Untuk menghindari masalah, sebaiknya kamu tidak memposting foto tiket ke sosmed. Nikmatilah liburan dengan rasa aman.


(ayb/int)


Berita Terkait
Melihat Legenda Sepakbola di Johan Cruijff Arena
Wajah Baru Suzuki Ertiga!
Targetkan 8000 Unit Hingga Akhir Tahun, Glory 580 Siap Jadi Rebutan
All Nippon Airways (ANA) dan HSBC Indonesia Hadirkan “HSBC – ANA Travel Fair
Motor Keluarga Presiden Ada di IIMS 2018?

Please login for commentKomentar
Haries
Sebaiknya jangan deh, kurang bagus juga
suiyong
orang kurang kerjaan apain juga pamer boarding facebox.
pakaihatidong
Lagi norak banget sampai di share di madsos
Dzulfikar
makanya jangan suka pamer, anak medsos yg pengen di liat orang gini nih, wkwk
Bayu
Sebaiknya saat traveling simpanlah boarding pass secara benar jangan sampai disalah gunakan. Apalagi sampai di foto ke sosmed bisa di gunakan orang jahat untuk hal yg jahat
Samuel
nanti bisa disalahgunakan sama pihak yang tidak bertanggung jawab, pasti nanti di teror pas sampai di bandara
Renny
banyak tuh kalo gw lihat sih.. emang kalo dipikirin ada benernya juga. bisa tau kita mau pergi kemana atau ada orang jahat disalah gunakan -r-