Jalan-Jalan ke Negeri Sakura dan Mencoba Mengenal Kimono dan Yukata

Selasa, 03 April 2018 15:19


(ist)

108jakarta.com - Siapa yang tidak kenal dengan kimono? Pakaian tradisional khas Jepang ini memang terlihat sangat ikonik. 


Selain bentuknya yang khas, kimono selalu digunakan dalam acara kebudayaan dan tradisi Jepang. Contohnya seperti upacara kedewasaan, upacara minum teh, pernikahan, hingga menonton pertunjukan.


Pakaian tradisional Jepang sendiri terdiri atas kimono dan yukata. Kimono adalah pakaian musim dingin sedangkan Yukata adalah pakaian musim panas.


Dalam penggunaannya, kimono terdiri atas dua jenis, yaitu kimono formal (Homongi) dan kimono kasual (Komongi). Homongi dikenakan pada acara-acara seremonial, seperti upacara kedewasaan, upacara minum teh, acara pernikahan, menonton teater, dan pertunjukan Kabuki atau Sumo. Sedangkan Komongi dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.


Kimono formal memiliki panjang dibawah mata kaki dan dilengkapi dengan sandal yang memiliki hak tinggi bernama Zori, sedangkan kimono kasual dikenakan dengan sandal bernama Geta dan memiliki panjang di atas mata kaki. 


Uniknya, meskipun terlihat lebar, namun kimono memiliki ukuran lengan setengah ruangan, sebagai tempat memasukkan lengan ke dalam busana. 


Selain itu, hampir sama dengan batik, kimono memiliki motif dan bahan yang berbeda, tergantung dengan daerah asal produksinya. Misalnya kimono dari Okinawa akan punya bahan yang lebih tipis dibandingkan dengan kimono yang berasal dari daerah dingin. Kimono musim panas memiliki bahan yang lebih tipis dan menerawang, sedangkan kimono musim dingin memiliki bahan yang terdiri dari dua lapisan.


Pemilihan warna dan motifnya pun mesti disesuaikan dengan musim dan acara yang akan dihadiri. Misalnya ketika ingin mengikuti upacara minum teh, kimono yang digunakan haruslah berwarna kalem, tidak mencolok, dan motifnya tidak ramai. Dalam penggunaannya pun tidak boleh memakai jam tangan, cincin, gelang atau hiasan obi (sabuk yang digunakan ketika memakai pakaian Jepang).


Kimono berwarna hitam polos harus dipakai dengan hati-hati, karena memiliki arti sendiri yang tidak baik dalam kepercayaan Jepang. Penggunaan motif dalam kimono biasanya disesuaikan dengan musim yang sedang terjadi saat kimono tersebut digunakan.
Misalnya, kimono bermotif bunga Fiji dikenakan pada bulan Mei dan Juni, kimono bermotif bunga Magnolia dikenakan saat bulan Maret. Sedangkan kimono bermotif bunga Sakura dapat dikenakan kapan saja dan di mana saja, karena Sakura dianggap sebagai bunga Jepang. 


Jepang juga punya nama yang berbeda bagi kimono yang digunakan oleh pria dan wanita yang belum menikah. Kimono pria diberi nama Hakama dan kimono yang digunakan wanita yang belum menikah diberi nama Furisode. Furisode memiliki lengan yang lebih lebar dan lebih panjang. Setelah menikah, wanita Jepang akan memotong lengan bajunya menjadi lebih pendek. 


Jika kamu ingin mencoba memakai pakaian khas Jepang ini, kamu bisa menemukannya di banyak tempat di Jepang. Yang menarik lagi, di Jepang terdapat toko-toko yang memberikan diskon khusus bagi pada wisatawan yang berbelanja dengan menggunakan kimono. 


Tertarik mencoba?


(ayb/int)


Berita Terkait
Cleopatra Kebab, Kedai Kebab di Shibuya
Lencois Maranhenses, Padang Pasir yang kebanjiran
St Michael, Kastil Indah di Puncak Bukit
Mengenal Sejarah Dubai Lewat Museum
Siapa Bilang Cari Makanan Halal di Seoul Susah?

Please login for commentKomentar
Arief
pernah kesana dan cuma nyoba pake sendalnya aja haha
Zaelani
Bersih disetiap sudut jalan kota Jepang.
Juragan
pakaian adat yang bikin jepang terkenal di mancanegara
suiyong
kalau cuma mau mengenal kinomo dan yukata disini juga ada yang jual kali gak usah jauh-jauh pergi.
Renny
kalo mau pakai baju kimono jangan jauh2 kemarin gw ke floating market ada yang nyewain bajunya. ya tapi sewanya mehong padahal nyewa doang -r-
Dangdut
DANGDUTQQ adalah Situs DominoQQ Online Terpercaya Eksklusif dengan minimal deposit sebesar 10 ribu Rupiah. Kamu dapat mengakses Game Poker Online Terbaik seperti : BandarQ, DominoQQ,Domino 99, AduQQ, Capsun, Bandar Poker, dan Sakong hanya dengan satu akun saja. Mudah menang Ayoo goyang Jackpot nya Anda Menang Kami Senang Join di: https://goo.gl/Amtoud Min Deposit Rp 10.000,- Min Withdraw Rp 25.000,- Withdraw tanpa batas di setiap hari Cashback mingguan 0,3% - 0,5% bonus referral sebesar 20% SEUMUR HIDUP!!! Untuk pendaftaran bisa melalui link berikut : https://goo.gl/Amtoud jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,Langsung hubungi CS kami Kepuasan dan Kenyamanan Anda adalah Prioritas kami. Kami menyediakan 6 Jenis untuk memudahkan transaksi Bank yaitu : BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga & Danamon Kami hadir untuk anda dengan mengutamakan kepercayaan, kejujuran dan juga kepuasan member, jadi anda jangan ragu untuk segera bergabung menjadi member kami. Ajaklah teman anda untuk bergabung bersama komunitas situs judi online di www.DangdutQQ.com yang terbaik dan terpercaya dengan uang asli dengan klik link di bawah ini https://goo.gl/Amtoud Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi customer kami 24 Jam nonstop : - Livechat - BBM : D8CAE752 - Wechat : dangdutqq - Line : dangdutqq - Whatsapp : +85569967665 - Instagram : Dangdutratu - Twitter : @dangdutqiuqiu - Facebook : @dangdutqiuqiu
StelKendo
Pakaian yang sangat sederhana tapi bisa menambah keanggunan dan kecantikan bagi si penggunanya.
Samuel
baju kimono itu sekilas mirip piyama jadinya, tapi memang ukiran di bajunya sangat kental dengan budaya jepang
sumaryani
kimono produk asli jepang yang terus di kembangkan dari generasi ke generasi
Bayu
Sungguh takjub saya melihat orang Jepang yg masih mempertahankan budaya dengan memakai Kimono