Panduan Praktis Memesan Tiket 'Kereta Peluru' Shinkansen

jumat, 09 Maret 2018 16:37


(ist)

108jakarta.com - Tokyo dan Osaka adalah dua kota yang wajib dikunjungi jika kamu baru pertama kali ke Jepang. Pesona Tokyo, si ibu kota dan Osaka kota besar di area Kansai ini adalah kota yang cocok untuk berwisata, shopping, wisata kuliner dan penuh dengan entertainment.


Dari Tokyo menuju ke Osaka ataupun sebaliknya, ada beberapa alat transportasi yang dapat digunakan. Yang paling populer adalah dengan menggunakan Shinkansen. Apalagi buat mereka yang belum pernah merasakan kereta super cepat satu ini, pastinya menjadi salah satu alat transportasi pilihan wisatawan saat bepergian jauh di Jepang.


Jika selama di Jepang kamu memang bepergian menggunakan kereta, dan akan sering menggunakan shinkansen atau kereta limited express, akan jauh lebih mudah dan hemat jika kamu membeli Japan Rail Pass


Tetapi, jika kamu hanya akan melakukan perjalanan satu kali saja dengan shinkansen antara Tokyo dan Osaka, maka kamu bisa membeli tiket shinkansen secara satuan. 


Nah, kira-kira gimana cara memesan tiket shinkansen di Jepang ya? 


Perjalanan dari Tokyo ke Osaka berjarak sekitar 515km dan memerlukan waktu antara 2,5 jam – 3 jam tergantung kerta yang kita gunakan. Jalur shinkansen yang menghubungkan kota Tokyo dan Osaka adalah Tokaido shinkansen. Ada beberapa tipe shinkansen pada jalur ini, yaitu Hikari, Kodama dan Nozomi. 


Diantara ketiga shinkansen tersebut, yang memiliki kecepatan tertinggi adalah Nozomi dengan kecepatan 300km/jam. Stasiun shinkansen yang menghubungkan kedua kota ini adalah stasiun Tokyo di kota Tokyo sampai stasiun Shin-osaka di kota Osaka.


Harga tiket shinkansen terdiri dari:
– basic fare
– limited express fee
– reserved seat fee (jika menggunakan reserved seat saja)


Jika menggunakan Nozomi, maka biaya yang di perlukan sebesar 13,620 yen tanpa reserved seat fee, dan 14.250 yen untuk reserved seat ordinary car.


Pembelian Tiket


Ada beberapa cara untuk membeli tiket shinkasen, yaitu dengan membeli langsung di stasiun atau dengan membeli online.


I. Pembelian Tiket di Stasiun.
Untuk membeli tiket shinkansen di stasiun ada dua cara yang dapat kita lakukan, yaitu dengan membeli di service centre Midori no Madoguchi. Cara membeli tiket di Midori no Madoguchi adalah sebagai berikut:


Untuk membeli tiket shinkansen di Midori no Madoguchi, cukup catat hal-hal berikut ini:
– Stasiun keberangkatan
– Stasiun tujuan
– Jenis kereta dan seat yang diinginkan (ordinary/green, reserved/non-reserved)
– Untuk reserved seat tentukan juga jam kereta yang diinginkan.


Jika sudah mencatat hal-hal diatas, kita cukup sampaikan ke petugas di Midori no Madoguchi dan kita akan mendapatkan tiket kita. Apa sih perbedaan gerbong ordinary dan green? Ordinary car adalah gerbong biasa atau bisa dikatakan kelas ekonomi. Sementara itu, Green car adalah gerbong kelas bisnis dengan seat lebih luas dibandingkan dengan seat pada gerbong ordinary.


II. Pembelian Tiket Secara Online

Untuk membeli tiket shinkansen dari Tokyo ke Osaka, kita bisa menggunakan agen-agen yang menawarkan jasa pembelian tiket shinkansen, atau dengan memmesannya melalui website JR Central. Urutan prosedurnya adalah memilih kereta shinkansen, memilih jenis tempat duduk, memilih posisi tempat duduk (bagi yang mereservasi tempat duduk), dan jumlah penumpang. Setelah memesan online, proses masih belum selesai. Kita harus mengambil tiket yang telah kita pesan secara online sebelumnya di Midori no Madoguchi. Jangan lupa untuk mengambil tiket sebelum jadwal keberangkatan, ya.


Untuk penggunaan tiket, cukup masukkan tiket ke gerbang saat kamu akan masuk ke dalam peron seperti saat menggunakan tiket kereta biasa.


Sekarang, tidak bingung lagi kan jika akan naik shinkansen antara Tokyo dan Osaka. Selamat menikmati perjalanan di Jepang.


(ayb/int)


Berita Terkait
Laguna Narta, Zvernec
Memahami The Lowry Manchester
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver

Please login for commentKomentar
tanto
teknologi di jepang semakin cangggih dan maju
Zaelani
Tekhnologi, Jepang negaranya.
Akhsinhandsome
yang suka traveling harus dicoba nih caranya memesan tikt yang praktis jadi ga usah bingung dan nunggu pesanan tiket kereta yang lama
Marsim
mempermudah calon penumpang, dengan panduan ini
dheshe
semoga bermanfaat nih untuk yang akan berlibur ke jepang
mustafa
memang deh kalo di negara maju mah kaya gini ya, hebat banget teknologi yang digunakannya, indonesia cepatlah menyusul
StelKendo
Memang di negara maju seperti Jepang sangat hebat, memesan tiket aja sekarang sudah lebih mudah.
suiyong
wow lebih keren lagi di jepang memesan tiket kereta api sudah canggih sekali.
adit
wisata di luar negeri sana, memang keren2 bgt ya, Indonesia ketinggalan jauh nih kyknya
Samuel
katanya kalau naik kereta cepat ini, tidak merasakan goncangan sama sekali, jadi pengen ikut naik juga
12