Meriahnya Perayaan Cap Go Meh di Manado

Sabtu, 03 Maret 2018 13:22


(ist)

108jakarta.com - Hujan tak menyurutkan antusiasme ribuan masyarakat Manado maupun wisatawan merayakan Festival Cap Go Meh di Manado, Sulawesi Utara. 


Sedikitnya 2.500 warga melibatkan diri bersama sembilan Tang Sin dan delapan usungan yang ikut dalam festival tersebut.


“Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan para pengguna kendaraan dengan adanya kegiatan ini,” kata Jemmy Rumengan, Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma, Jumat (2/3/2018).


Rombongan iring-iringan Tang Sin serta kendaraan hias bersama delapan usungan mengambil rute star dari Ban Hing Kiong Jalan Panjaitan, putar Jalan Sisimangaraja, masuk KS Tubun da keluar depan Plaza kemudian turun hingga Wenang.


Pawai kendaraan hias yang melewati jalan raya di sekitaran pecinan itu turut memeriahkan Festival Cap Go Meh. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ribuan warga dari berbagai latar belakang usia, memadati jalan yang menjadi rute festival sejak beberapa jam sebelum acara dimulai.


Cap Go Meh merupakan rangkaian kegiatan tahun baru Imlek 2569 dimana umat Tridharma Kota Manado melakukan upacara sembahaang sebagai ucapan syukur yang dipusatkan di Tempat Ibadah Umat Tridharma (TITD). 


Kapolresta Manado melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Kompol Adi Saptia Sudirna mengatakan, sebanyak 408 personel diterjunkan untuk mengawal kegiatan tersebut.


“Personel kita mengamankan Klenteng dan juga sudah dilakukan sterilisasi oleh Tim Jibom Brimob Polda Sulut serta melakukan rekayasa lalulintas selama kegiatan berlangsung,” jelasnya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Gijpe Pantai yang Tersembunyi
Ksamil Keindahan Pantainya Kian Memuakau
Incheon, Sebuah Destinasi Wisata Indah di Negeri K-Pop
Santai di Piccadilly Gardens
Albert Square Manchester

Please login for commentKomentar
lily
semua wilayah indonesia sangat meriah merayakan cap go meh semoga lancar
dheshe
salah satu perayaan yang membanggakan dan menjadi tempat hiburan
Marsim
perayaan capgo sudah sapti sangat rami, semoga aja semuanya berjln lancar ya.
justdoit
cap gomeh , jadi keinget kampung halaman sering ada acara capgomeh
ice
sebenernya cap gomeh lebih tepatnmya berapa lama setelah imlek sih??
Anjar
yang belum pernah melihat atraksi ini pasti akan takjub melihatnya, karena diadakan pada hari hari besar atau hanya ada di acara imlek saja. dan pertunjukan ini juga bisa menjadi hiburan untuk masyarakat.
Dzulfikar
ini bisa jadi hiburan masyarakat juga, karna kan perayaan cap gomeh cuma setahun sekali, jadi wajar saja kalau meriah
sumaryani
perayaan cap gomeh berlangsung dengan sangat meriah sekali bahkan wrga dari segala lapisan datang untuk melihat festival tersebut
novel
Karna di sana banyak sekali masyarakat etnis tionghoa nya jadi wajar aja bisa ramai
Mama
Cap go meh dirayakan secara meriah dimana - mana ,yang terasa sekali sih di mall , apalagi di Manado banyak masyarakat yang merayakannya