Merasa Pelupa? Jangan Salah, Ternyata Itu Tanda Kamu Luar Biasa

jumat, 02 Maret 2018 17:11


(ist)

108Jakarta.com - Apakah Anda seorang pelupa, yang sering tidak ingat tentang sesuatu, atau kerap lupa di mana meletakan benda kesayangan Anda?


Tak perlu merasa khawatir atau berkecil hati jika Anda ditakdirkan menjadi orang pelupa, karena ada kabar baik bagi Anda.


Sebuah studi yang diterbitkan oleh Neuron, bahwa sebenarnya lupa akan sesuatu adalah salah satu bentuk kecerdasan. Hal ini menunjukkan bahwa otak Anda hanya terfokus pada hal-hal penting.


Paul Frankland dan Blake Richards dari University of Toronto melakukan penelitian ini dan menemukan bahwa orang-orang yang mencoba mengingat semuanya seringkali mengalami kesulitan membuat keputusan penting.


"Penting agar otak melupakan detail yang tidak relevan dan berfokus pada hal-hal yang akan membantu membuat keputusan di dunia nyata. Kita semua mengagumi orang yang bisa bermain game sampai level tertinggi, tapi faktanya evolusi itu membentuk ingatan kita untuk tidak memenangkan sebuah games tetapi juga membuat keputusan cerdas," kata Richard.


Cara lain untuk menafsirkan temuan ini adalah istilah "data pesaing".


Jika Anda memikirkannya secara harfiah, memiliki terlalu banyak informasi di kepala Anda berarti semua hal itu akan bersaing untuk diingat di pikiran Anda, menyebabkan Anda kehilangan fokus.


Selanjutnya, dengan kemudahan akses beragam informasi lewat sekali klik tombol, sebenarnya tidak layak menyimpan semua pengetahuan yang tidak berguna itu di dalam otak, kecuali jika Anda ingin mengesankan seseorang.


Alih-alih menyimpan informasi yang tidak relevan, yang bisa disimpan oleh ponsel atau internet, otak kita terbebas untuk menyimpan kenangan yang sebenarnya penting bagi kita.


Kesimpulan ini ditarik setelah para peneliti mempelajari data tentang kehilangan ingatan dan aktivitas otak baik pada manusia maupun hewan.


Mereka menemukan bahwa otak yang mampu menimpa ingatan lama dengan sesuatu baru sesungguhnya lebih mudah beradaptasi dengan situasi baru lebih cepat, dan tidak mudah terbuai dengan informasi lama dan berpotensi menyesatkan.


(CSR.id)

Berita Terkait
Incheon, Sebuah Destinasi Wisata Indah di Negeri K-Pop
Santai di Piccadilly Gardens
Albert Square Manchester
Mendayung di Danau Hollingworth yang Dingin
Di Poseidon Resort Fiji, Kamu Bisa Menikmati Sensasi Tidur di Dasar Laut 

Please login for commentKomentar
dheshe
engga terdengar relevan, kalo lupa dan hanya mementingkan satu kepentingan saja pasti hidupnya tidak teratur denga baik
lily
masa sich kalau sering lupa dikarenakan memiliki otak yang cerdas
MITRA
yang luar biasa itu merasa lupa kan, bukan lupa, karna merasa berarti kita slalu mengingat ingat
sumaryani
kalau banyak lupa nya bisa bikin pusing orang orang yang ada di sekitarnya
Mama
Suka bingung sama penelitian , katanya kalau orang cerdas itu yang mengingat segala sesuatu , tapi kok sekarang malah sebaliknya ?
novel
Ini penelitian udah terbukti kebenarannya belum...lah biasanya kan orang pelupa itu malah kaga bener kerjanya jd mana bisa di bilang luar biasa
Samuel
tapi kalau dibiarkan terus malah merugikan orang disekitarnya
AhbiiJakaPoleng
Kalau lupa terus ya ngga luar biasa lahh , payah daya ingat nya ngga hebat
Renny
orang lupa itu kan ga inget, kalo sampe kita lupa sama orang yang kita sayangi dan kenangannya gimana. pasti kasihan juga kalo dilihat -r-
Anjar
lupa memang banyak atau hampir seluruh manusia pernah mengalami seperti itu, mungkin untuk meningkatkan ketajaaman nya harus terus diasah agar bisa atau mengurai lupa tersebut.
12