Menyusup di Mild Level Escalator

Rabu, 14 Maret 2018 8:30


(ist)

108jakarta.com - Pemerintah Hong Kong memang sangat memperhatikan kebutuhan wisatawan. Salah satunya adalah fasiltas tangga jalan bagi pejalan kaki yaitu  Central Mid Levels Escalator yang digunakan untuk  membawa pejalan kaki  ke Staunton Street dan SoHo area.
Asik juga naik escalator yang panjangnya sekitar 800 meter. Bisa melihat berbagai kegiatan orang di bawahnya.


Mid-level Escalator di Hong Kong ini pun menjadi escalator outdoor tertutup terpanjang di seluruh dunia. Escalator ini mempunyai elevasi setinggi 135 meter dari bagian terbawahnya. 


Escalator ini pertama kali dioperasikan pada bulan Oktober 1993. Sekalipun  zaman sudah berubah, namun  fungsi dari escalator ini  masih sangat penting bagi masyarakat Hong Kong.


Pemerintah Hong Kong menghabiskan dana sebesar 245 juta dolar Hong Kong untuk membangun jalur ini. Tingkat pemakaian escalator sangat tinggi, per harinya, tercatat sebanyak 55 ribu orang menggunakan escalator tersebut.


Bentuk nyata nya adalah rangkaian 20 escalator serta tiga jalur moving walkway miring. Escalator ini mempunyai 14 gerbang masuk serta pintu keluar.


Waktu pengoperasiannya sendiri, arah menurun dari Mid-Level menuju ke Central dilakukan dari pukul 6 pagi hari hingga 10 siang hari. 


Sementara kalau untuk arah naik dari Central menuju ke Mid-Level bisa digunakan dari pukul 10 siang hingga tengah malam. Jadwal tersebut  berlaku setiap hari.


Begitu jalur escalator  berakhir, kita sudah berada di SoHo area yang terkenal dengan ratusan resto serta kafe yang menyajikan berbagai hidangan lezat. 


Banyak kafe yang menyajikan minuman segar dan makanan kecil. Harga minuman berkisar antara 5 sampai 10 dolar HK.  Suasanya ramai, suara musik, orang makan dan bau masakan serta minuman menyatu.


Jangan lama-lama di sana, sebab jalan kaki ini harus berlanjut ke Central Police Station. Lewat gedung tua yang dibangun tahun 1864, kita bisa foto-foto dulu. 


Putar balik langsung menuju Cochrane Street dan jalan ke bawah menuju Gage Street. Nah,  di sini waktu yang pas untuk makan siang. 


Daerah ini orang bisa memilih berbagai resto yang menyediakan hidangan mi. Semangkuk mi dengan kuah ayam dan pangsit rebus harganya 5 dolar HK .  


Selanjutnya minum teh dan menikmati kopi sambil melepas lelah sejenak. (suh)
    


Berita Terkait
Memahami The Lowry Manchester
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver
Sudut-Sudut Eksotik Bratislava

Please login for commentKomentar
Mas
hehehe..menyusup, tapi kedainya asik tuh buat nyantai ngopi..
Fajar
pemalas sekali sampai di buat eskalator
pakaihatidong
keren..ini lah bukti tidak main main untuk manjakan parawisata di negara hongkong.mantaap lah
Samuel
fasilitas yang mewah dan bermanfaat terutama untuk para lansia yang membutuhkan escalator agar tidak capai
justdoit
buset dah panjang amat ya ekskalatornya, kapan kita ada
Mama
Kalau disini ada yang begini pasti juga banyak yang naik , soalnya panjang banget bisa menghemat ongkos angkot kayaknya
novel
Cukup panjang juga ini ekskalator yg mencapai 800 meter...jd orang kaga perlu cape2 untuk jalan kaki cukup dengan berdiam diri udah bisa menikmati toko2 yg di laluinya
Anjar
harga yang cukup fantastis untuk membuat sebuah eskalator, tapi sangat berguna juga untuk para penduduk hongkong disana. dijaga saja fasilitas yang telah tersedia di hongkong.
sumaryani
berbagai pasilitas untuk wisatawan selalu di buat untuk kenyamanan dan keamanan