Mengenal Lebih Dalam Tentang Mie Ramen 

Selasa, 13 Maret 2018 11:43


(ist)

108jakarta.com - Ramen, siapa sih diantara kita yang tidak mengenal masakan mie tersebut? seiring berkembangnya zaman maka semakin banyak juga variasi rasa dan bahan yang digunakan untuk membuat mie ramen tersebut. 


Hal ini dikarenakan semakin populernya ramen maka semakin banyak orang yang mulai membeli makanan tersebut. Sehingga mau tidak mau para produsen ramen mulai melakukan inovasi variant remen agar sesuai dengan selera masyarakat dan juga perkembangan zaman. 


Maka dari itu ramen tetap eksis hingga saat ini dan tidak lekang dimakan waktu. Namun dibalik hal itu semua apakah kalian ada yang mengetahui asal – usul dari pada kuliner ramen tersebut? 


Mie ramen yang populer sebagai salah satu hidangan khas Jepang ternyata memiliki sejarah yang unik dan dapat disaksikan di Instant Ramen Museum.

 
Jepang terkenal sebagai salah satu negara Asia yang menjadi surga bagi pecinta kuliner. Beragam makanan khas Jepang seperti sushi, takoyaki, dan shasimi tentu sudah tak asing lagi bagi lidah orang Indonesia.

 
Animo masyarakat akan kuliner khas Jepang menjadi cikal bakal berdirinya resto-resto khas Jepang di beberapa kota besar di Indonesia. Salah satu makanan khas Jepang yang populer di Indonesia saat ini adalah mie ramen.
 

Bagaimana sejarah terciptanya mie ramen?
Mie ramen pertama di dunia diciptakan pada tahun 1910 di Jepang. Kala itu seorang koki China di restoran Rairaikan Tokyo mencoba membuat sebuah signature dish yang terdiri dari kaldu dan mie China yang berwarna kuning dan bertekstur elastis.


Mie China yang saat itu digunakan sang koki memiliki tekstur yang lebih elastis bila dibandingkan dengan mie ramen saat ini.
 

Hal ini karena sang koki menambahkan sodium karbonat ketika membuat adonan mie.
Hidangan ini kemudian populer dan dinamakan shina soba. Kata shina sendiri terdengar seperti pengucapan kata “China” , dan kata soba yang berarti mie soba. Kendati demikian, komposisi shina soba ini berbeda dengan komposisi soba Jepang, yakni pada penggunaan gandum sebagai bahan baku pembuatannya.
 

Beberapa tahun kemudian kepopuleran shina soba mulai meluas dan membuat semua restoran Jepang berkreasi membuat hidangan shina soba dengan bahan-bahan khas lokal.
 

Keadaan politik dunia serta kekalahan Jepang pada Perang Dunia ke II ternyata turut mempengaruhi perkembangan shina soba sebagai cikal bakal mie ramen modern.


Saat itu penggunaan kata shina dianggap sebagai simbol agresi imperialis serta dianggap sebagai sebuah bentuk penghinaan rasis yang mengerikan.


Jadilah pada saat itu kata shina soba diganti menjadi kata Chuka Soba.
Penggunaan kata Chuka Soba ini tidak bertahan lama karena setelah 1958, sebuah perusahaan mie instan ternama di Jepang mengeluarkan sebuah produk Chuka Soba pertama dalam bentuk instan yang diberi nama Chikin Ramen.


Pemilihan kata ramen sendiri berasal dari bahasa China “la” yang artinya menarik, dan “mien” yang artinya mie. Jadi, kata ramen digunakan untuk menggambarkan sebuah produk kuliner berupa mie yang cara pembuatannya harus melalui proses tarik menarik adonan.
 

Museum mie ramen instan di Jepang
Kini semua kisah menarik seputar sejarah mie ramen instan dapat Anda temui langsung di Instant Ramen Museum. Museum unik yang terletak di daerah Tokyo dan Osaka ini menyajikan banyak cerita seputar perkembangan mie ramen instan sejak tahun 1958 hingga saat ini.

 
Tak hanya itu, Anda juga bisa berkreasi dengan desain kemasan cup noodle pada media yang telah disediakan.
 

Setelah puas mendesain kemasan mie instan, Anda dapat mengisi cup noodle tersebut dengan mie, bumbu dan bahan pelengkap sesuai selera.


Jadi, bagi Anda para pecinta kuliner, jangan sampai melewatkan kisah di balik terciptanya ramen.


(ayb/int)


Berita Terkait
Menikmati Dinginnya Salju
Fletcher Wildlife Garden Kanada
Pantai Indoor Buatan Jepang
Wajib Tahu: Begini Cara Menikmati Ramen untuk Turis Saat ke Jepang
Pantai Soge yang Memukau

Please login for commentKomentar
karto
diindoesia juga banyak jual ramen
tanto
enak enak enak lezattttt
Mas
yang saya tahu, mie rame enak. titik
Fajar
makanan favorit gua nih enak emang
mustafa
ramen tuh emang enak, tapi ya emang tergantung makannya dimana juga sih, tapi kali di restoran jepang gitu biasanya pasti enak, mantap
Samuel
salah satu panganan jepang yang populer di dunia, semua negara pasti ada pengusaha yang membuat cita rasa ramen sendiri
sumaryani
kalau mie seperti itu saya kurang suka lebih baik makan mie ayam saja lebih enak
SAVAGE
jujur gua ngga suka mie yang kaya gini mendingan makan indomie
Mama
Ini kesukaan anak gw , meskipun pedas dicari juga .
ice
gila yah sampai segitunya dibangun museum ramen, emang ini ramen itu sampai ada sejarahnya juga yah
12