Mencoba Kereta Api Qinghai-Tibet

Rabu, 14 Maret 2018 15:36


(ist)

108jakarta.com - Dengan naik  KA Qinghai-Tibet,  wisatawan selain dapat menikmati pemandangan alam yang indah di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet.


Perjalanan berkereta dimulai dari  Xining, sebuah kota kuno di dataran tinggi yang merupakan titik tolak Jalan KA Qinghai-Tibet. 


Di sana adalah terdapat  Kuil Taer yang terletak di lembah Gunung Lianhua, Kabupaten Huangzhong, kota Xining. Kuil Taer adalah tempat kelahiran Tsongkaba, pendiri sekte kuning, agama Buddha Tibet atau agama Lama.


Dari Xining kereta bergerak menuju  Danau Qinghai yang terletak di bagian timur laut Dataran Tinggi Qinghai-Tibet.  Keindahan panorama danau air asin yang terbesar di Tiongkok begitu mempesona.  Antara April dan Juli ratusan ribu burung migran berkumpul di Pulau Burung di tengah danau itu. 


Dari Danau Qinghai menempuh perjalanan 800 km akan sampai di Golmut, sebuah kota baru di gurun gobi. Di sini terdapat Danau Charhan, danau garam yang terbesar di seluruh negeri.


Melintasi Gunung Tanggula, akan sampai di padang rumput Qiangtang di Tibet utara yang luas.


Terminal Jalan KA Qinghai-Tibet adalah kota Lasa. Di sini terdapat istana yang paling tinggi letaknya di dunia, yakni Istana Potala yang terkenal dengan niali sejarah dan nilai seninya yang sangat tinggi. 


Sepanjang perjalanan menumpang kereta api, penumpang dapat menyaksikan Jembatan Sungai Sanchahe, jembatan nomor satu di jalan KA itu yang pilar jembatannya setinggi 50 meter lebih, serta Jembatan Raksasa Sungai Qinghe sepanjang 11,7 km yang merentang di daerah tanpa manusia Kekexili. 


Selain itu, penumpang bisa melihat Terowongan Gunung Kunlun, terowongan tanah beku dataran tinggi yang paling panjang di dunia, Terowongan Gunung Fenghuo, sebuah terowongan tanah beku dataran tinggi yang paling tinggi letaknya di dunia serta kelompok terowongan Yangbajing. (suh)


 


Berita Terkait
Fernando De Noronha
Peternakan Ostrich di Namibia
Mengulik 'Rumah The Flintstones' nan Unik
Asyiknya Menyusuri Tebing Geibikei Dengan Perahu
Botanical Garden Curibita

Please login for commentKomentar
Kokomkomariah
gw mah ga tertarik sama kereta ini.. gw malah pengennya nyobain naik kereta sinkansen jepang...
Mas
keretaan coy di tibet...sambil ngeliat suasana alam di sana
Fajar
hamparan padang rumputnya megah sekali
pakaihatidong
ini juga tempat yang seru untuk memanjakan mata.di tibet sambil naik kereta dengan pemandangan alamnya.
StelKendo
Makin betah pokoknya kalau menaiki kereta tersebut, karena sepanjang perjalanan penumpang di suguhkan oleh pemandangan alam yang luar biasa.
adit
travelling yg kayak begini nih yg enak, naik kereta sambil menikmati pemandangan alam yg indah
SAVAGE
Kapan yah negara kita punya kereta cepat kaya gini biar bisa bersaing dengan negara-negara lain
Samuel
salah satu kereta cepat juga, pasti duduk di kereta itu sangat nyaman dan hening
justdoit
keretanya keren ya , kira2 harganya berape