Megahnya Masjid Bersejarah Niujie di Beijing

Selasa, 13 Maret 2018 19:08


(ist)

108jakarta.com - Beijing sebagai ibukota Tiongkok rupanya tidak hanya terkenal dengan Tiananmen Square atau Forbidden City saja, namun juga ada peninggalan lain yang tak kalah bersejarahnya. 


Salah satunya adalah Masjid Niujie yang berada di jantung kota Beijing dan merupakan masjid tertua yang dibangun di kota tersebut. Masjid ini menandai keberadaan kaum Muslim di Tiongkok khususnya Beijing sejak zaman dahulu kala. 


Jika dilihat dari luar, wujud masjid ini lebih mirip kuil Buddha. namun, ketika Anda masuk dan melihat nuansa Islami barulah anda akan menyadari bahwa tempat ini merupakan sebuah masjid. Masjid ini dibangun menghadap ke arah Mekkah yang terletak di arah barat. Tata letak masjid ini simetris kiri dan kanannya, serta struktur bangunannya tersusun rapat.


Pertama kali Masjid Niujie Mosque dibangun pada tahun 996 selama Dinasti Liao dan dibangun kembali serta diperbesar di bawah Kaisar Kangxi (1661-1722 M) dari Dinasti Qing. 


Masjid Niujie merupakan sebuah masjid bersejarah yang terletak di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Masjid yang telah mengalami renovasi dan perluasan beberapa kali ini merupakan pusat komunitas Muslim Beijing yang jumlahnya mencapai 200 ribu jiwa. 


Masjid Niujie adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Beijing, Republik Rakyat China. Arsitekturnya memperlihatkan campuran desain khas China-Islam. Masjid terbesar di Beijing ini juga menjadi titik awal masuknya Islam di daratan China.


Islam memiliki sejarah yang panjang di Tiongkok, awalnya diperkenalkan masuk ke Tiongkok pada masa Dinasti Tang, dan sekarang empat persen dari keseluruhan penduduk China beragama Islam.


Masjid Niujie tidak hanya menawarkan kesempatan untuk mengagumi bangunan yang benar-benar unik, tetapi juga kesempatan untuk memperluas pengetahuan mereka tentang Islam dan posisi Islam dalam sejarah budaya Tiongkok. Masjid ini tentu memiliki peringkat tinggi dalam daftar tempat wisata di Beijing.


(ayb/int)


Berita Terkait
Cari Makanan Halal di Bangkok, Ternyata Tidak Susah
Museum Arkeologi Kuwait
Pantai Sharm el-Sheikh Sinai Selatan
Wisata Medis ke Korea Selatan
Alexandria Timur Tengah yang Moderen

Please login for commentKomentar
Mas
ko masjidnya gak ada atapnya?
Fajar
kini muslim makin berkembang di china
dheshe
islam sudah mulai meningkat di beijing
pakaihatidong
subhanallah...ternyata islam berkembang pesat di negara baijing yang penduduknya mayoritas bekun muslim.
SAVAGE
Memang sangat menjunjung tinggi banget nilai toleransi yang ada di negara yang mayoritas non muslim ini sehingga bisa membangun masjid yang megah ini
justdoit
unik2 , cocok dah , nanti kalo terkumpul duit harus main kesana
Samuel
segala model arsitek masjidnya memang sangat memukau karena disesuaikan juga dengan adat khas China beserta dengan ornamennya, berharap negara lain bisa mengikuti China
Mama
Kalau sempat ke Hongkong bisa kali mampir kesana , masjidnya unik kayaknya
Sandra
Overall bagus artikelnya.. perlu menambahkan foto-foto lainnya agar pembaca dapat gambaran lebih mendetail, jika memungkinkan foto lama dari masa ke masa sehingga kita dapat melihat nilai historical dari Masjid Niujie. jika memungkinkan dalam artikel ditambahkan bagaimana support dari pemerintah RRT saat ini. Untuk penulisan lebih konsisten seperti Republik Rakyat China - Republik Rakyat Tiongkok, di paragraf ke 6.
Anjar
masjid yang bersejarah di daerah beijing, karena di buat cukup lama. dan harus dijaga untuk kebersihan nya.
12