Internet Lemot? Korea Punya Internet Ngacir

jumat, 16 Maret 2018 18:49


108jakarta.com - Nih, 108jakarta.com ada informasi buat kalian yang ingin merasakan keindahan Korea. Sudah tahu kalau Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki kecepatan internet terbaik di dunia? 108jakarta.com akan beberkan bagaimana cepatnya internet disana, supaya Anda makin kepincut ingin pergi kesana. Sebagai contoh, sebuah dokumen berukuran 1 gigabita, jika diunduh di Indonesia, membutuhkan waktu rata-rata 20 menit. File yang sama, jika diunduh di Amerika Serikat, hanya butuh waktu sekitar 8 menit. Di Jepang, lebih cepat lagi, dalam waktu 7 menit file itu selesai diunduh.

Di Hongkong, file itu bisa diunduh hanya 6,5 menit. Tetapi di Korea Selatan, dalam waktu 5,5 menit, file 1 gigabita itu, selesai terunduh. Korea Selatan memang menjadi negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia. Jika dokumen satu gigabita saja bisa terunduh dalam lima menit, berkas foto yang biasanya berukuran 8 megabita, bisa diunduh cuma dalam 2 detik. Jika ada orang yang stres karena koneksi internet lambat, masyarakat Korea Selatan mungkin tidak pernah merasakannya.

Pengalaman ini juga sempat dirasakan oleh 108jakarta.com. Berada di Korea Selatan dengan kecepatan internet yang super cepat membuat 108jakarta.com agak sedikit malas ketika harus kembali ke tanah air.

Penetrasi pengguna internet di negara itu juga paling tinggi. Menurut Internet World Stats, 92,1 persen dari penduduknya sudah terhubung ke internet. Angka 26,1 Mbps adalah angka rata-rata di seluruh negara itu. Kenyataannya, banyak kawasan yang kecepatannya jauh lebih kencang. 

Kecepatan internet di kawasan perumahan urban di Korsel biasanya bisa mencapai 100Mbps. Bahkan ada provider yang menjual paket internet berkecepatan 1.000 Mbps seharga $20 atau sekitar Rp280 ribu per bulan. Tahun 1995, dari setiap seratus penduduk Korea Selatan, hanya ada satu orang yang menggunakan internet. Tahun itu, Pemerintah Korea menginisiasi Korean Information Infrastructure Project—proyek pembangunan infrastruktur teknologi dan informasi selama 10 tahun. 

Pada tahun 2000, Korea Selatan telah membuat 20 juta penduduknya terhubung. Total penduduk Korea saat itu tercatat sekitar 45 juta orang. Sampai saat ini, penetrasinya hampir 100 persen. Memang tidak mungkin 100 persen, karena bayi tentu belum bisa menggunakan internet. 

Menurut Yayasan Teknologi Informasi dan Inovasi, infrastruktur internet di Korea Selatan adalah yang paling maju di dunia, terutama Seoul, ibukota negara. Kota itu telah dijuluki sebagai "ibukota bandwidth dunia". Pada tahun 2005, Korea Selatan adalah negara pertama yang menyelesaikan konversi dari dial-up ke broadband. Di tahun itu juga, 96,8% dari ponsel di Korea Selatan sudah memiliki akses internet. 

Pada kuartal pertama tahun lalu, kecepatan internet rata-rata di Korea Selatan sempat menyentuh angka 29 Mbps. Ia lebih kencang 3 Mbps dari data terakhir. Meskipun turun, belum ada satu negarapun yang mampu mengalahkan kecepatan Korea. 

Di saat Korea turun, kecepatan internet di Norwegia naik lebih dari 2 Mbps. Meski begitu, sampai akhir tahun, ia masih kalah dengan Korea Selatan. Amerika Serikat saja berada jauh di bawah Korea. Ia bahkan tak masuk sepuluh besar daftar negara dengan internet tercepat tahun 2016 dan berada di posisi ke 14. 

Negara yang masuk dalam 10 besar memang bukan negara-negara besar. Luas wilayahnya tak sampai setengahnya Amerika. Butuh waktu dan investasi yang lebih besar untuk membangun infrastruktur di negara dengan wilayah yang luas, dan juga terpisah-pisah pulau, seperti Indonesia.

Jadi mulai saat ini, bagi Anda yang sudah membuat planning untuk berlibur disana, siapkan perangkat terbaik Anda untuk merasakan kecepatan internet di Korea Selatan.


Berita Terkait
Laguna Narta, Zvernec
Memahami The Lowry Manchester
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver

Please login for commentKomentar
dheshe
indonesia harus bisa niru korea nih punya kecepatan internet yang ngebut
Mas
jos gandos udah kalo disana mah, download apa aja mata kedip kelar
bengbeng
Kecepatan internet di Indonesia memang masih terbilang kurang jauh berbeda dengan negara2 maju lainya
Juragan
korea emang sangat bagus jaringan internetnya.. kalah hampir semua negara asia dengan di korea
Fajar
indonesia kapan bisa seperti korea ya?
adit
wahhh lumayan nih kalo internet dirumah lagi bermasalah
kopi
gak nyangka kalau internet di korea sangat cepat sekali
suiyong
wow luar biasa sekali internet di korea pantas saja banyak orang ingin kesana.
Haries
Kita kalah jauh dengan korea
pakaihatidong
ini sih yangvdi bilang cukup care untuk pengguna internet di korea.keren
12