Ini Tanda Udara di Rumah Kotor

Kamis, 01 Maret 2018 10:09


(ist)

108Jakarta.com - Salah satu syarat rumah sehat adalah memiliki udara bersih di dalamnya. Namun, karena udara tidak bisa dilihat kebanyakan orang pun langsung menyimpulkan kalau udara di rumah mereka bersih hanya karena huniannya rapi.


Padahal, rumah yang rapi dan terlihat bersih belum tentu memiliki udara yang bersih pula. Sebagai penanda, ada beberapa hal yang bisa menunjukkan bahwa udara dalam sebuah rumah kotor. Tanda-tanda tersebut antara lain:


1. ungau
Cek di sekitar ranjang atau tempat tidur. Apakah di sana ada tungau, atau tidak. Jika memang ada, berarti udara di rumah tidak bersih. Sebab, tungau bisa mengeluarkan semacam debu yang dapat membuat atau menimbulkan alergi. Agar tidak ada tungau sehingga risiko alergi dapat diminimalisir, jaga rumah agar tidak terlalu pengap atau lembab.


2. Debu
Debu sudah pasti membuat udara di dalam rumah jadi kotor. Namun, ukurannya yang kecil kerap membuat debu jadi tidak terlihat. Karena ukurannya itu pula, debu sangat mungkin asuk ke dalam tubuh jika terhirup oleh hidung, dan berbahaya bagi kesehatan. Pastikan rumah bebas debu dengan mengelap semua furnitur dan aksesori dengan lap basah.


3. Kecoa
Ada kecoa di rumah? Sudah pasti udara di rumah kotor, walaupun sejatinya rumah terlihat bersih dan rapi. Sebab, kecoa sendiri bisa mengakibatkan gangguan pernapasan, bahkan asma. Agar kecoa tidak ada di rumah, rapikan semua benda, termasuk yang  berukuran kecil. Terpenting, bersihkan dapur dan kamar mandi secara rutin karena kedua ruangan itu merupakan area yang disukai kecoa.


4. Jamur
Jamur muncul karena rumah jarang tersinari matahari, sehinga udaranya jadi lembap. Udara yang terlalu lembap sendiri sangat tidak sehat bagi penghuni rumah, bahkan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Bukalah jendela agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, rumah bebas jamur dan udara di dalamnya pun menjadi lebih bersih.


(CSR.id)

Berita Terkait
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver
Sudut-Sudut Eksotik Bratislava
Menghayati Lukisan di The Sorolla Museum

Please login for commentKomentar
Fajar
bahaya jika terus terusan rumah engga di bersihin
dheshe
memang sudah seharusnya kita membersihkan rumah kita agar udara dirumah tidak kotor
lily
pastinya harus rajin dibersihkan agar tetap sehat
justdoit
kalo gitu harus rajin2 nih bersihin rumah
Anjar
harus dibersihkan kalau seperti itu karena bisa menyebabkan tubuh kita akan kurang fit. dan kita juga harus selalu membersihkan rumah, karena apabila tidak bersih kita juga tidak akan nyaman .
Renny
ga nahan kalo udah ada debu jadi harus lebih sering dibersihin -r-
sumaryani
rumah harus selalu di bersihkan minimal ya seminggu sekali
Marsim
Yang jelas sih debu sudah pasti ada, dan klo kecoa sih jarang ada ya
mustafa
harus rajin membersihkan seisi rumah agar kuman bau dan serangga tidak ada dalam rumah
novel
Poin 1 yg gw bingung..tungau itu apa ya...apa sejenis sarang labah2 gitu