Efek Ajaib Olahraga Rutin pada Otak

Kamis, 01 Maret 2018 14:51


(ist)

108Jakarta.com - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga bisa membuat otak lebih muda dengan cara mengatasi penurunan kognitif. Manfaat ini bisa dirasakan oleh orangtua yang rajin berolahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi memiliki penurunan kognitif hingga 36%.


Dilansir dari Time, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise ini menyatakan, bahwa orangtua juga memiliki kemampuan memori dan fungsi yang lebih baik dibandingkan orangtua yang melakukan olahraga lebih sedikit.


Peneliti melakukan penelitian pada 6.400 responden berusia lebih dari 65 tahun dengan pelacak aktivitas selama seminggu. Peneliti juga menilai terkait kemampuan kognitifa para responden melalui serangkaian tugas yang diberikan.


Hasilnya menunjukkan, orangtua yang rutin melakukan aktivitas fisik sedang hingga tinggi cenderung tidak mengalami masalah kognitif. Namun, mereka yang kurang melakukan aktivitas fisik lebih berisiko mengalami penurunan kognitif.


Hal ini membuktikan bahwa aktivitas fisik bisa membuat kesehatan otak lebih baik. Olahraga terbukti mampu memperbaiki aliran darah ke otak sehingga merangsang pertumbuhan pembuluh darah dan sel baru.


Selain menyehatkan otak, olahraga juga terbukti menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan obesitas yang bisa mengurangi kesehatan otak. Fakta lainnya, olahraga dapat memperlambat penuaan otak hingga 10 tahun.


(CSR.id)

Berita Terkait
Fernando De Noronha
Peternakan Ostrich di Namibia
Mengulik 'Rumah The Flintstones' nan Unik
Asyiknya Menyusuri Tebing Geibikei Dengan Perahu
Botanical Garden Curibita

Please login for commentKomentar
Fajar
memang sangat bermanfaat olah raga bagi tubuh
dheshe
harus di mulai dari sekarang olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh
lily
ternyata bagus buat otak kalau jarang olahraga gimana ya
Akhsinhandsome
ternyata olahraga secara rutin sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan bagus juga buat kesehatan otak kita
justdoit
banyak olahraga juga baik untuk kesehatan dan bisa mempelancarakan peredaran darah
Anjar
olahraga sangat membantu untuk meningkatkan daya tubuh agar lebih tetap stabil, oleh karena itu jangan sampai tidak berolahraga.
Renny
boro bisa olah raga, lari sebentar aja udah cape -r-
sumaryani
harus sering berolah raga dong agar badan selalu sehat dan bugar
novel
Udah pastilah kan ada slogannya...men sana en komporesano...di mana ada badan yg sehat tentu ada jiwa dan pikiran yg sehat pula
Marsim
Wah harus sering olah raga nih agar tubuh kita sehat dan otak kita juga ikut sehat..
12