Destinasi Ajaib Bukit Dengan Tujuh Warna di Argentina

Selasa, 13 Maret 2018 19:38


(ist)

108jakarta.com - Cerro de los Siete Colores (The Hill of Seven Colors) merupakan salah satu bukit yang berbatasan dengan Quebrada de Purmamarca yang pada gilirannya merupakan cabang barat Quebrada de Humahuaca hingga Cuesta del Lipan, di Provinsi Jujuy, Argentina. 


Cerro de los Siete Colores atau biasa disebut Bukit Tujuh Warna, merupakan salah satu bukit yang berbatasan dengan desa kecil Purmamarca, Provinsi Jujuy, di barat laut Argentina.


Bukit Tujuh Warna dibentuk oleh proses geologi kompleks yang melibatkan pengendapan di dasar laut, danau dan sungai. Kemudian terjadi elevasi tanah yang disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik. 


Cerro de los Siete Colores disebut Bukit Tujuh Warna karena memiliki berbagai pigmen yang diperoleh oleh mineral yang membentuk lapisan sedimen di bukit tersebut.


Menurut ahli geologi, warna merah muda yang terbentuk di bukit ini disebabkan oleh tanah liat merah, lumpur dan pasir yang diperkirakan berumur 3-4 juta tahun. Warna putih tercipta dari batu kapur yang berumur 400 juta tahun. Sementara warna kentang dan ungu tua diperkirakan berumur 90 juta tahun dan kaya akan kandungan kalsium karbonat.


Warna merah kaya akan kandungan besi dan terdiri dari batu lempung yang berumur 4 juta tahun. Batu berwarna coklat adalah batuan yang kaya akan kandungan mangan, terbentuk 2 juta tahun yang lalu. Sedangkan kuning mustard adalah batu pasir dengan campuran banyak sulfur, sekitar 90 juta tahun yang lalu.


Meski dikatakan bahwa bukit ini memiliki tujuh warna, namun kebanyakan orang biasanya hanya bisa melihat empat warna. 


Waktu terbaik untuk melihat tujuh warna di bukit ini adalah dari pagi sampai siang hari dimana matahari dapat memantulkan cahaya yang memadai di pegunungan. 


Purmamarca sendiri sebenarnya hanya sebuah desa kecil di Provinsi Jujuy. Namun berkat keindahan Cerro de los Siete Colores sebagai latar belakang desa ini, akhirnya Purmamarca telah berkembang menjadi sebuah desa wisata yang populer di Argentina. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Menikmati Dinginnya Salju
Fletcher Wildlife Garden Kanada
Pantai Indoor Buatan Jepang
Wajib Tahu: Begini Cara Menikmati Ramen untuk Turis Saat ke Jepang
Pantai Soge yang Memukau

Please login for commentKomentar
Mas
bukit tujuh warna, ini nih yang gw kira editan di video..taunya asli
Fajar
indahnya bukit ini di argentina
dheshe
indahnya alam di bukit argentina disana
pakaihatidong
memang kekayaan alam yang tidak biaa di bandinhkan di negara argentina dengan bukit yang warnanya sungguh memukau dan berlainan warna.
SAVAGE
Haduh kapan yah bisa jalan-jalan ke tempat indah kaya gini yah pengin banget sih
Samuel
ini pasti akibat ada zat kimia alami jadi berubah warna, mirip danau tiga warna di Indonesia
justdoit
jarang2 ada lihat bukit yg kek gini , rasanya unik gitu
Mama
Ajaib banget bukitnya seperti batu besar yang terbelah dan terlihat lapisan batunya dengan warna - warna indah gitu
Anjar
proses yang cukup lama dari alam karena telah tejadi pengendapan di laut sungai. dan terjadilah bukit yang sangat bagus. harus dirawat untuk tetap menjadi indah.
sumaryani
indah banget bukit tujuh warna sayang tempatnya jauh jadi tidak bisa melihat pemandangan indah di sana
12