7 Makanan Halal Khas Korea Selain Kimchi

Selasa, 13 Maret 2018 10:51


108jakarta.com - Bagi seorang muslim, memakan makanan yang halal adalah wajib hukumnya. Apalagi saat berpergian ke luar negeri, makanan halal terkadang menjadi masalah utama. Di luar negeri seperti di Korea Selatan yang muslim di sana hanya minoritas, makanan halal menjadi makanan yang cukup langka keberadaannya.

Tapi tunggu dulu, itu persoalan lama. Ternyata sudah banyak makanan yang masuk ke kriteria halal di korea selatan. Beberapa makanan termasuk makanan tradisional khas negeri ginseng ini. Apa saja sih? Penasara pastinya, berikut hasil liputan 108jakarta.com buat Anda yang ingin berlibur kesana.

1.Bibimbap

Datang ke Korea Selatan tapi tidak memakan makanan khas Korea Selatan tentu tidak lengkap rasanya. Nah, bibimbap adalah makanan khas dari Korea yang berisi campuran daging dan sayuran. Sayuran yang digunakan untuk menu bibimbap ini sangat beragam, seperti jamur, timun, taoge, hingga wortel. Untuk mendapatkan bibimbap dengan label halal, anda bisa datang ke restoran Restoran Hanok di Mokmyeoksanbang atau di wilayah Sanbon dan Suwon.

Direstaurant terbebut juga banyak tersedia berbagai masakan khas Korea lainnya berlabel halal dan aman untuk kaum muslim yang tinggal disana maupun turis yang berlibur. Karena makanan ini berisi sayur-mayur segar. Untuk dagingnya pun bisa di modifikasi sesuai keinginan, Anda bisa menggantinya dengan ayam atau salmon maupun daging asap ala eropa.

2. Saengseon Gui

Saengseon GuiSaengseon Gui adalah makanan khas Korea yang berbahan dasar ikan, tepatnya ikan makarel. Dalam bahasa Indonesia, saengseon gui ini artinya ikan panggang, namun dalam prosesnya ternyata ikan makarel yang disajikan tidak dipanggang melainkan digoreng.

Saengseon gui ini merupakan makanan yang khas dari Negara Korea. Patut untuk anda coba, selain halal rasanya juga tidak kalah lezat. Ikan yang digunakanpun segar, hasil tangkapan nelayan yang langsung di distribusikan di pasar. Oleh karena itu ikan ini tidak akan mengeluarkan bau amis saat di panggang.

3. Maeuntang

MaeuntangMaeuntang ini juga salah satu makanan tradisional Korea Selatan yang sangat Kami rekomendasikan bagi pelancong muslim. Makanan maeuntang ini yang berbahan dasar ikan yang direbus dengan bumbu sedemikian rupa dan memiliki rasa yang pedas.

Makanan ini sangat cocok di musim dingin karena di sajikan di hotplate yang dapat terus menghangatkan makanan meski sedang di konsumsi. Maeutang menjadi makanan favorit masyarakat korea karena rasa sup yang segar dengan daging ikan yang kenyal semakin menambah nafsu makan saat tubuh terasa beku karena cuaca dingin, apalagi jika dimakan bersamaan dengan nasi hangat dan berkumpul bersama teman.

4. Sundubu Jjgae

Sundubu jjgae merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari tahu dengan kuah dan bumbu yang cukup pedas. Rasa dari sundubu jjgae mungkin akan mudah beradapatasi terhadap lidah kita. Dan rasanya pun tidak kalah sedapnya dengan makanan – makanan khas Korea lainnya. Selain itu bahan dasarnya yang tidak terdapat daging sangat kami rekomendasikan bagi anda yang sedang mencari makanan halal. Dan sedang melakukan diet karena akan terhindar dari lemak daging dan gi dantikan tahu yang memiliki protein.

Sundubu jjgae ini sangat cocok untuk dinikmati saat musim dingin, rasanya yang pedas dan kuahnya yang hangat membuat sundubu jjgae menjadi pilihan yang tepat. Di beberapa restoran di wilayah Gunpo-ro Sundubu Jjgae biasanya dicampur dengan aneka seafood, sehingga membuat kaldu yang dimiliki semakin mantap.

5. Tuna kimbab

Tuna kimbab ini adalah makanan sejenis sushi yang berasal dari jepang. Bentuknya juga mirip dengan sushi. Tuna yang digulung dengan sushi ini bisa menjadi hidangan utama makan siang anda. Rasanya? Jangan ditanya soal rasa, banyak orang yang sudah menjadikan tuna kimbab ini sebagai makanan favorit mereka.

Anda mau coba? Silahkan datang ke Korea Selatan untuk bisa mencicipi rasa otentik dari tuna kimbab ini. Anda bisa menemukannya di sekitara Itaewon, Sanbon, dan di yongsan.

6. Jjampong

Jjampong ini berisi mie yang diolah dengan seafood seperti cumi dan udang. Rasa kuahnya pedas dan kaya akan rempah. Dan rasa keseluruhan dari si mie kuah pedas seafood ini sangat menggugah selera. Dan bahan dasarnya pun mengindikasikan makanan ini adalah makanan yang halal karena tidak ada bahan seperti daging babi yang biasa digunakan pada makanan Korea lainnya. Mie yang digunakan pun biasanya bukan mie hasil olahan tepung, kebanyakan menggunakan campuran ikan seperti udon.

Karena masyarakat Korea yang gemar mengkonsumsi makanan pedas, maka Jjampong ini bercitarasa pedas asam manis, sesuai dengan citarasa makanan seafood. Namun jangan khawatir bagi anda yang tak menyukai makanan pedas, karena kuah kaldu yang dihasilkan berwarna merah, tak menjamin makanan ini akan terasa begitu pedas, ini berasal dari bumbu yang bercampur dengan pasta bumbu asli korea. Jangan makan sendirian, karena di beberapa restoran Jjampong disajikan dengan porsi besar.

7. Tteokbokki

Tteokbokki ini di Indonesia sering disebut dengan nama kue beras pedas. Tepung beras atau tteokbokki yang sudah dibuat menjadi potongan persegi panjang yang dengan ukuran sedang direbus dengan kuah khas tteobokki dengan rasa pedas.

Sangat cocok untuk dijadikan camilan, apalagi jika sedang musim panas atau musim dingin. Dan yang terpenting, tteokbokki termasuk makanan yang halal. Selain mudah untuk dibuat, makanan ini menjadi favorit para remaja di Korea, bahkan telah menjadi cemilan wajib saat kumpul bersama keluarga maupun teman. Jangan khawatir, Anda bisa menemukan makanan ini disetiap wilayah bahkan di kaki lima sekalipun. Beberapa penjual turut menyajikan Oden serta sambal pedas sebagai penambah nafsu makan. Jangan lupa, minta kuah kaldunya untuk diminum, rasanya akan terasa lebih nikmat. Apalagi ketika di musim dingin.


Berita Terkait
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver
Sudut-Sudut Eksotik Bratislava
Menghayati Lukisan di The Sorolla Museum

Please login for commentKomentar
Mas
sundubu...champong..topoki..saya suka
Fajar
boleh di coba nih bagi yang muslim harus tau itu makanan halal
mustafa
bibimbap, tteokbokki, kimbap ini makanan korea favorit saya. enak enak banget, tapi tetep lah ya makanan indonesia paling enak-enak
Samuel
sepertinya makanan korea cocok untuk indonesia karena sama-sama bercitarasa pedas
Mama
Ikan dan cumi jadi makanan sehat yang boleh dicoba juag nih kalau sempat ke Korea
sumaryani
bagi muslim yang mau berwisata kekorea jangan takut dengan makanannya karena sudah banyak makanan yang halal dan aman
SAVAGE
ngga suka sih makanan kaya gini mendingan makan sama tempe orek aja kali
ice
kalau saya penasaran bgt sama rasanya tteokbokki deh, kayak apa yah rasa kue beras pedas ini, pengeen bgt nyobain
novel
Kalo emang terjamin kehalalannya ya bagus jg..jd buat wisatawan muslim kaga ragu lg untuk menyantapnya
justdoit
ternyata korea juga banyak ya makanan2 khasnya
12