Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik Dunia

Senin, 12 Februari 2018 14:51


(ist)

108Jakarta.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di forum World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo menilai seluruh rakyat Indonesia patut berbangga dengan penghargaan tersebut.


“Saya kira seluruh masyarakat bangga. Ya Ini pengakuan dunia dan hanya satu orang menteri. Saya kira kita semuanya bangga,” katanya menjawab pertanyaan wartawan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Senin (12/2).


Jokowi menambahkan, penghargaan itu juga menunjukkan manajemen ekonomi makro yang dijalankan pemerintah sudah di jalur yang benar. Demikian juga dengan pengelolaan fiskal, dan APBN secara keseluruhan, menurutnya sudah dikelola dengan hati-hati tapi sangat efektif.


Apalagi menurut Jokowi, penghargaan itu diserahkan langsung oleh Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Syeikh Muhammad bin Rasyid al Maktoum kepada Menkeu. Presiden menilai, penetapan sebagai menteri terbaik bukan penilaian subyektif karena berdasarkan analisis yang panjang oleh lembaga terkemuka yakni Ernst and Young.


Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu terpilih di antara kandidat dari berbagai negara di seluruh dunia. Penghargaan disampaikan di kegiatan World Government Summit.


Penghargaan tersebut mulai diberikan pada 2016, di acara yang dihadiri oleh pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia, dalam suatu forum dialog global. Berbagai topik seperti teknologi, inovasi, serta topik lain menyangkut pengelolaan pemerintahan, dibahas dalam forum ini.


Sebelumnya, Sri Mulyani juga diganjar penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia. Penghargaan itu disampaikan Majalah Finance Asia yang berbasis di Hong Kong,  pada Maret 2017. Menurut Finance Asia, keberhasilan Sri Mulyani dalam mengelola dan memperbaiki keuangan negara, jelas terlihat dari program pengampunan pajak atau tax amnesty. Program ini disebut sebagai salah satu program tax amnesty tersukses, dengan deklarasi dana mencapai Rp 4.590 triliun, yang sebelumnya merupakan aset-aset yang ‘tersembunyi’ dari pemerintah.


(CSR.id)

Berita Terkait
Memahami The Lowry Manchester
Malindo Air Terbang Langsung Ke Nanning, Tiongkok
Keajaiban Santiago Compostela
Jalan-jalan Di kota Pulau Vancouver
Sudut-Sudut Eksotik Bratislava

Please login for commentKomentar
StelKendo
Selamat atas penghargaan yang di sematkan ke Ibu Sri Mulyani, memang kinerja beliau sangatlah bagus dan konsisten.
SAVAGE
Inilah hasil kerja keras yang telah dia capai sehingga mendapat penghargaan ini
Dzulfikar
di jaman SBY dulu bu sri di buang, jaman jokowi dipakai lagi memang bu sri ini mentri terbaik yg dimiliki indonesia, "sekalipun emas di buang bakal tetap menjadi emas"
CaffeLatte
pretasi sih boleh di nobatkan menjadi menteri terbaik dunia, tapi nguruh indonesia sekarang yang lagi morat marut masalah keuangan aja gak ada becus nya
Iyan
Dengan berbagai presetasi yang sudah dicapai oleh ibu Sri Mulyani sudah sangat pantas untuk beliau dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia, sekali lagi kami ucapkan selamat kepada ibu Sri Mulyani atas apa yang telah dicapai.