Lakukan ini Sebelum dan Sesudah Berenang

Selasa, 13 Februari 2018 16:51


(ist)

108Jakarta.com - Berenang adalah cara terbaik untuk melemaskan tubuh dan pikiran. Di sisi lain, sesi renang bisa terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan.


Namun, berenang yang diberi klorin dapat berdampak serius pada kulit dan rambut. Bahan kimia di kolam renang dapat melucuti kulit dan rambut Anda dari minyak alami dan kelembabannya.


Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit dan rambut. Yang paling umum adalah kulit kering, jerawat berjerawat serta rambut keriting dan mengalami kerusakan.


Itulah sebabnya penting untuk mengikuti tips perawatan kulit dan rambut untuk mencegah kerusakan klorin. Seperti dilansir Boldsky, inilah tips yang harus diikuti sebelum dan sesudah berenang.


Sebelum Berenang


1. Mandi Sebelum Memasuki Kolam
Ini adalah peraturan yang harus diikuti untuk kesehatan kulit. Mandi sebelum berenang adalah praktik yang baik untuk membersihkan kulit dengan air, khususnya air hangat sebelum memasuki kolam renang.


2. Oleskan Tabir Surya 
Jika Anda berenang di kolam renang, penting untuk memoles tabir surya pada kulit sebelum memasuki kolam renang karena tabir surya melindungi kulit dari kerusakan klorin dan matahari. Di sisi lain, jika Anda berenang di kolam renang dalam ruangan, Anda harus menutupi kulit dengan minyak kulit ringan sebelum memasuki kolam.


3. Oleskan Kondisioner atau Minyak pada Rambut 
Kondisioner atau minyak rambut dapat bertindak sebagai pelindung alami untuk rambut dan melindungi kerusakan klorin. Jadi, sebelum memasukkan kolam renang, pastikan Anda mengoles salah satu produk yang disebutkan di atas untuk mencegah kerusakan klorin.


4. Basahi Rambut Anda dengan Air Tawar
Tepat setelah menggunakan kondisioner atau hair oil, sebaiknya basahi rambut dengan air hangat. Ini akan melindungi rambut dari paparan langsung ke air klorin sambil mencegah kerusakan apapun.


5. Pakai Cap Berenang
Terakhir, kenakan topi renang untuk meminimalkan paparan air klorin. Meski memakai topi, sebagian rambut  akan terkena air klorin. Itulah sebabnya, penting untuk mengikuti langkah-langkah sebelumnya untuk mencegah kerusakan klorin apapun.


Setelah Berenang


6. Bilas 
Segera mandi setelah melangkah keluar dari kolam. Hal ini penting untuk menghilangkan bahan kimia yang dihubungi kulit saat berenang.

7. Mandi air hangat
Sebaiknya hindari mandi air panas atau dingin setelah berenang. Sebagai gantinya, Anda harus mandi dengan air suam-suam kuku untuk memastikan kulit tidak terlepas dari kelembaban dan minyak alaminya.

8. Sampo
Sampo rambut Anda setelah melangkah keluar dari kolam renang karena penting untuk mencuci air yang diklorinasi dari kulit kepala dan surai Anda. Sebuah sampo menyeluruh pascaberenang sangat penting untuk mencegah air klorin merusak rambut Anda.


(CSR.id)

Berita Terkait
Diantara Kemegahan Istana Schloss Benrath
Indahnya Menyelam di Laut Merah
Meniti Sisa Bangunan Kota Tua Kaiserswerth
Deltapark Neeltje Jans
Yuk Ikut Tur Hantu di Beijing?

Please login for commentKomentar
DongkrakXenia
saran dan informasi yang sangat amat berguna untuk para pembaca karena hal-hal diatas sering sekali dilupakan oleh orang-orang yg berenang alhasil banyak yang merasakan keluhan setelah melakukan kegiatan berenang.
Juragan
basahi rambut dengan air tawar, karna air kolam renang banyakl kaporit
Dzulfikar
yang udah pasti abis berenang tuh keramas sama bilas hehe selebihnya jarang di lakuin
sumaryani
info itu sangat perlu di perhatikan bagi yang ingin berenang
AhbiiJakaPoleng
Yang pasti kalau sesudah berenang ya rambut nya keramasin lahh agar tidak kering
mustafa
bagus untuk di praktekan dan dibagikan ilmu ini kepada para keluarga agar tidak terjadi hal yang di inginkan
Iyan
saran dan informasi yang sangat amat berguna untuk para pembaca karena hal-hal diatas sering sekali dilupakan oleh orang-orang yang berenang alhasil banyak yang merasakan keluhan setelah melakukan kegiatan berenang.